PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS
PEMBELAJARAN
SILABUS pembelajaran
Sekolah
: SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : XI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (Satu)
Standar
Kompetensi: 1. Mempraktikan berbagai
teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 .Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan
olahraga beregu bola besar lanjutan dengan
koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
|
Sepak Bola
|
·
Melakuan teknik dasar menendang
menghentikan
bola
menggunakan kaki bagian dalam, luar,telapak kaki, dan
punggung kaki dengan koordinasi yang
baik se
cara
berpasangan atau
kelompok
·
Bermain dengan peratu
ran yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan
toleransi
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar menedang dan menghentikan
bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar dengan koordinasi yang baik serta
menahan dengan telapak kaki.
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk teknik dasar menedang dan
menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar dengan koordinasi
yang baik serta menahan dengan telapak kaki.
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar menen- dang, menghentikan bola dengan
kaki bagian dalam, luar, telapak
kaki dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik !
Teknik menahan bola menggunakan telapak kaki, digunakan
bila arah bola .....
Kerjasama, toleransi, percayadini, keberanian,
menghargailawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
3x2x45
menit
|
Buku teks,
Buku refernsi, bola kaki, lapangan sepakbola
|
|
Bola voli
|
·
Melakukan teknik dasar passing
atas dan bawah serta SMK NEGERI 1
BATANGsh tanpa awalan, dengan koordinasi yang baik !
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk
memu puk kerja sam
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar passing atas dan bawah bola
voli serta SMK NEGERI 1 BATANGsh tanpa awalan, dengan koordinasi yang baik !
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk teknik dasar passing atas dan
bawah bola voli serta SMK NEGERI 1 BATANGsh tanpa awalan, dengan koordinasi yang baik !
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar passing atas,bawah dan SMK NEGERI 1 BATANGsh tanpa awalan dengan
koordinasi yang baik !
Posisi kedua lutut yang benar saat mendarat
setelah melakukan SMK NEGERI 1 BATANGsh, adalah ...
Kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
|
3x2x45
meni
|
Buku
teks,
Buku refernsi,
Bolavoli,net,
lapangan bolavoli
|
|
Bola Basket
|
· Melakukan teknik dasar passing,
menggiring,shooting, dan-lay -up shoot, dengan koordinasi yang baik
· Bermain dengan
peraturan yang dimodi fikasi untuk memupuk kerja sam
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar
passing (dada, pantul dan dari atas kepala),
· Mengiring,
shooting (dengan dua tangan dari atas
depan kepala) dan lay-up shoot dengan
koordinasi yang baik
·
Bermain dengan peraturan yang di modifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala), Mengiring,
shooting (dengan dua tangan dari atas
depan kepala) dan lay-up shoot dengan
koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
|
Lakukan teknik
dasar passing, menggiring,shooting dan lay-up shoot dengan koordinasi yang baik !
Gerak langkah yang diperbolehkan untuk melakukan
lay-up shoot adalah ...
Kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
|
3x2x45
meni
|
Buku
teks,
Buku refernsi,
Bolabasket,
lapangan bolabasket
|
1.2 Mempraktikkan teknik dasar salah satu
permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang
baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
|
Bulu tangkis
Tenis Meja
|
·
Melakukan teknik dasar memegang raket
forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik
secara berpasangan atau kelompok
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai
lawan
· Melakukan teknik dasar memegang bat forehand
dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai
lawan
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar memegang raket forehand dan
backhand untuk melakukan servis , pukulan forehand serta backhand dengan
koordinasi yang baik
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk teknik dasar memegang raket
forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakukan
teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand
serta backhand dengan koordinasi yang baik
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk teknik dasar memegang
bat untuk
melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang
baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik memegang raket forehand dan backhand
untuk melakukan servis dan pukulan
forehand serta backhand dengan
koordinasi yang baik !
Akhir gerakan pukulan backhand, adalah ....
Kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
Lakukan teknik dasar memegang bat forehand dan
backhand untuk melakukan servis dan
pukulan forehand serta backhand
dengan koordinasi yang baik !
Akhir gerakan pukulan forehand, adalah ....
Kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
|
2x2x45
menit
2x2x45
menit
|
Buku
teks,
buku
refernsi,bulu-tangkis, net, raket,
sutlecokc, lapangan bulutangkis.
Buku
teks,
buku
refernsi, bad, bola pingpong, meja pingpong, net
|
|
Tennis
|
· Melakukan teknik dasar
memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan
atau kelompok
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai
lawan
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar memegang raket forehand dan
backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi.
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk teknik dasar memegang
raket untuk
melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang
baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik
dasar memegang
raket forehand
dan backhand untuk melakukan servis
dan pukulan dengan koordinasi yang baik
Akhir gerakan pukulan forehand, adalah ....
Kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
|
2x2x45
menit
|
Buku
teks,
buku
refernsi, raket tenis, bola tenis, net, lapangan tenis
|
1.3 Mempraktikan teknik da sar salah satu pe- rmainan dan
olah raga atletik lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama , toleransi ,percaya diri,keberanian, menghargai la – an,bersedia ber – bagi
tempat dan peralatan **)
|
Softball
·
Lari jarak pendek 50 M
Lari jarak mene
ngah
Tolak peluru gaya menyamping
|
Melakukan teknik dasar melempar,menangkap
memegang stick dan pukulan
swing/bunch dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau
kelompok
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk
menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan
· Melakukan kombinasi
teknik dasar start secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan lomba lari
jarak pe-dek dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanam- kan nilai
percaya diri dan kerja sama
·
Melakukan teknik start berdiri, lari dan finish dengan
koordinasi yang baik
· Melakukan lomba lari
jarak me nengah dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai
percaya diri dan kerja sama
·
Melakukan posisi awal menolak peluru secara
berpsangan atau kelompok
·
Melakukan lomba tolak peluru de- ngan peraturan yang
dimodifikasi untuk menanamkan nilai kebera- nian dan percaya diri
|
Aspek Psikomotor
·
Pitcher) dan mengakap (catcher)
memegang
stick dan pukulan (swing/bunch) dengan koordinasi yang baik
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk teknik dasar melempar,menangkap
memegang stick dan pukulan
swing/bunch dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar start jongkok mengunakan aba-aba (bersedia,
siap,ya/go)
·
Melakukan kombinasi tehnik dasar strat, lari dan finish
·
Melakukan lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognitif
· Mengetahui
bentuk –bentuk teknik dasar start
jongkok mengunakan aba-aba, teknik lari dan finish
Afektie
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar strat, lari dan finish dengan koordinasi yang baik
·
Melakukan lomba lari dengan peraturan
yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk teknik dasar
dasar start berdiri, lari dan finish dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar posisi awal menolak peluru
·
Melakukan kombinasi posisi awal menolak dan gerak ikutan
·
Melakukan lomba tolak peluru dengan
peraturan yang dimodifikasi
Kogniti
·
Mengetahui bentuk –bentuk kombinas teknik dasar posisi
awal menolak peluru, dan gerak ikutan
Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar melempar dan menangkap
memegang stick pukulan swing serta
bunch dengan koordinasi yang baik !
Posisi badan yang benar saat menangkap bola, adalah ....
Kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
Lakukan teknik
start jongkok ,lari dan finish
Pendaratan telapak kaki yang benar saat
lari jarak jarak pendek, adalah ....
Kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
Lakukan teknik start berdiri, lari dan finish
dengan koordinasi yang baik !
Pendaratan telapak kaki yang benar saat lari jarak
menengah, adalah ....
Kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
Lakukan teknik
dasar posisi awal menolak
menolak dan gerak ikutan
Posisi awal badan yang benar saat akan melakukan tolak
peluru gaya menyamping, adalah ....
Kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
|
2x2x45
menit
2x2x45
menit
2x2x45
menit
2x2x45
menit
|
Buku
teks,
buku
refernsi, stick, bola softball, glove
Buku
teks,
buku
refernsi,
lapangan,
bendera
stop watch
Buku
teks,
buku
refernsi,
lapangan,
bendera
stop watch
Buku
teks,
buku
refernsi,
lapangan,
bendera,
meteran
|
|
·
Lempar lembing awalan menyamping
|
·
Melakukan teknik dasar lempar lembing dengan koordinasi yang baik secara
berpasangan atau kelompok
·
Melakukan lomba lempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi untuk
menanamkan nilai keberanian dan percaya diri
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar lempar
lembing dengan koordinasi yang baik
· Melakukan lomba melempar
lembing dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk teknik dasar lempar lembing dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik
dasar lempar
lembing
dengan koordinasi yang baik !
Arah gerak melempar lembing yang benar, adalah
....
Kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, lapa- ngan, lembing
|
|
Lompat Jauh Gaya Melenting
Lempar Cakran Awalan Menyamping
|
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar awalan, menolak, posisi di
udara, dan mendarat cara berpasangan
atau kelom- pok
·Melakukan variasidan kombinasi
teknik dasar cara ber pasangan atau kelompok
·Melakukan lomba lompat jauh
gaya jongkok dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kebe
ranian dan percaya diri
·
Melakukan teknik dasar lempar cakram dengan koordinasi yang baik secara
berpasangan atau kelompok
·
Melakukan lomba lempar
cakram dengan peraturan yang dimodifikasi untuk
menanamkan nilai keberanian dan percaya diri
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan variasi dan kombinasi
tehnik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, sikap diudara dan
mendarat) dengan
koordinasi yang baik
· Lomba lompat jauh gaya
melenting dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan,
tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
Percaya diri,keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralata
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar lempar
cakram dengan koordinasi yang baik
· Melakukan lomba melempar cakram
dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk teknik dasar lempar cakram dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan variasidan kombinas teknik dasar awalan,
menolak, posisi di udara, dan mendarat
!
Cara melakukan awalan lompat jauh dilakukan dengan ...
Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga
keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Lakukan teknik
dasar lempar
cakram
dengan koordinasi yang baik !
Arah gerak melempar cakram yang benar, adalah
....
Kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
|
2x2x45
menit
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, lapa- ngan, lompat jauh
Buku teks, buku refe-rensi, lapa-
ngan, cakram
|
1.4
Mempraktikkan teknik dasar
salah salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang
baik serta nilai keberanian,
kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)
|
·
Pencak
·
silat
|
·
Melakukan teknik dasar
gerak langkah, kuda-kuda,
pukulan dan tangkisan dengan
koordinasi yang baik
·
Melakukan gerak ber pasangan
pukulan dan tangkisan untuk menanamkan nilai keberanian dan menghargai lawan
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkisan dengan koordinasi yang baik
· Melakukan gerak berpasangan (
pukulan dan tangkisan
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk teknik dasar gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkisan dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar gerak langkah, kuda-kuda, pukulan
dan tangkisan dengan koordinasi yang
baik !
Arah gerak tangkisan dalam dilakukan ke .....
Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya
diri
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, lapa- ngan, pelin dung
badan
|
|
Karate
|
· Melakukan teknik dasar
tangkisan dan pukulan dengan koordinasi yang baik
· Melakukan gerak
berpasangan pukulan dan tangkisan untuk
menanamkan nilai keberanian dan menghargai lawan
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan tehnik dasar pukulan
dan tangkisan dengan koordinasi yang baik
· Melakukan gerak berpasangan pukulan dan
tangkis
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk teknik dasar tangkisan dan pukulan
dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik
dasar tangkisan dan pukulan dengan koordinasi yang baik
Posisi lengan yang benar saat melakukan pukulan, adalah
...
Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya
diri
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, lapa- ngan, pelin dung
badan,
|
|
Judo
|
· Melakukan teknik dasar
gerak langkah dan jatuhan dengan koordinasi yang baik
secara perorangan atau berpasangan
·
Melakukan teknik dasar gerak langkah dan jatuhan
dengan berpasangan untuk menanamkan nilai keberanian dan menghargai
lawan
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar gerak
langkah dan jatuhan dengan koordinasi yang baik
· Melakukan gerak berpasanga
langkah dan jatuhan,
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk teknik dasar
gerak langkah dan jatuhan dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
· Keberanian, kejujuran,
menghormati lawan dan percaya diri
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan
teknik dasar gerak langkah dan jatuhan dengan koordinasi yang
baik !
Bentuk gerak melangkah yang benar, adalah .....
Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya
diri
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, lapa- ngan,mat ras
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG
(__Drs .SUGITO, Msi )
NIP19561221 198803 1 001.
|
|
…Batang12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
(_Drs.Diyono)
NIP19670317 199512 1 003.
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : SMK
NEGERI 1 BATANG .
Kelas : XI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (Satu)
Standar
Kompetensi: 2. Mempraktikan latihan kebugaran dalam bentuk
latihan sirkuit dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Mempraktikkan latihan
kekuatan dan daya tahan anggota badan bagian atas dengan sistem sirkuit serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
Kebuga
ran jasmani
|
·
Melakukan latihan daya tahan otot lengan,dada dan bahu secara berpasangan atau kelompok
·
Melakukan lomba kekuatan dan daya tahan otot lengan,
dada dan bahu dengan peraturan yang di
modifikasi untuk menanamkan nilai disiplin dan tanggung jawab
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan mekuatan dan daya tahan otot
lengan, dada dan bahu
· Melakukan lomba kekuatan dan daya tahan
otot lengan, dada dan bahu dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan daya
tahan otot lengan,dada dan bahu
Aspek Afektif
· Nilai disiplin dan tanggung
jawab
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan bentuk latihan
kekuatan dan daya tahan otot
lengan, dada dan bahu
Bentuk latihan yang benar untuk melatih kekuatan dan
daya tahan otot lengan dan dada, adalah .....
Nilai disiplin dan tanggung jawab
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, lapa- ngan,mat ras
|
2..2
Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya tahan anggauta badan bagian
bawah dengan sistem sirkuit serta
nilai disiplin dan tanggung jawab
|
Kebugaran jasmani
|
·
Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan otot paha dan kaki secara berpasangan atau kelompok
·
Melakukan lomba kekuatan dan daya tahan otot paha dan bahu dengan peraturan yang di modifikasi untuk menanamkan nilai disiplin dan tanggung jaw
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan kekuatan dan daya tahan otot
paha dan kaki
· Melakukan lomba kekuatan dan
daya tahan otot paha dan kaki dengn peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan kekuatan dan
daya tahan otot paha dan kaki
Aspek Afektif
· Nilai disiplin dan tanggung
jawab
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan bentuk latihan kekuatan dan daya tahan otot paha dan kaki
Bentuk latihan yang benar untuk melatih kekuatan dan
daya tahan otot paha dan kaki, adalah .....
Nilai disiplin dan tanggung jawab
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi,
lapangan,mat ras
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG
(____Drs .SUGITO,Msi__)
NIP19561221 198803 1 001.
|
|
Batang ,12 Juli 2012.
Guru Mapel PJOK.
(___Drs Diyono__)
NIP19670317 199512 1 003.
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : SMK
NEGERI 1 BATANG .
Kelas : XI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (Satu)
Standar
Kompetensi: 3.Mempraktikan teknik dasar
senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Mempraktikkan teknik dasar senam lantai
meroda serta
nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
|
Senam lantai
|
· Melakukan teknik dasar
meroda dengan bantuan dan tanpa
bantuan secara berpasangan atau kelompok
untuk menenamkan nilai keberanian dan tanggung jawab
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan tehnik dasar meroda
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan teknik dasar meroda
Aspek Afektif
· Kedisiplinan, keberanian dan
tanggung jawab
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar meroda !
Posisi awal badan untuk melakukan meroda, adalah
....
Kedisiplinan, keberanian dan
tanggung jawab
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, lapangan,mat ras
|
3.2 Mempraktikkan teknik dasar senam lantai guling
lenting serta nilai kedisiplinan,
keberanian dan tanggung jawab
|
Senam lantai
|
· Melakukan teknik dasar
melentingkan badan dari posisi tidur
telentang dan melenting dari posisi
pundak menempel matras secara
berpasangan atau kelompok untuk menenamkan nilai ke- beranian dan tanggung
jawab
· Melakukan teknik dasar
melenting dari gerak berguling ke depan secara berpasangan atau kelompok
untuk menenamkan nilai ke- beranian dan tanggung jawab
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar guling lenting
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan teknik dasar guling lenting
Aspek Afektif
· Kedisiplinan, keberanian dan
tanggung jawab
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar guling lenting !
Sumbaer gerakan saat melenting, adalah .....
Kedisiplinan, keberanian dan
tanggung jawab
|
|
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG
(_____Drs Sugito,Msi___)
NIP19561221 198803 1 001.
|
|
…Batang ,12 Juli 2012.
Guru Mapel PJOK.
(____Drs. Diyono_)
NIP19670312 199512 1 003.
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : ..SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : XI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (Satu)
Standar
Kompetensi: 4.Mempraktikan senam irama
dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1 Mempraktikkan teknik dasar senam irama
menggunakan tongkat atau simpai dengan gerakan mengayun dan memutar ke
berbagai arah serta nilai disiplin,
toleransi dan estetika
|
Senam irama dengan alat
(tongkat )
|
·
Melakukan teknik dasar memegang tongkat (regular grips, revers grips,
mixed grips) secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai
disiplin dan estetika
·
Melakukan teknik dasar mengayun tongkat depan samping dan belakang badan secara berpasangan
atau kelompok untuk menanamkan nilai disiplin
dan estetika
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan tehnik dasar memegang tokat
(regular grips, revers grips, mixed grips)
· Melakukan tehnik dasar mengayun
tongkat depan, samping dan dibelakang badan
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan teknik dasar memegang tokat (regular grips,
revers grips, mixed grips)
· Melakukan tehnik dasar mengayun
tongkat depan, samping dan dibelakang badan
Aspek Afektif
· Disiplin, toleransi dan
estetika
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar memegang tongkat (regular grips, revers grips, mixed grips, dan mengayun tongkat depan, samping dan dibelakang badan !
Posisi
telapak tangan yang benar saat memegang tongkat regular grips, adalah .....
Disiplin, toleransi dan estetika
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, lapangan, tongkat,tape
|
4.2 Mempraktikkan kombinasigerakan mengayun/memutar ke
berbagai arah dengan gerak melangkah
serta nilai disiplin,toleransi, keluwesan gerak, dan estetika
|
Senam irama dengan alat
(tongkat )
|
·
Melakukan teknik dasar mengayun dengan tongkat depan samping dan belakang badan diikuti dengan gerak melangkah secara ber-
pasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai disiplin dan
keluesan
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan tehnik dasar mengayun
dengan tongkat kedepan,samping dan belakang badan diikuti dengan gerak
melangkah
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
teknik dasar mengayun dengan tongkat kedepan,samping dan belakang badan
diikuti dengan gerak melangkah
Aspek Afektif
· Disiplin, toleransi dan
estetika
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar mengayun tongkat ke depan , samping, dan belakang badan diikuti dengan gerak
melangkah !
Bentuk gerakan lutut yang benar
saat mengayun tongkat, adalah .....
Disiplin, toleransi dan estetika
|
|
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG
(___Drs Sugito,Msi____)
NIP19561221 198803 1 001.
|
|
Batang, 12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
(____Drs Diyono____)
NIP19670317 199512 1 003.
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : .SMK
NEGERI 1 BATANG .
Kelas : XI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (Satu)
Standar
Kompetensi: 5.Mempraktikan teknik dasar
renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya
bebas serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang
gaya bebas serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik dasar
pernapasan renang gaya bebas serta
nilai disiplin dan kebersihan
|
Renang gaya bebas
|
· Melakukan gerakan kaki
renang gaya bebas secara ber- pasangan
atau kelompok untuk menanamkan nilai keberanian
· Melakukan gerakan
lengan renang gaya bebas secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan
nilai keberanian
· Melakukan teknik dasar
pernafasan renang gaya bebas
secara berpasangan atau kelom pok untuk menanamkan nilai disiplin dan keberanian
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan tehnik dasar gerakan
kaki renang gaya bebas
· Melakukan teknik dasar
gerakan lengan renang gaya bebas
· Melakukan teknik dasar
gerakan pernafasan renang gaaya bebas
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaaya bebas
Aspek Afektif
· Disiplin dan kebersihan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
·
Lakukan gerakan kaki renang gaya bebas !
·
Lakukan gerakanlengan renang gaya bebas !
·
Lakukan gerakan pernafasan renang gaya bebas !
Bentuk gerakan kaki renang gaya bebas yang
benar, adalah .......
Disiplin dan kebersihan
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, kolam –renang
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG
(_Drs . Sugito,Msi___)
NIP19561221 198803 1 001.
|
|
.Batang ,12 Juli 1012
Guru Mapel PJOK.
(____Drs Diyono___)
NIP19670317 199512 1 003..
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : SMK
NEGERI 1 BATANG.
Kelas : XI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (Satu)
Standar
Kompetensi : 6. Menerapkan budaya hidup
sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Mengenal bahaya seks bebas
6.2 Menolak budaya seks
bebas
|
Keseha
tan
|
·
Melakukan identifikasi jenis, penyebab dan gejala
·
Melakukan penolakan terhadap penyakit seks (menghindari
pergaulan bebas dan patuh terhadap norma norma agama)
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan identifikasi Jenis penyakit kelamin
(Gonorrhoea, syphilis AIDS)
· Melakukan penolakan
terhadap penyakit
seks
Aspek Kognitif
· Mengetahui cara melakukan
penolakan terhadap budaya sek bebas !
Aspek Afektif
· Kerja sama dan kebersihan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
·
Lakukan
identifikasi Jenis penyakit kelamin (Gonorrhoea, syphilis AIDS) !
·
Sebutkan dan tuliskan cara melakukan penolakan terhadap
budaya sek bebas !
Kerja sama dan kebersihan
|
1x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi,ling - kungan
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG
(_____Drs Sugito,Msi__)
NIP19561221 198803 1 001.
|
|
Batang ,12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
(__Drs. Diyono___)
NIP19670317 199512 1 003.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar