Selasa, 03 Juli 2012

Silabus Penjaskes XI/1


PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan    
                                         Kesehatan (PJOK)
Satuan Pendidikan       : SMK
Kelas/Semester             : XI / 1
Nama Guru                  : .DRS .DIYONO.
NIP/NIK                       : 19670317 199512 1 003.
Sekolah                          : SMK NEGERI 1 BATANG  

SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :   SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                             :   XI
Mata Pelajaran              :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :  1 (Satu)
Standar Kompetensi:  1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 

Kompetensi  
Dasar    
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

1.1    .Mempraktikkan   teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan  koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)




Sepak Bola



·         Melakuan teknik dasar menendang
menghentikan bola
menggunakan  kaki bagian dalam, luar,telapak kaki, dan punggung  kaki dengan koordinasi yang baik se
cara berpasangan atau
kelompok


·         Bermain dengan peratu
ran yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar menedang dan menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar dengan koordinasi yang baik serta menahan dengan telapak kaki.
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar menedang dan menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar dengan koordinasi yang baik serta menahan dengan telapak kaki.

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Tes praktik
(Kinerja)










Tes tertulis









Tes
observasi

 Tes Contoh Kinerja









Pilihan ganda/uraian singkat








Lembar  observasi

Lakukan teknik dasar menen- dang, menghentikan bola dengan kaki bagian    dalam, luar, telapak kaki  dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik !


Teknik menahan bola menggunakan telapak kaki, digunakan bila arah bola .....






Kerjasama, toleransi, percayadini, keberanian, menghargailawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

3x2x45
menit



















 Buku teks,
Buku     refernsi, bola kaki, lapangan sepakbola



Bola voli




·   Melakukan teknik dasar  passing atas dan bawah serta SMK NEGERI 1 BATANGsh tanpa awalan, dengan koordinasi yang baik !

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memu puk kerja sam

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar passing atas dan bawah bola voli serta SMK NEGERI 1 BATANGsh tanpa awalan, dengan koordinasi yang baik !
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar passing atas dan bawah bola voli serta SMK NEGERI 1 BATANGsh tanpa awalan, dengan koordinasi yang baik !


Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Tes praktik
(Kinerja)








Tes tertulis







Tes
observasi

 Tes Contoh Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar  observasi

Lakukan teknik dasar passing atas,bawah dan SMK NEGERI 1 BATANGsh  tanpa awalan dengan koordinasi yang baik !




Posisi kedua lutut yang benar saat mendarat setelah melakukan SMK NEGERI 1 BATANGsh, adalah ...


Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


3x2x45
meni


Buku teks,
Buku     refernsi,
Bolavoli,net, lapangan bolavoli




Bola Basket

·   Melakukan teknik dasar passing, menggiring,shooting, dan-lay -up shoot, dengan koordinasi yang baik





·   Bermain dengan peraturan yang dimodi fikasi untuk memupuk kerja sam

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala),
·   Mengiring, shooting   (dengan dua tangan dari atas depan kepala) dan lay-up shoot dengan koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang di modifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala), Mengiring, shooting   (dengan dua tangan dari atas depan kepala) dan lay-up shoot dengan koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Tes praktik
(Kinerja)












Tes tertulis










Tes
observasi

 Tes Contoh Kinerja












Pilihan ganda/uraian singkat








Lembar observasi

Lakukan teknik dasar passing, menggiring,shooting dan lay-up shoot dengan koordinasi yang baik !









  Gerak langkah yang diperbolehkan untuk melakukan lay-up shoot adalah ...







Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


3x2x45
meni



Buku teks,
Buku     refernsi,
Bolabasket, lapangan bolabasket










 1.2 Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)





 Bulu tangkis


























Tenis Meja



·   Melakukan teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan













·    Melakukan teknik dasar memegang bat forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan



Aspek  Psikomotor
·   Melakukan  teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis , pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan  teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.

Aspek  Kognitif

·   Mengetahui bentuk teknik dasar memegang
bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Tes praktik
(Kinerja)









Tes tertulis







Tes
observasi






Tes praktik
(Kinerja)













Tes tertulis



Tes
observasi

 Tes Contoh Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat






Lembar observasi






Tes  Contoh Kinerja













Pilihan ganda/uraian singkat

Lembar observasi


Lakukan  teknik memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis  dan pukulan forehand serta    backhand dengan koordinasi yang baik !

   Akhir gerakan pukulan    backhand, adalah ....







Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan



Lakukan teknik dasar memegang bat forehand dan backhand untuk melakukan servis  dan pukulan forehand serta    backhand dengan koordinasi yang baik !




   Akhir gerakan pukulan    forehand, adalah ....

Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


2x2x45
menit

























2x2x45
menit

Buku teks,
buku refernsi,bulu-tangkis, net, raket,  sutlecokc, lapangan bulutangkis.




















Buku teks,
buku refernsi, bad, bola pingpong, meja pingpong, net



Tennis


·   Melakukan teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan




Aspek  Psikomotor
·   Melakukan  teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar memegang
raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Tes praktik
(Kinerja)








Tes tertulis








Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat






Lembar  observasi
 
Lakukan teknik dasar memegang
raket forehand dan backhand untuk melakukan servis  dan pukulan dengan koordinasi yang baik




Akhir gerakan pukulan    forehand, adalah ....







Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

2x2x45
menit


Buku teks,
buku refernsi, raket tenis, bola tenis, net, lapangan tenis


1.3 Mempraktikan  teknik da sar salah satu pe- rmainan dan olah raga atletik lanjutan dengan koordinasi yang baik serta   nilai kerjasama  , toleransi ,percaya diri,keberanian,  menghargai la – an,bersedia ber – bagi tempat dan   peralatan **)   

  
Softball
























·   Lari jarak pendek 50 M























Lari jarak mene
ngah




















Tolak peluru gaya menyamping


Melakukan teknik dasar melempar,menangkap memegang stick dan pukulan   swing/bunch dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok

Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan









·   Melakukan kombinasi teknik dasar start secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan lomba lari jarak pe-dek dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanam- kan nilai percaya diri dan kerja sama














·   Melakukan teknik start berdiri, lari dan finish dengan koordinasi yang baik
·   Melakukan lomba lari jarak me nengah dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya diri dan kerja sama










·   Melakukan posisi awal menolak peluru secara berpsangan     atau kelompok

·   Melakukan lomba tolak peluru de- ngan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kebera- nian dan percaya diri

Aspek  Psikomotor
·   Pitcher) dan mengakap (catcher)
   memegang   stick dan pukulan (swing/bunch) dengan koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar melempar,menangkap memegang stick dan pukulan   swing/bunch dengan koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Psikomotor
·    Melakukan tehnik dasar start jongkok mengunakan aba-aba (bersedia, siap,ya/go)
·    Melakukan kombinasi tehnik dasar strat, lari dan finish
·    Melakukan lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi

 Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar start  jongkok mengunakan aba-aba, teknik lari dan finish

 Afektie
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman


Aspek  Psikomotor
·         Melakukan tehnik dasar strat, lari dan finish dengan koordinasi yang baik
·   Melakukan lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar dasar start berdiri, lari dan finish dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Psikomotor
·    Melakukan teknik dasar posisi awal menolak peluru
·    Melakukan kombinasi posisi awal menolak dan gerak ikutan
·    Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi

 Kogniti
·    Mengetahui bentuk –bentuk kombinas teknik dasar posisi awal menolak peluru, dan gerak ikutan

 Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat  serta peralatan dengan teman


Tes praktik
(Kinerja)







Tes tertulis






Tes
observasi








Tes praktik
(Kinerja)










Tes tertulis






Tes
observasi





Tes praktik
(Kinerja)







Tes tertulis





Tes
observasi






Tes praktik
(Kinerja)










Tes tertulis







Tes
observasi


Tes  Contoh Kinerja







Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar  observasi








Tes Contoh Kinerja










Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar  observasi





Tes Contoh Kinerja







Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi






Tes Contoh Kinerja










Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar  observasi

Lakukan teknik dasar melempar dan menangkap memegang stick pukulan swing     serta bunch dengan koordinasi yang baik !

Posisi badan yang benar saat    menangkap bola, adalah ....



Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan





 Lakukan teknik start jongkok ,lari dan  finish









  Pendaratan telapak kaki yang benar saat lari jarak jarak pendek, adalah ....



Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Lakukan teknik start berdiri, lari dan finish dengan koordinasi yang baik !




  Pendaratan telapak kaki yang benar saat lari jarak menengah, adalah ....


Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan



Lakukan teknik  dasar posisi awal  menolak menolak dan gerak ikutan









Posisi awal badan yang benar saat akan melakukan tolak peluru gaya menyamping, adalah ....


Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


2x2x45
menit
























2x2x45 menit
























2x2x45 menit




















2x2x45 menit


Buku teks,
buku refernsi, stick, bola softball, glove




















Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera
stop watch




















Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera
stop watch
















Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, meteran



·   Lempar lembing awalan menyamping





·   Melakukan teknik dasar lempar lembing dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan lomba lempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian dan percaya diri








Aspek  Psikomotor
·    Melakukan teknik dasar lempar lembing dengan koordinasi yang baik
·    Melakukan lomba melempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk teknik dasar lempar lembing dengan koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Tes praktik
(Kinerja)









Tes tertulis





Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja









Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi

Lakukan teknik  dasar lempar lembing dengan koordinasi yang baik !







Arah gerak melempar lembing yang benar, adalah ....


Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

2x2x45 menit


Buku teks,  buku refe-rensi, lapa- ngan, lembing


Lompat Jauh Gaya Melenting






























Lempar Cakran Awalan Menyamping

·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara,  dan mendarat cara berpasangan atau kelom- pok
·Melakukan variasidan kombinasi teknik dasar cara ber pasangan atau kelompok
·Melakukan lomba lompat jauh gaya jongkok dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kebe ranian dan percaya diri










·   Melakukan teknik dasar lempar cakram dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan lomba lempar
cakram dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian dan percaya diri


Aspek  Psikomotor
·    Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan  koordinasi yang baik
·    Lomba lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan  koordinasi yang baik

Aspek Afektif
Percaya diri,keberanian,  menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan   peralata


Aspek  Psikomotor
·    Melakukan teknik dasar lempar cakram dengan koordinasi yang baik
·    Melakukan lomba melempar cakram dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk teknik dasar lempar cakram dengan koordinasi yang baik

Aspek Afektif
Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Tes praktik
(Kinerja)












Tes tertulis









Tes
observasi






Tes praktik
(Kinerja)








Tes tertulis






Tes
observasi

Tes  Contoh Kinerja












Pilihan ganda/uraian singkat







Lembar  observasi






Tes  Contoh Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar observasi

Lakukan variasidan kombinas teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara,  dan mendarat !








Cara melakukan awalan lompat jauh dilakukan dengan ...







Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Lakukan teknik  dasar lempar cakram dengan koordinasi yang baik !






Arah gerak melempar cakram yang benar, adalah ....



Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

2x2x45 menit






























2x2x45 menit


Buku teks,  buku refe-rensi, lapa- ngan, lompat jauh



























Buku teks,  buku refe-rensi, lapa- ngan, cakram

  1.4  Mempraktikkan     teknik dasar salah salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)

·                     Pencak
·                        silat



·   Melakukan  teknik dasar
gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan   tangkisan dengan koordinasi yang baik
·   Melakukan gerak ber pasangan  pukulan dan tangkisan untuk menanamkan nilai keberanian  dan menghargai lawan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan   tangkisan dengan koordinasi yang baik
·    Melakukan gerak berpasangan ( pukulan dan tangkisan

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan   tangkisan dengan koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·   Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

Tes praktik
(Kinerja)









Tes tertulis







Tes
observasi

Tes  Contoh Kinerja









Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar observasi

Lakukan teknik  dasar gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan   tangkisan dengan koordinasi yang baik !




Arah gerak tangkisan dalam dilakukan ke .....





Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

2x2x45
menit


Buku teks,  buku refe-rensi, lapa- ngan, pelin dung badan


Karate



·   Melakukan teknik dasar tangkisan dan pukulan dengan koordinasi yang baik
·   Melakukan gerak berpasangan pukulan dan tangkisan untuk  menanamkan nilai keberanian dan menghargai lawan


Aspek  Psikomotor
·    Melakukan tehnik dasar pukulan dan tangkisan dengan koordinasi yang baik
·    Melakukan gerak berpasangan pukulan dan tangkis

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk teknik dasar tangkisan dan pukulan dengan koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·   Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

Tes praktik
(Kinerja)








Tes tertulis





Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi

Lakukan teknik  dasar tangkisan dan pukulan dengan koordinasi yang baik





  Posisi lengan yang benar saat melakukan pukulan, adalah ...




Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

2x2x45
menit








Buku teks,  buku refe-rensi, lapa- ngan, pelin dung badan,


 Judo



·   Melakukan teknik dasar gerak langkah dan jatuhan dengan koordinasi yang baik
secara perorangan atau   berpasangan

·   Melakukan teknik dasar gerak langkah dan jatuhan dengan  berpasangan untuk  menanamkan nilai keberanian dan menghargai lawan



Aspek  Psikomotor
·    Melakukan teknik dasar gerak langkah dan jatuhan dengan koordinasi yang baik 
·    Melakukan gerak berpasanga langkah dan jatuhan,

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk teknik dasar gerak langkah dan jatuhan dengan koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·    Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

Tes praktik
(Kinerja)








Tes tertulis






Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar  observasi

Lakukan  teknik  dasar gerak langkah dan jatuhan dengan koordinasi yang baik !





Bentuk gerak melangkah yang  benar, adalah .....

 


Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

2x2x45
menit


Buku teks,  buku refe-rensi, lapa- ngan,mat ras
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG



(__Drs .SUGITO, Msi )
NIP19561221 198803 1 001.

Batang12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.



(_Drs.Diyono)
NIP19670317 199512 1 003.

SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :  SMK NEGERI 1 BATANG .
Kelas                             :   XI
Mata Pelajaran              :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :  1 (Satu)
Standar Kompetensi:  2.  Mempraktikan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

2.1 Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya tahan anggota badan bagian atas dengan sistem sirkuit  serta nilai disiplin dan tanggung jawab

Kebuga
ran jasmani

·   Melakukan latihan daya tahan otot lengan,dada dan  bahu secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan lomba kekuatan dan daya tahan otot lengan, dada dan bahu dengan  peraturan yang di modifikasi untuk  menanamkan      nilai disiplin dan  tanggung jawab

Aspek  Psikomotor
·    Melakukan mekuatan dan daya tahan otot lengan, dada dan bahu
·    Melakukan lomba kekuatan dan daya tahan otot lengan, dada dan bahu dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan daya tahan otot lengan,dada dan  bahu

Aspek Afektif
·    Nilai disiplin dan tanggung jawab


Tes praktik
(Kinerja)











Tes tertulis




Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja











Pilihan ganda/uraian singkat


Lembar  observasi

Lakukan bentuk latihan  kekuatan dan daya tahan  otot lengan, dada dan bahu








Bentuk latihan yang benar untuk melatih kekuatan dan daya tahan otot lengan dan dada, adalah .....

Nilai disiplin dan tanggung jawab


2x2x45
menit

 Buku teks,  buku refe-rensi, lapa- ngan,mat ras

  2..2  Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya tahan anggauta badan bagian bawah dengan sistem sirkuit  serta nilai disiplin dan tanggung jawab

 Kebugaran jasmani

·   Melakukan latihan kekuatan     dan daya tahan otot paha dan   kaki secara berpasangan atau   kelompok
·   Melakukan lomba kekuatan dan daya tahan otot paha  dan bahu dengan  peraturan yang di modifikasi untuk  menanamkan      nilai disiplin dan  tanggung jaw

Aspek  Psikomotor
·    Melakukan kekuatan dan daya tahan otot paha dan kaki
·    Melakukan lomba kekuatan dan daya tahan otot paha dan kaki dengn peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan kekuatan     dan daya tahan otot paha dan   kaki

Aspek Afektif
·    Nilai disiplin dan tanggung jawab


Tes praktik
(Kinerja)









Tes tertulis






Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja









Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar observasi

Lakukan bentuk latihan  kekuatan dan daya tahan  otot paha dan kaki







Bentuk latihan yang benar untuk melatih kekuatan dan daya tahan otot paha dan kaki, adalah .....


Nilai disiplin dan tanggung jawab


2x2x45
menit

Buku teks,  buku refe-rensi, lapangan,mat ras
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )



Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG



(____Drs .SUGITO,Msi__)
NIP19561221 198803 1 001.

Batang ,12 Juli 2012.
Guru Mapel PJOK.



(___Drs Diyono__)
NIP19670317 199512 1 003.

SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :   SMK NEGERI 1 BATANG .
Kelas                             :   XI
Mata Pelajaran              :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :  1 (Satu)
Standar Kompetensi:  3.Mempraktikan teknik dasar senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

3.1    Mempraktikkan teknik dasar senam lantai meroda  serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab

 Senam lantai










·      Melakukan teknik dasar meroda dengan bantuan dan  tanpa bantuan secara berpasangan atau kelompok  untuk menenamkan nilai keberanian dan tanggung jawab



Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar meroda

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan teknik dasar meroda

Aspek Afektif
·    Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab



Tes praktik
(Kinerja)



Tes tertulis





Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja



Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi

 Lakukan teknik dasar meroda !



Posisi awal badan untuk melakukan meroda, adalah ....



Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab



2x2x45
menit










 Buku teks,  buku refe-rensi, lapangan,mat ras






  3.2 Mempraktikkan teknik dasar senam lantai guling lenting  serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab

 Senam lantai

·      Melakukan teknik dasar melentingkan badan dari posisi  tidur telentang  dan melenting dari posisi pundak    menempel matras secara berpasangan atau kelompok untuk menenamkan nilai ke- beranian dan tanggung jawab
·      Melakukan teknik dasar melenting dari gerak berguling ke depan secara berpasangan atau kelompok untuk menenamkan nilai ke- beranian dan tanggung jawab


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar guling lenting 

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan teknik dasar guling lenting 

Aspek Afektif
·    Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab

   

Tes praktik
(Kinerja)



Tes tertulis




Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja



Pilihan ganda/uraian singkat


Lembar  observasi

Lakukan teknik dasar guling lenting  !



Sumbaer gerakan saat melenting, adalah .....



Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab




v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

 

Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG



(_____Drs Sugito,Msi___)
NIP19561221 198803 1 001.

Batang ,12 Juli 2012.
Guru Mapel PJOK.



(____Drs. Diyono_)
NIP19670312 199512 1 003.

SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :   ..SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                             :   XI
Mata Pelajaran              :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :  1 (Satu)
Standar Kompetensi:  4.Mempraktikan senam irama dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

 4.1  Mempraktikkan teknik dasar senam irama menggunakan tongkat atau simpai dengan gerakan mengayun dan memutar ke berbagai arah  serta nilai disiplin, toleransi dan estetika



Senam irama dengan alat (tongkat )

·         Melakukan teknik dasar memegang tongkat (regular grips, revers grips, mixed grips) secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai disiplin  dan estetika

·         Melakukan teknik dasar mengayun tongkat depan samping     dan belakang badan secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai disiplin  dan estetika


Aspek  Psikomotor
·    Melakukan tehnik dasar memegang tokat (regular grips, revers grips, mixed grips)
·    Melakukan tehnik dasar mengayun tongkat depan, samping dan dibelakang badan

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan teknik dasar memegang tokat (regular grips, revers grips, mixed grips)
·    Melakukan tehnik dasar mengayun tongkat depan, samping dan dibelakang badan

Aspek Afektif
·    Disiplin, toleransi dan estetika


Tes praktik
(Kinerja)







Tes tertulis






Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja







Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar  observasi

Lakukan teknik dasar memegang  tongkat (regular grips, revers grips, mixed grips, dan   mengayun tongkat depan, samping dan dibelakang badan !
  

 Posisi telapak tangan yang benar saat memegang tongkat regular grips, adalah .....

Disiplin, toleransi dan estetika


2x2x45
menit

 Buku teks,  buku refe-rensi, lapangan,     tongkat,tape

4.2    Mempraktikkan  kombinasigerakan mengayun/memutar ke berbagai arah dengan gerak melangkah  serta nilai disiplin,toleransi, keluwesan gerak, dan estetika


Senam irama dengan alat (tongkat )

·         Melakukan teknik dasar mengayun dengan tongkat depan samping     dan belakang badan  diikuti dengan gerak melangkah secara ber- pasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai disiplin  dan
       keluesan

Aspek  Psikomotor
·    Melakukan tehnik dasar mengayun dengan tongkat kedepan,samping dan belakang badan diikuti dengan gerak melangkah

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan teknik dasar mengayun dengan tongkat kedepan,samping dan belakang badan diikuti dengan gerak melangkah

Aspek Afektif
·    Disiplin, toleransi dan estetika


Tes praktik
(Kinerja)








Tes tertulis





Tes
observasi

Tes  Contoh Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi

Lakukan teknik dasar mengayun  tongkat ke depan , samping,   dan belakang badan diikuti dengan gerak melangkah  !   



 Bentuk gerakan lutut yang benar saat mengayun tongkat, adalah .....


Disiplin, toleransi dan estetika





v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

 

Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG



(___Drs Sugito,Msi____)
NIP19561221 198803 1 001.

Batang, 12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.



(____Drs Diyono____)
NIP19670317 199512 1 003.

SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :   .SMK NEGERI 1 BATANG .
Kelas                             :   XI
Mata Pelajaran              :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :  1 (Satu)
Standar Kompetensi:  5.Mempraktikan teknik dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

 5.1Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas  serta nilai disiplin,      keberanian dan kebersihan
 5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan


5.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas  serta nilai disiplin dan kebersihan


Renang gaya bebas

·    Melakukan gerakan kaki renang gaya bebas secara ber-  pasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai keberanian


·    Melakukan gerakan lengan renang gaya bebas secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai keberanian


·    Melakukan teknik dasar pernafasan renang gaya bebas      secara berpasangan atau kelom pok untuk menanamkan nilai   disiplin dan keberanian


Aspek  Psikomotor
·    Melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas
·    Melakukan teknik dasar gerakan  lengan renang gaya bebas
·    Melakukan teknik dasar gerakan   pernafasan renang gaaya  bebas

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaaya  bebas

Aspek Afektif
·    Disiplin dan kebersihan



Tes praktik
(Kinerja)









Tes tertulis





Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja









Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi

·   Lakukan gerakan kaki renang gaya bebas !
·   Lakukan gerakanlengan renang gaya bebas !
·   Lakukan gerakan pernafasan renang gaya bebas !


Bentuk gerakan kaki renang gaya bebas yang benar, adalah .......


Disiplin dan kebersihan


2x2x45
menit

 Buku teks,  buku refe-rensi, kolam –renang
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )




Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG



(_Drs . Sugito,Msi___)
NIP19561221 198803 1 001.

.Batang ,12 Juli 1012
Guru Mapel PJOK.



(____Drs Diyono___)
NIP19670317 199512 1 003..



SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :   SMK NEGERI 1 BATANG.
Kelas                             :   XI
Mata Pelajaran              :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :  1 (Satu)
Standar Kompetensi :  6. Menerapkan budaya hidup sehat


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Mengenal bahaya seks bebas
6.2 Menolak budaya seks  bebas

Keseha
tan

·         Melakukan identifikasi jenis,   penyebab dan gejala



·         Melakukan penolakan terhadap penyakit seks (menghindari pergaulan bebas dan patuh terhadap norma norma agama)


Aspek  Psikomotor
·    Melakukan identifikasi Jenis penyakit kelamin (Gonorrhoea, syphilis AIDS)
·    Melakukan penolakan terhadap penyakit seks

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui cara melakukan penolakan terhadap budaya sek bebas !

Aspek Afektif
·    Kerja sama dan kebersihan


Tes praktik
(Kinerja)




Tes tertulis






Tes
observasi

Tes  Contoh Kinerja




Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar  observasi

·   Lakukan   identifikasi Jenis penyakit kelamin (Gonorrhoea, syphilis AIDS) !

·   Sebutkan dan tuliskan cara melakukan penolakan terhadap budaya sek bebas !


Kerja sama dan kebersihan


1x2x45
menit

 Buku teks,  buku refe-rensi,ling -  kungan
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
                                                                                                                   


Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG


(_____Drs Sugito,Msi__)
NIP19561221 198803 1 001.

Batang ,12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.



(__Drs. Diyono___)
NIP19670317 199512 1 003.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar