PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS
PEMBELAJARAN
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : X
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1.
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Mempraktikkan teknik
dasar salah satu nomor olah raga bola besar beregu lanjutan serta nilai kerja
sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian **)
|
Sepak Bola
Bola Voli
Bola Basket
|
· Mengumpan,menggiring dan
menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki secara
berpasangan atau kelompok
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi
· Passing atas dan bawah dalam bola voli secara berpasangan atau
kelompok
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi
· Passing bola dari (dada,pantul
dan atas kepala) secara berpasangan atau kelompok
· Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
untuk memupuk siksp menghargai lawan
|
Ps
Aspek Psikomotor
· Mengumpan, menggiring dan
manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan
telapak kaki
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek
Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk
mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar
serta menahan dengan telapak kaki
Aspek Afektif
·
Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan
keberanian
Psi Aspek
Psikomotor
· Melakukan passing atas dan
bawah bolavoli
· Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk-bentuk passing atas dan bawah pada
permainan bola voli
Aspek Afektif
·
Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan
keberanian
Psi Aspek
Psikomotor
· Melakukan passing bola dari
(dada, pantul dan atas kepala)
· Bermain bola basket dengan
peraturan yang dimodifikasi
Aspek
Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk
passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala)
Aspek Afektif
·
Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan
keberanian
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
· Lakukan teknik dasar
mengumpan bola menggunakan kaki bagian
dalam !
· Apa yang membedakan antara
menggiring dan mengumpan bola dengan
kaki bagian dalam !
· Lakukan bermain sepakbola
dengan peraturan yang dimodifikasi !
· Lakukan teknik dasar passing
passing atas dan bawah bolavoli !
· Posisi kedua lengan saat
passing atas, adalah ....
a. diluruskan dan rapat
b. ditekuk dan rapat
c.
disilang dan rapat
d. diduluskan dan dibuka
· Melakukan kerja sama,
toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
· Lakukan teknik dasar passing
bola dari (dada, pantul dan atas kepala) !
· Posisi kedua lengan setelah
melakukan passing bola basket, adalah
....
a. diluruskan ke depan
b. ditekuk di depan badan
c.
disilang di depan badan
d. diduluskan ke samping
· Melakukan kerja sama,
toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
|
3x2x45
menit
3x2x45
menit
3x2x45
menit
|
Buku
teks,
Buku refernsi, bola kaki, lapangan sepakbola
Buku teks,
Buku refernsi,
Bolavoli,net,
lapangan bolavoli
Buku
teks,
Buku refernsi,
Bolabasket,
lapangan bolabasket
|
1.2 Mempraktikkan teknik dasar
salah satu nomor olah raga bola kecil beregu dan perorangan, serta nilai
kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan **)
|
Bulu Tangkis
Tenis Meja
Tennis
Soft Ball
|
·Memegang raket, pukulan
servis danpukulan forehand,
berpasangan atau kelompok
· Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
untuk menanamkan nilai kerja sama dan toleransi
· Memegang bat,pukulan servis,
dan pukulan forehand,berpas angan atau kelompok
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama dan toleransi
· Memegang raket dan pukulan
forehand, berpasangan atau-kelompok
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama
· Menangkap dan melempar
bola,berpasangan atau kelompok
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian dan percaya diri
|
Psi
Psi Aspek
Psikomotor
· Memegang raket untuk servis dan
pukulan forehand
· Bermain bulu tangkis dengan
peraturan yang dimodifikasi
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk-bentuk memegang
raket, pukulan servis danpukulan forehand,
Aspek Afektif
· Kerjasama, kejujuran dan
menghormati lawan
Aspek Psikomotor
· Memgang bat untuk servis dan
pukulan forehand
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk
memegang bat,pukulan servis, dan pukulan forehand
Aspek Afektif
· Kerjasama, kejujuran dan
menghormati lawan
Aspek Psikomotor
· Memegang raket dan pukulan
forehand
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk
memegang raket dan pukulan forehand
Aspek Afektif
· Kerjasama, kejujuran dan
menghormati lawan
Aspek Psikomotor
· Menangkap dan melempar bola
(datar, lambung, mengulir)
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk
menangkap dan melempar bola
Aspek Afektif
· Kerjasama, kejujuran dan
menghormati lawan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar memegang raket, servis,
dan pukulan forehand
Bentuk gerakan tangan saat melakukan servis forehand,
adalah ...
Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan
Lakukan teknik dasar memgang bat untuk servis dan
pukulan forehand
Bentuk gerakan tangan saat melakukan servis forehand,
adalah ...
Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan
Lakukan teknik dasar memegang raket, pukulan forehand !
Bentuk gerakan tangan saat melakukan servis forehand,
adalah ...
Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan
Lakukan teknik dasar menangkap dan melempar bola
(datar, lambung, mengulir) !
Posisi lutut saat menangkap bola bergulir
di tanah, adalah...
a. direndahkan
b. diluruskan
c.
disilangkan
d. diputar
Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan
|
2x2x45
menit
2x2x45
menit
2x2x45
menit
2x2x45
menit
|
Buku teks,
buku refernsi,bulu-tangkis, net, raket, sutlecokc, lapangan bulutangkis.
Buku teks,
buku refernsi, bad, bola pingpong, meja pingpong, net
Buku teks,
buku refernsi, raket tenis, bola tenis, net, lapangan
tenis
Buku teks,
buku refernsi, stick, bola softball, glove
|
1.3 Mempraktikkan teknik dasar
perorangan atletik, serta nilai disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri
dan kejujuran **)
|
Lari Jarak Pendek 50M
Lompat Jauh Gaya Jongkok
Tolak Peluru Awalan Menyam ping
|
· Berlari dengan menekankan pa da
gerakan kaki, lengan, posisi badan dan pendaratan telapak kaki
· Lomba lari dengan peraturan
yang dimodifikasi
· Menolak tanpa awalan, posisi di
udara dan mendarat
· Lomba lompat jauh dengan
per-aturan yang dimodifikasi untuk
menanamkan nilai percaya diri dan keberanian
· Posisi awalan, memegang dan
menolak peluru
· Lomba tolak peluru dengan
peraturan yang dimodifikasi un- tuk menanamkan sikap menjaga keselamatan diri
dan orang lain
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik lari (gerakan kaki, lengan,
posisis badan, pendaratan telapak kaki)
· Lomba lari dengan peraturan
yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk teknik
gerakan kaki, lengan, posisi badan dan pendaratan telapak kaki pada lari jarak pendek
Aspek Afektif
· Disiplin, semangat,
sportifitas, percaya diri dan kejujuran
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar menolak
tanpa awalan, di udara, mendarat
· Melakukan lomba lompat jauh
dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk teknik
dasar menolak tanpa awalan, di udara, mendarat
Aspek Afektif
· Disiplin, semangat,
sportifitas, percaya diri dan kejujuran
P Aspek
Psikomotor
· Melakukan posisi awalan
· Melakukan teknik dasar
memegang peluru dan menolak
· Melakukan lomba menolak peluru dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk teknik
dasar awalan, memegang peluru dan
menolak
Aspek Afektif
·
Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar lari jarak 50 m !
Posisi badan yang benar saat lari jarak pendek, adalah...
a. agak condong ke depan
b. ditegakkan
c.
agak miring ke samping
d. agak melenting ke belakang
Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan
kejujuran
Lakukan teknik dasar lompat jauh gay jongkok !
Posisi badan yang benar saat di udara , adalah...
a.
jongkok
b.
melenting
c.membulat
d.
lurus
Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan
kejujuran
Lakukan teknik dasar tolak peluru awalan menyamping !
Posisi badan yang benar saat awalan menolak peluru gaya menyamping ,
adalah...
Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan
kejujuran
|
2x2x45
menit
2x2x45
menit
2x2x45
menit
|
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
start block, bendera, stop watch
Buku teks,
buku refernsi, bak lompat, bendera
Buku teks,
buku refernsi, peluru, lapangan, tali
|
1.4 Memptraktikkan teknik dasar
salah satu permainan dan olah raga perorangan beladiri lanjutan serta nilai
kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan **)
|
Pencak Silat
Karate
Judo
|
· Melakukan dasar kuda-kuda,dan
teknik dasar langkah
· Merangkai teknik dasar kuda
kuda dan langkah berpasang- an untuk menanamkan nilai keberanian dan
menghormati lawan
· Melakukan teknik dasar
kuda-kuda,dan teknik dasar langkah
· Merangkai teknik dasar kuda
kuda dan langkah berpasangan untuk menanamkan nilai ke- beranian dan
menghormati law-an
· Melakukan teknik dasar langkah
dan jatuhan
·
Merangkai teknik langkah dan jatuhan untuk menanamkan ni- lai keberanian
dan menghormati lawan
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar
kuda-kuda
· Melakukan teknik dasar langkah
· Merangkai teknik dasar
kuda-kuda dan langkah
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk teknik
dasar kuda-kuda dan langkah
Aspek Afektif
· Kerjasama, kejujuran, percaya
diri dan menghormati lawan
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar
kuda-kuda dan langkah
· Merangkai teknik dasar
kuda-kuda dan langkah
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk teknik
dasar kuda-kuda dan langkah
Aspek Afektif
· Kerjasama, kejujuran, percaya
diri dan menghormati lawan
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar langkah
dan jatuhan
· Merangkai teknik dasar langkah
dan jatuhan
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk teknik
dasar langkah dan jatuhan
Aspek Afektif
· Kerjasama, kejujuran, percaya
diri dan menghormati lawan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi rvasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar kuda-kuda ,langkah, dan gerak
rangkai !
Posisi lutut kaki depan saat melakukan kuda-kuda adalah
...
Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati
lawan
Lakukan teknik dasar kuda- kuda,langkah, dan gerak rangkai !
Posisi lutut kaki depan saat melakukan kuda-kuda adalah
...
Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan
Lakukan teknik
dasar langkah, jatuhan, dan gerak rakrangkai !
Tumpuan yang benar saat melakukan teknik jatuhan ke
depan, adalah ...
Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati
lawan
|
2x2x45
2x2x45
menit
2x2x45
menit
|
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan , pelindung
badan,
matras
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan , pelindung
badan,
matras
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan, pelindung
badan,
matras
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs.Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs, Diyono
(_______________________)
NIP. 19670317 199512 1 003
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : X
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi : 2. Mempraktikan latihan kebugaran jasmani,dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1. Mempraktikkan jenis latihan
kekuatan dan day atahan otot serta nilai disiplin dan tanggungjawab
2.2. Mempraktikkan latihan daya tahan jantung dan
paru-paru, serta nilai disiplin dan tanggungjawab
|
Kebugaran JaSMK NEGERI 1 BATANG
ni
|
· Latihan kekuatan dan daya tahan
oto kaki,berpasangan atau kelompok untuk penana- man disiplin dan tanggung jawab
· Latihan kekuatan dan daya tahan
oto kaki,berpasangan atau kelompok untuk penenaman nilai keberanian dan
tanggung jawab
· Latihan lari jarak menengah
atau lari 12 menit dan untuk menanamkan nilai disiplin dan tang gung jawab
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan latihan kekuatan dan
daya tahan otot kaki
· Melakukan latihan kekuatan dan
daya tahan lengan, bahu dan dada
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk
latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki, lengan, bahu dan dada
Aspek Afektif
· Disiplin dan tanggungjawab
Aspek
Psikomotor
· Melakukan bentuk latihan
kebugaran jasmani dengan lari jarak menengah atau lari 12 menit
Aspek Kognitif
·
Mengetahui fungsi dan tujuan tes lari 12 menit
Aspek Afektif
· Disiplin dan tanggungjawab
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi rvasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan bentuk latihan kekuatan, daya tahan otot
lengan dan kaki
Bentuk gerakan naik turun bangku merupakan
bentuk latihan ....
Disiplin dan tanggungjawab
Lakukan tes kesegaran jasmani (TKJI) !
Apa tujuan dan maksud dari tes lari 12 menit ?
Disiplin dan tanggungjawab
|
2x2x45
menit
|
Buku
teks, buku referensi,
matras
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(_____Drs .Sugito,Msi )
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs, Diyono
(_______________________)
NIP. 19670317 199512 1 003
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : X
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikan senam dasar dengan teknik
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1. Mempraktikkan senam dasar
dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki, serta nilai disiplin,
keberanian, dan tanggungjawab
3.2. Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk
latihan keseimbangan bertumpu selain kaki serta nilai disiplin, keberanian
dan tanggungjawab
|
Senam Dasar
Senam Dasar
|
· Berdiri dengan satu kaki (sikap
melayang) dan untuk menanamkan nilai
keberanian
· Melakukan sikap lilin, dan
berdiri dengan dahi secara berpasangan
atau kelompok untuk menanmkan nilai
keberanian dan tanggung jawab
|
Aspek
Psikomotor
· Berdiri dengan satu kaki (sikap
melayang)
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentu latihan sikap
melayang,
Aspek Afektif
· Disiplin, keberanian, dan
tanggungjawab
Aspek Psikomotor
· Melakukan sikap lilin
· Berdiri dengan dahi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentu latihan,sikap
lilin dan berdiri dengan dahi
Aspek Afektif
· Disiplin, keberanian, dan
tanggungjawab
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi rvasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar
observas
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar
observasi
|
Lakukan berdiri dengan satu kaki
(sikap melayang)
Diskripsikan gerakan belayang 9sikap kapal terbang)
Disiplin, keberanian, dan tanggungjawab
Lakukan) sikap
lilin, dan berdiri dengan dahi
!
Posisi kedu telapak tangan dan dahi saat melakukan
kopstand, adalah ..
Disiplin, keberanian, dan tanggungjawab
|
2x2x45
menit
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku
referensi, matras
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Sugito ,Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs, Diyono
(_______________________)
NIP. 19670317 199512 1 003
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : X
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi :4.Mempraktikan senam irama tanpa alat, dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1. Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat,
gerak langkah kaki mengikuti irama, serta nilai disiplin, estetika, toleransi
dan keluwesan
4.2 Mempraktikkan teknik dasar
senam irama tanpa alat, gerak mengayun satu lengan mengikuti irama,
serta nilaii kedisiplinan, estetika, toleransi
dan keluwesa
|
Senam Irama
Tanpa Alat
|
· Melakukan gerak langkah kaki
biasa,rapat, keseimbangan,secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan
nilai tolerasni dan keluesan
· Melakukan ayunan satu lengan
depan ,belakang dan sam-ping secara berpasangan atau kelompok untuk
menanamkan nilai tolerasni dan keluesan
· Melakukan teknik dasar ayunan
satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat badansecara berpasangan
atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan
|
Aspek
Psikomotor
· Melakukan teknik dasar langkah
kaki biasa
· Melakukan teknik dasar langkah
kaki rapat
· Melakukan teknik dasar langkah
keseimbangan
· Melakukan teknik dasar ayunan
satu lengan depan, belakang dan samping
· Melakukan teknik dasar ayunan
satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk teknik dasar
langkah kaki biasa, rapat, keseimbangan dan teknik dasar ayunan satu lengan
depan, belakang, samping serta ayunan satu lengan ke samping bersamaan
memindahkan berat badan
Aspek Afektif
· Kedisiplinan, estetika, toleransi dan keluwesa
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
·
Lakukan teknik dasar gerak langkah kaki biasa, rapat, keseimbangan,secara !
·
Lakukan teknik dasar ayunan satu
lengan depan ,belakang dan sam-ping !
·
Lakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping, belakang dan sam-ping
!
Gerakan lutut kaki yang benar setiap melakukan langkah
kaki adalah ...
Kedisiplinan, estetika,
toleransi dan keluwesa
|
2x2x45
menit
|
Buku
teks, buku
referensi,
matras,
tape,
kaset atau CD
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Drs.Sugito,Msi)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs, Diyono
NIP. 19670317 199512 1 003
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : X
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi :
5. Mempraktikan teknik dasar renang gaya dada,dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya *)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya
dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2.Mempraktikkan teknik dasar
gerakan lengan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
5.3.Mempraktikkan teknik dasar
gerakan kaki, gerakan lengan dan pernapasan gaya dada serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
|
Renang gaya dada
|
· Melakukan gerakan kaki renang
gaya dada secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan gerakan lengan renang
gaya dada secara berpasangan atau
kelompok
· Melakukan gerakan kaki,lengan
dan pernafasan secara berpasangan atau kelompok
|
Aspek
Psikomotor
· Melakukan teknik dasar gerakan
kaki renang gaya dada
· Melakukan teknik dasar gerakan
lengan renang gaya dada
·
Melakukan teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk teknik dasar gerakan, lengan dan pernafasan
Aspek Afektif
·
Disiplin, keberanian dan kebersihan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar gerakan
kaki,lengan dan pernafasan
renang gaya dada !
Posisi badan yang benar saat melakukan renang gaya dada
adalah ...
a telungkup
b telentang
c miring
d membulat
Disiplin, keberanian dan kebersihan
|
2x2x45
menit
|
Buku teks,
buku
referensi,
kolam
renang
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Sugito, Msi
(__________________________)
NIP19561221 198803 1 001
|
|
12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs, Diyono
(_______________________)
NIP. 19670317 199512 1 003
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : X
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi: 6. Mempraktikan perkemahan dan dasar-dasar
penyelamatan di lingkungan sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
***)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1. Mempraktikkan pemilihan tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan,
mempraktekkan teknik dasar pemasangan tenda untuk perkemahan di lingkungan
secara beregu, serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa
6.2.Mempraktikkan penyelamatan
dan P3K terhadap jenis luka ringan serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan
tenggang rasa
|
Pendidikan luar kelas
|
· Melakukan identifikasi
tempat untuk mendirikan tenda perke
mahan secara kelompok atau regu
· Melakukan pertolongan
(P3K) terhadap luka lecet,iris,memar,
dan tusuk secara berpasangan atau kelompo
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan identifikasi tempat
yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan
· Melakukan pertolongan (P3K)
terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk identifikasi
tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan dan pertolongan (P3K)
terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk
Aspek Afektif
· Kerjasama, tanggungjawab dan
tenggang rasa
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
·
Lakukan identifikasi lapangan
atau tempat mendirikan tenda untuk perkemahan !
·
Lakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk !
Salah satu bentuk identifikasi yang tepat
untuk tempat mendirikan tenda adalah ...
Kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa
|
2x2x45
menit
|
Buku teks,
buku referensi,
peralatan P3K dan
lingkungan
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs, Diyono
(_______________________)
NIP. 19670317 199512 1 003
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : X
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi: 7.Menerapkan budaya hidup
sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||
7.1.Memahami pola makan sehat
7.2.Memahami perlunya
keseimbangan gizi
|
Kesehatan
|
· Melakukan identifikasi makanan
yang dikonsumsi serta mengan dung
unsur zat gizi
· Melakukan identifikasi makanan
yang dikonsumsi sesuai deng an
kebutuhan tubuh
|
Aspek Psikomotor
§ Unsur-unsur makanan sehat
·
Manfaat makanan sehat
Aspek Kognitif
· Mengetahui identifikasi makanan
yang dikonsumsi serta mengan dung
unsur zat gizi dan identifikasi makanan yang dikonsumsi sesuai dengan
kebutuhan tubuh
Aspek Afektif
· Kerjasama, tanggungjawab dan
kebersihan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan identifikasi maakanan apasaja yang mengandung unsur gizi dan yang dapat dikonsumsi sesuai dengan
kebutuhan tubuh !
Unsur zat makanan yang mengandung karbohidrat,
adalah ...
a. roti
b. tomat
c.
wortel
d. bayam
Kerjasama,
tanggungjawab dan kebersihan
|
1x2x45
menit
|
Buku teks,
buku refe - rensi,ruang boga
|
|||
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
|||||||||||
Mengetahui,
Kepala Sekolah
DRS . SUGITO, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs, Diyono
(_______________________)
NIP. 19670317 199512 1 003
|
|||||||||
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar