Senin, 02 Juli 2012

Silabus Penjaskes X/1


PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan    
                                         Kesehatan (PJOK)
Satuan Pendidikan       : SMK 
Kelas/Semester            : X /1
Nama Guru                  :DRS DIYONO.
NIP/NIK                      : 19670317 199512 1 003 .
Sekolah                         : SMK NEGERI 1 BATANG 

SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                       :  SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                             :  X
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :  1 (satu)
Standar Kompetensi     : 1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

1.1    Mempraktikkan  teknik dasar salah satu nomor olah raga bola besar beregu lanjutan serta nilai kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian **)



Sepak Bola























Bola Voli


























Bola Basket





·   Mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar  serta menahan dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi
                                                                






·     Passing atas dan bawah dalam bola voli secara berpasangan atau kelompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi 















·   Passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala) secara berpasangan atau kelompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk siksp menghargai lawan

Ps  Aspek  Psikomotor
·   Mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·  Mengetahui bentuk-bentuk mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
Aspek Afektif
·   Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian

Psi Aspek  Psikomotor
·  Melakukan passing atas dan bawah    bolavoli
·  Bermain dengan peraturan yang    dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk-bentuk passing atas dan bawah pada permainan bola voli
 Aspek Afektif
·   Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian










Psi Aspek  Psikomotor
·  Melakukan passing bola dari (dada, pantul dan atas kepala)
·  Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi

 Aspek  Kognitif
·  Mengetahui bentuk-bentuk passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala)
 Aspek Afektif
·   Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian


Tes praktik
(Kinerja)






Tes tertulis







observasi







Tes praktik
(Kinerja)



Tes tertulis












Tes
observasi






Tes praktik
(Kinerja)





Tes tertulis













Tes
observasi

Tes Contoh  Kinerja






Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar  observasi






Tes  Contoh Kinerja



Pilihan ganda/uraian singkat










Lembar observasi






Tes Contoh Kinerja




Pilihan ganda/uraian singkat












Lembar  observasi

·   Lakukan teknik dasar mengumpan  bola menggunakan kaki bagian dalam !

·   Apa yang membedakan antara menggiring dan   mengumpan bola dengan kaki bagian dalam !

·   Lakukan bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi !



·   Lakukan teknik dasar passing passing atas dan bawah bolavoli !

·   Posisi kedua lengan saat passing atas, adalah ....
a.       diluruskan dan rapat
b.       ditekuk dan rapat
c.        disilang dan rapat
d.       diduluskan dan dibuka

·   Melakukan kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian

·   Lakukan teknik dasar passing bola dari (dada, pantul dan atas kepala) !

·   Posisi kedua lengan setelah melakukan  passing bola basket, adalah ....
a.       diluruskan ke depan
b.       ditekuk di depan badan
c.        disilang di depan badan
d.       diduluskan ke samping

·   Melakukan kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian

 
3x2x45
    menit






















3x2x45
    menit
























3x2x45
    menit

Buku teks,
Buku     refernsi, bola kaki, lapangan sepakbola



















Buku teks,
Buku     refernsi,
Bolavoli,net, lapangan bolavoli




















Buku teks,
Buku     refernsi,
Bolabasket, lapangan bolabasket

1.2 Mempraktikkan teknik dasar salah satu nomor olah raga bola kecil beregu dan perorangan, serta nilai kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan **)



Bulu Tangkis


















Tenis Meja















Tennis












Soft Ball


















·Memegang raket,  pukulan  servis danpukulan forehand,  berpasangan atau kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama dan toleransi






·   Memegang bat,pukulan servis, dan pukulan forehand,berpas angan atau kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama   dan toleransi


·   Memegang raket dan pukulan forehand, berpasangan atau-kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama


·   Menangkap dan melempar bola,berpasangan atau kelompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian   dan percaya diri









Psi
Psi Aspek  Psikomotor
·     Memegang raket untuk servis dan pukulan forehand
·     Bermain bulu tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi

 Aspek  Kognitif
·     Mengetahui bentuk-bentuk memegang raket,  pukulan  servis danpukulan forehand, 
 Aspek Afektif
·     Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan

Aspek  Psikomotor
·     Memgang bat untuk servis dan pukulan forehand
·     Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·     Mengetahui bentuk-bentuk memegang bat,pukulan servis, dan pukulan forehand
Aspek Afektif
·     Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan


Aspek  Psikomotor
·     Memegang raket dan pukulan forehand
·     Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·     Mengetahui bentuk-bentuk memegang raket dan pukulan forehand
Aspek Afektif
·     Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan

Aspek  Psikomotor
·     Menangkap dan melempar bola (datar,          lambung, mengulir)
·     Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·     Mengetahui bentuk-bentuk menangkap dan melempar bola
Aspek Afektif
·     Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan

Tes praktik
(Kinerja)







Tes tertulis




Tes
observasi



Tes praktik
(Kinerja)



Tes tertulis




Tes
observasi




Tes praktik
(Kinerja)



Tes tertulis




Tes
observasi



Tes praktik
(Kinerja)





Tes tertulis







Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja







Pilihan ganda/uraian singkat


Lembar  observasi



Tes Contoh Kinerja



Pilihan ganda/uraian singkat


Lembar  observasi




Tes Contoh Kinerja



Pilihan ganda/uraian singkat


Lembar  observasi



Tes  Contoh Kinerja




Pilihan ganda/uraian singkat






Lembar  observasi

Lakukan teknik dasar memegang raket,  servis,  dan pukulan forehand


 


Bentuk gerakan tangan saat melakukan servis forehand, adalah ...

Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan


Lakukan teknik dasar memgang bat untuk servis dan pukulan forehand

Bentuk gerakan tangan saat melakukan servis forehand, adalah ...

Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan



Lakukan teknik dasar memegang raket, pukulan forehand !

Bentuk gerakan tangan saat melakukan servis forehand, adalah ...

Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan


Lakukan teknik dasar menangkap dan melempar bola (datar, lambung, mengulir) !

  Posisi lutut saat menangkap bola bergulir di tanah, adalah...
a.       direndahkan
b.       diluruskan
c.        disilangkan
d.       diputar

Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan
 
2x2x45
menit

















2x2x45
menit














2x2x45
menit













2x2x45
menit


Buku teks,
buku refernsi,bulu-tangkis, net, raket,  sutlecokc, lapangan bulutangkis.











Buku teks,
buku refernsi, bad, bola pingpong, meja pingpong, net








Buku teks,
buku refernsi, raket tenis, bola tenis, net, lapangan tenis







Buku teks,
buku refernsi, stick, bola softball, glove

1.3 Mempraktikkan teknik dasar perorangan atletik, serta nilai disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran **)



Lari Jarak Pendek 50M



















Lompat Jauh Gaya Jongkok
















Tolak Peluru Awalan Menyam    ping













·   Berlari dengan menekankan pa da gerakan kaki, lengan, posisi badan dan pendaratan  telapak kaki

·   Lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi










·   Menolak tanpa awalan, posisi di udara dan mendarat
·   Lomba lompat jauh dengan per-aturan yang dimodifikasi untuk  menanamkan nilai percaya diri dan keberanian






·   Posisi awalan, memegang dan
    menolak peluru
·   Lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi un- tuk menanamkan sikap menjaga keselamatan diri dan   orang lain








 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik lari (gerakan kaki, lengan, posisis badan, pendaratan telapak kaki)
·   Lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk-bentuk teknik gerakan kaki, lengan, posisi badan dan pendaratan  telapak kaki pada lari jarak pendek
 Aspek Afektif
·   Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran



 Aspek  Psikomotor
· Melakukan teknik dasar menolak tanpa awalan, di udara, mendarat
·   Melakukan lomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikasi
 Aspek  Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar menolak tanpa awalan, di udara, mendarat

 Aspek Afektif
·   Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran


P Aspek  Psikomotor
·   Melakukan posisi awalan
·   Melakukan teknik dasar memegang  peluru dan menolak
· Melakukan  lomba menolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar awalan, memegang  peluru dan menolak
Aspek Afektif
·   Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran


Tes praktik
(Kinerja)


Tes tertulis











Tes
observasi



Tes praktik
(Kinerja)



Tes tertulis







Tes
observasi




Tes praktik
(Kinerja)



Tes tertulis





Tes
observasi





Tes Contoh Kinerja


Pilihan ganda/uraian singkat









Lembar  observasi



Tes Contoh Kinerja



Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar  observasi




Tes Contoh Kinerja



Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi




Lakukan teknik dasar lari jarak 50 m !

  Posisi badan yang benar saat  lari jarak pendek, adalah...
a.       agak condong ke depan
b.       ditegakkan
c.        agak miring ke samping
d.       agak melenting ke belakang

Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran


Lakukan teknik dasar lompat  jauh gay jongkok !


Posisi badan yang benar saat  di udara , adalah...
a.        jongkok
b.        melenting
c.membulat
d.        lurus

Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran



Lakukan teknik dasar tolak peluru awalan menyamping !

Posisi badan yang benar saat  awalan menolak peluru gaya menyamping , adalah...

Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran



  2x2x45
  menit



















2x2x45
  menit

















2x2x45
  menit

Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
start block, bendera, stop watch














Buku teks,
buku refernsi, bak lompat, bendera














Buku teks,
buku refernsi, peluru, lapangan, tali












1.4    Memptraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olah raga perorangan beladiri lanjutan serta nilai kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan **)


Pencak Silat


















Karate














Judo








·   Melakukan dasar kuda-kuda,dan teknik dasar langkah
·   Merangkai teknik dasar kuda kuda dan langkah berpasang- an untuk menanamkan nilai keberanian dan menghormati lawan






·   Melakukan teknik dasar kuda-kuda,dan teknik dasar langkah
·   Merangkai teknik dasar kuda kuda dan langkah berpasangan untuk menanamkan nilai ke- beranian dan menghormati law-an


·   Melakukan teknik dasar langkah
  dan jatuhan

·   Merangkai teknik langkah dan jatuhan untuk menanamkan ni- lai keberanian dan menghormati lawan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar kuda-kuda
·   Melakukan teknik dasar langkah
·   Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Aspek Afektif
·   Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar kuda-kuda dan langkah
·   Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Aspek Afektif
·   Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar langkah dan jatuhan
·   Merangkai teknik dasar langkah dan jatuhan

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar langkah dan jatuhan
Aspek Afektif
·   Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan




Tes praktik
(Kinerja)




Tes tertulis




Tes
observasi






Tes praktik
(Kinerja)



Tes tertulis




Tes
observasi




Tes praktik
(Kinerja)





Tes tertulis





Tes
observasi rvasi

Tes Contoh Kinerja




Pilihan ganda/uraian singkat


Lembar  observasi






Tes Contoh Kinerja



Pilihan ganda/uraian singkat


Lembar  observasi




Tes Contoh Kinerja





Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi

Lakukan teknik dasar kuda-kuda ,langkah, dan gerak rangkai !


Posisi lutut kaki depan saat melakukan kuda-kuda adalah ...

Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan




Lakukan teknik dasar kuda-  kuda,langkah, dan gerak rangkai !

Posisi lutut kaki depan saat melakukan kuda-kuda adalah ...

Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan


Lakukan teknik dasar langkah, jatuhan, dan gerak rakrangkai !



Tumpuan yang benar saat melakukan teknik jatuhan ke depan, adalah ...

Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan


 2x2x45
  

















2x2x45
  menit














2x2x45
  menit

Buku teks,
buku refernsi,
lapangan , pelindung
badan,
matras












Buku teks,
buku refernsi,
lapangan , pelindung
badan,
matras









Buku teks,
buku refernsi,
lapangan, pelindung
badan,
matras

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

 

Mengetahui,
Kepala Sekolah




  Drs.Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.




  Drs, Diyono
(_______________________)
NIP. 19670317 199512 1 003







SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                       :  SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                             :  X
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :  1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mempraktikan latihan kebugaran jasmani,dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

2.1.  Mempraktikkan jenis latihan kekuatan dan day atahan otot serta nilai disiplin dan tanggungjawab







     










2.2.   Mempraktikkan latihan daya tahan jantung dan paru-paru, serta nilai disiplin dan tanggungjawab



Kebugaran JaSMK NEGERI 1 BATANG
ni

·   Latihan kekuatan dan daya tahan oto kaki,berpasangan atau kelompok untuk penana-  man disiplin dan tanggung jawab
·   Latihan kekuatan dan daya tahan oto kaki,berpasangan atau kelompok untuk penenaman nilai keberanian dan tanggung jawab








·   Latihan lari jarak menengah atau lari 12 menit dan untuk menanamkan nilai disiplin dan tang gung jawab






Aspek  Psikomotor
·   Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki
·   Melakukan latihan kekuatan dan daya  tahan lengan, bahu dan dada
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk-bentuk latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki, lengan, bahu dan dada
Aspek Afektif
·   Disiplin dan tanggungjawab




 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan bentuk latihan kebugaran jasmani dengan lari jarak menengah atau lari 12 menit
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui fungsi dan tujuan tes lari 12 menit
Aspek Afektif
·   Disiplin dan tanggungjawab


Tes praktik
(Kinerja)

Tes tertulis


Tes
observasi rvasi












 Tes praktik
(Kinerja)

Tes tertulis


Tes
observasi

 

Tes Contoh Kinerja


Pilihan ganda/uraian singkat

Lembar  observasi













Tes Contoh Kinerja


Pilihan ganda/uraian singkat

Lembar  observasi

Lakukan bentuk latihan kekuatan, daya tahan otot lengan dan kaki

  Bentuk gerakan naik turun bangku merupakan bentuk latihan ....

Disiplin dan tanggungjawab













Lakukan tes kesegaran jasmani (TKJI) !


Apa tujuan dan maksud dari tes lari 12 menit ?


Disiplin dan tanggungjawab


2x2x45
menit

Buku teks,   buku referensi,
matras


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

 

Mengetahui,
Kepala Sekolah





(_____Drs .Sugito,Msi  )

NIP.19561221 198803 1 001

12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.




  Drs, Diyono
(_______________________)
NIP. 19670317 199512 1 003

SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                       :  SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                             :  X
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :  1 (satu)
Standar Kompetensi :     3. Mempraktikan senam dasar dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

3.1. Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki, serta nilai disiplin, keberanian, dan tanggungjawab





 3.2. Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu selain kaki serta nilai disiplin, keberanian dan tanggungjawab

 Senam Dasar













Senam Dasar










·    Berdiri dengan satu kaki (sikap melayang) dan untuk menanamkan    nilai keberanian












·      Melakukan sikap lilin, dan berdiri dengan dahi secara  berpasangan atau kelompok  untuk menanmkan nilai keberanian  dan tanggung jawab

 Aspek  Psikomotor
·   Berdiri dengan satu kaki (sikap melayang)
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentu latihan sikap melayang,
Aspek Afektif
·   Disiplin, keberanian, dan tanggungjawab


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan sikap lilin
·   Berdiri dengan dahi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentu latihan,sikap lilin dan berdiri dengan dahi
Aspek Afektif
·   Disiplin, keberanian, dan tanggungjawab


Tes praktik
(Kinerja)


Tes tertulis



Tes
observasi rvasi




Tes praktik
(Kinerja)



Tes tertulis





Tes
observasi


Tes Contoh Kinerja


Pilihan ganda/uraian singkat

Lembar observas





Tes Contoh Kinerja




Pilihan ganda/uraian singkat


Lembar observasi

Lakukan berdiri dengan satu kaki (sikap melayang)
 
Diskripsikan gerakan belayang 9sikap kapal terbang)

Disiplin, keberanian, dan tanggungjawab





Lakukan)  sikap      lilin, dan berdiri dengan dahi  !


 
Posisi kedu telapak tangan dan dahi saat melakukan kopstand, adalah ..

Disiplin, keberanian, dan tanggungjawab

 2x2x45
  menit













 2x2x45
menit



Buku teks,   buku 
referensi, matras



v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala Sekolah




           Drs. Sugito ,Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.




  Drs, Diyono
(_______________________)
NIP. 19670317 199512 1 003

SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                       :  SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                             :  X
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :  1 (satu)
Standar Kompetensi      :4.Mempraktikan senam irama tanpa alat, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya   

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

4.1.   Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak langkah kaki mengikuti irama, serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan

4.2 Mempraktikkan teknik dasar senam  irama tanpa alat,  gerak mengayun satu lengan mengikuti irama, serta nilaii kedisiplinan, estetika,  toleransi dan keluwesa

 Senam Irama  Tanpa Alat


























·   Melakukan gerak langkah kaki biasa,rapat, keseimbangan,secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan



·     Melakukan ayunan satu lengan depan ,belakang dan sam-ping secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan
·   Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat badansecara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar langkah kaki biasa
·   Melakukan teknik dasar langkah kaki rapat
·   Melakukan teknik dasar langkah keseimbangan

·   Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan depan, belakang dan samping
·   Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar langkah kaki biasa, rapat, keseimbangan dan teknik dasar ayunan satu lengan depan, belakang, samping serta ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat badan

Aspek Afektif
·   Kedisiplinan, estetika,  toleransi dan keluwesa


Tes praktik
(Kinerja)



















Tes tertulis












Tes
observasi





Tes Contoh Kinerja




















Pilihan ganda/uraian singkat











Lembar observasi

·   Lakukan teknik dasar gerak langkah kaki biasa, rapat, keseimbangan,secara !
·    Lakukan teknik dasar ayunan satu lengan depan ,belakang dan sam-ping !
·   Lakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping, belakang dan sam-ping !







Gerakan lutut kaki yang benar setiap melakukan langkah kaki adalah ...










Kedisiplinan, estetika,  toleransi dan keluwesa

 2x2x45
  menit










 

Buku teks,   buku
referensi, matras,
tape, kaset atau CD


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )




Mengetahui,
Kepala Sekolah




 (Drs.Sugito,Msi)
NIP.19561221 198803 1 001

12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.




  Drs, Diyono
NIP. 19670317 199512 1 003

SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                       :  SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                             :  X
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :  1 (satu)
Standar Kompetensi :     5. Mempraktikan teknik dasar renang gaya dada,dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *)

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

  5.1.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan






5.2.Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan





5.3.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki, gerakan lengan dan pernapasan gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

 Renang gaya dada



·      Melakukan gerakan kaki renang gaya dada secara berpasangan atau kelompok






·      Melakukan gerakan lengan renang gaya  dada secara berpasangan atau kelompok




·      Melakukan gerakan kaki,lengan dan pernafasan secara berpasangan atau kelompok

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada
·   Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada
·   Melakukan teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar gerakan, lengan dan pernafasan





Aspek Afektif
·   Disiplin, keberanian dan kebersihan

Tes praktik
(Kinerja)











Tes tertulis









Tes
observasi



     



Tes  Contoh Kinerja











Pilihan ganda/uraian singkat







Lembar  observasi






Lakukan teknik dasar gerakan kaki,lengan    dan pernafasan renang    gaya dada !









Posisi badan yang benar saat melakukan renang gaya dada adalah ...
a telungkup
b telentang
c miring
d membulat


Disiplin, keberanian dan kebersihan


  2x2x45
   menit


 Buku teks,    buku
referensi,
kolam renang


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )



Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. Sugito, Msi
(__________________________)
NIP19561221 198803 1 001

12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.




  Drs, Diyono
(_______________________)
NIP. 19670317 199512 1 003



SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                       :  SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                             :  X
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :  1 (satu)
Standar Kompetensi:  6. Mempraktikan perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan di lingkungan sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya ***)

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

6.1. Mempraktikkan pemilihan tempat yang  tepat untuk mendirikan tenda perkemahan, mempraktekkan teknik dasar pemasangan tenda untuk perkemahan di lingkungan secara beregu, serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa







6.2.Mempraktikkan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa


Pendidikan luar kelas

·   Melakukan identifikasi tempat  untuk mendirikan tenda perke mahan secara kelompok atau   regu


·   Melakukan pertolongan (P3K)  terhadap luka lecet,iris,memar, dan tusuk secara berpasangan atau kelompo

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan identifikasi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan
·   Melakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk identifikasi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan dan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk



Aspek Afektif

·   Kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa


Tes praktik
(Kinerja)









Tes tertulis










Tes
observasi



Tes Contoh Kinerja









Pilihan ganda/uraian singkat








Lembar  observasi



·   Lakukan identifikasi    lapangan atau tempat   mendirikan   tenda untuk   perkemahan !
·   Lakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk !



 Salah satu bentuk identifikasi yang tepat untuk tempat mendirikan tenda adalah ...
   





Kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa


   2x2x45
  menit


Buku teks,  buku  referensi,
peralatan P3K dan  lingkungan

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.




  Drs, Diyono
(_______________________)
NIP. 19670317 199512 1 003

SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                       :  SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                             :  X
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :  1 (satu)
Standar Kompetensi:     7.Menerapkan budaya hidup sehat


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen


7.1.Memahami pola makan sehat




7.2.Memahami perlunya keseimbangan gizi

 Kesehatan

·   Melakukan identifikasi makanan yang dikonsumsi serta mengan dung  unsur zat gizi


·   Melakukan identifikasi makanan yang dikonsumsi sesuai deng  an kebutuhan tubuh




Aspek  Psikomotor
§ Unsur-unsur makanan   sehat
·   Manfaat makanan sehat


Aspek  Kognitif
·   Mengetahui identifikasi makanan yang dikonsumsi serta mengan dung  unsur zat gizi dan identifikasi makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh
Aspek Afektif
·   Kerjasama, tanggungjawab dan kebersihan


 Tes praktik
(Kinerja)






Tes tertulis







Tes
observasi


Tes Contoh Kinerja






Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar observasi



Lakukan identifikasi maakanan apasaja  yang mengandung unsur gizi   dan yang dapat dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh !

Unsur zat makanan yang mengandung karbohidrat, adalah ...
a.       roti
b.       tomat
c.        wortel
d.       bayam

 Kerjasama, tanggungjawab dan kebersihan


1x2x45
menit

 Buku teks,   buku refe -    rensi,ruang   boga

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
Mengetahui,
Kepala Sekolah




  DRS . SUGITO, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.




  Drs, Diyono
(_______________________)
NIP. 19670317 199512 1 003













 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar