Selasa, 03 Juli 2012

Silabus Penjaskes XII/1


PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan    
                                         Kesehatan (PJOK)
Satuan Pendidikan       : SMK 
Kelas/Semester             : XII  / 1
Nama Guru                  : Drs.Diyono.
NIP/NIK                       : 19670317 199512 1 003.
Sekolah                          : SMK NEGERI 1 BATANG 

 

SILABUS pembelajaran



Sekolah                 :   SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                     :    XII
Mata Pelajaran      :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                :    1 (Satu )
Standar Kompetensi:    1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi  
Dasar    
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

1.1.Mempraktikkan variasi dan  kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan  koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)









Sepak Bola



·   Melakuan kombinasi teknik dasar menendang menghentikan bola
   dengan  kaki bagian dalam, luar,telapak kaki, dan punggung  kaki dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau  kelompok
·    Variasi dan kombinasi tehnik dasar mengiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang   baik secara berpasa-     ngan atau kelompok
·   Bermain dengan peratu
   ran yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi

 Aspek  Psikomotor
·    Variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan koordinasi yang baik
·    Variasi dan kombinasi tehnik dasar mengiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang   baik
·   Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar menendang,  menghentikan bola, dan menggiring bola

 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman


Tes praktik
(Kinerja)





















Tes tertulis







Tes
observasi



Tes Contoh Kinerja





















Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar  observasi

Lakukan variasi dan kombinasi  menggiring, menendang,menghentikan bola dengan kaki bagian    dalam,luar,telapak kaki  dan punggung kaki
















  Bentuk gerakan yang benar saat menahan bola, adalah ....




Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman


3x2x45
menit

 Buku teks,
Buku     refernsi, bola kaki, lapangan sepakbola





















Bola voli




·    Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau ke-lompok

·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas bawah dan SMK NEGERI 1 BATANGsh tanpa awalan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau ke-lompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memu puk kerja sama

Aspek  Psikomotor
·   Variasi dan          kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah bola voli dengan koordinasi  yang baik
·   Variasi  kobinasi teknik dasar passing atas, bawah dan SMK NEGERI 1 BATANGsh tampa awalan dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.



Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan          kombinasi teknik dasar passing atas , bawah bola voli dan SMK NEGERI 1 BATANGsh

 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman


Tes praktik
(Kinerja)















Tes tertulis







Tes
observasi



Tes Contoh Kinerja















Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar  observasi

 Lakukan  variasi dankombinasi passing atas,bawah dan SMK NEGERI 1 BATANGsh  tanpa awalan dengan koordina- si yang baik












Bentuk gerakan tangan yang benar saat melakukan passing atas, adalah ....




Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman


3x2x45
menit

Buku teks,
Buku     refernsi,
Bolavoli,net, lapangan bolavoli




Bola Basket

·    Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar passing,  menggiring,shooting,dan-lay -up shoot dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau ke-lompok







·   Bermain dengan peraturan yang dimodi fikasi untuk memupuk kerja sama




 Aspek  Psikomotor
·   Variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala)  dengan koordinasi  yang baik
·   Variasi dan kombinasi teknik dasar mengiring, shooting (dengan dua tangan dari atas depan kepala) dan lay-up shoot dengan koordinasi  yang baik
·   Bermain dengan pe-raturan yang di modifik


Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing, mengiring, shooting dan lay-up shoot


Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman


Tes praktik
(Kinerja)















Tes tertulis








Tes
observasi



Tes  Contoh Kinerja















Pilihan ganda/uraian singkat






Lembar  observasi

Lakukan variasi  kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala)  dengan koordinasi  yang baik














Gerak langkah yang diperbolehkan untuk melakukan lay-up shoot adalah ...





Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman

3x2x45
menit

Buku teks,
Buku     refernsi,
Bolabasket, lapangan bolabasket

1.2  Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan tepat dan lancar  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, berbagi tempat dan peralatan**)












































































































1.3  Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan  serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan**)













































































































































1.4  Mempraktikkan  variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan benar dan lancar  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri**)



Bulu tangkis




































Tenis Meja





























 Softball

























Tennis































Lari jarak jauh























Lompat jauh gaya melenting






















Lempar cakram awalan memutar




















Lompat tinggi gaya
straddle






















Tolak peluru awalan membelakang
























Lempar lembing langkah silang
























Pencak
silat

























Karate































Judo



·   Melakukan variasi kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan

















·    Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan










·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar,menangkap memegang stick dan pukulan   swing/bunch dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok

·         Bermain dengan peraturan yang yang dimodifikasi un- tuk menanamkan nilai kerja sama






·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan










·         Melakukan teknik dasar start, lari dan finish secara berpasangan atau kelom- pok

·          Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikas untuk me- nanamkan nilai keberanian









·         Melakukan teknik dasar awalan, tolakan, dan mendarat secara berpasangan atau kelompok
·         melakukan lomba lompat  jauh dengan peraturan yang dimodifikas untuk me- nanamkan nilai keberanian









·         Melakukan tehnik dasar memegang,  posisi awal, memutar, melempar dan  gerak ikutan secara berpasangan atau  kelompok

·         Melakukan lomba lempar cakram dengan peraturan yang dimodifikasi untuk  menanamkan nilai percaya
       diri



·         Melakukan teknik dasar awalan, tolakan, sikap di atas mistar dan mendarat secara berpasangan atau kelompok
·         melakukan lomba lompat tinggi gaya straddle dengan peraturan yang dimodifikas untuk me- nanamkan nilai keberanian








·         Melakukan tehnik dasar memegang,  posisi awal, memutar, menolak dan  gerak ikutan secara berpasangan atau  kelompok

·         Melakukan lomba tolak peluru gaya membelakang dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya
       diri





·         Melakukan tehnik dasar memegang,  posisi awal, gerak awalan, langkah silang, melempar dan  gerak ikutan secara berpasangan atau  kelompok

·         Melakukan lomba lempar lembing langkah silang dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya   diri





·         Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis) secara berpasangan atau kelom    pok
·         Melakukan gerak berpasangan (sambungan)














·         Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (gerak memukul, tangkis dan menendang) secara berpasangan atau kelompok





















·         Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (langkah,jatuh dan kuncian) secara berpasangan atau kelompok
·         Melakukan gerak berpasanga

 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi


Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis , pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik

 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman







 Aspek  Psikomotor

·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang ba-ik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.




 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk  variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand

Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman



 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar ( pitcher) dan mengakap (catcher) dengan koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi


 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk-bentuk teknik variasi dan kombinasi dasar melempar, mengakap, memegang stick dan pukulan


Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat dengan teman



 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.


Aspek  Kognitif

·   Mengetahui bentuk –bentuk  variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik

 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat dengan teman



Aspek  Psikomotor

·    MelakukanTeknik dasar start, lari dan finish secara berpasangan atau kelom- pok
·    Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikasi

 Aspek  Kognitif

·   Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lari jarak jauh

 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman


Aspek  Psikomotor
·    Melakukan awalan, tolakan, dan mendarat
·    Melakukan lomba lompat  jauh dengan peraturan yang dimodifikas

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk   teknik dasar lompat jauh gaya melenting

Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman


 Aspek  Psikomotor
·    Melakukan tehnik dasar memegang,  posisi awal, memutar, melempar dan  gerak ikutan secara
·    Melakukan lomba lempar cakram dengan peraturan yang dimodifikasi

 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk  teknik dasar
lempar cakaram

 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman


Aspek  Psikomotor
·    Melakukan awalan, tolakan, sikap di atas mistar dan mendarat
·    Melakukan lomba lompat tinggi gaya straddle dengan peraturan yang dimodifikas

Aspek  Kognitif

·   Mengetahui bentuk –bentuk   teknik dasar lompat jauh gaya melenting

Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman

Aspek  Psikomotor
·    Melakukan tehnik dasar memegang,  posisi awal, memutar, menolak dan  gerak ikutan secara berpasangan
·    Melakukan lomba tolak peluru gaya membelakang dengan peraturan yang dimodifikasi

 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk  teknik dasar lempar cakaram

 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman





Aspek  Psikomotor

·    Melakukan tehnik dasar memegang,  posisi awal, gerak awalan, langkah silang, melempar dan  gerak ikutan secara berpasangan
·    Melakukan lomba lempar lembing langkah silang dengan peraturan yang dimodifikasi

 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk  teknik dasar lempar cakaram

 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman



 Aspek  Psikomotor
·    Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis)
·    Melakukan gerak berpasangan (sambungan)

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar, gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkis

Aspek Afektif
·    Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok,   keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri


 Aspek  Psikomotor

·    Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (gerak memukul, tangkis dan menendang)




Aspek  Kognitif

·    Mengetahui bentuk –bentuk  varoasi dan kombinasi teknik dasar pukulan , tangkis dan tendangan

 Aspek Afektif

·    Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok  keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri




 Aspek  Psikomotor

·    Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (langkah,jatuh dan kuncian)
·    Melakukan gerak berpasangan

 Aspek  Kognitif

·   Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinas teknik dasar gerak langkah,  jatuhan, dan kunci


 Aspek Afektif
·    Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok  menghormati lawan dan percaya diri

Tes
praktik
(Kinerja)











Tes
tertulis








Tes
observasi










Tes
praktik
(Kinerja)











Tes
tertulis






Tes
observasi







Tes
praktik
(Kinerja)








Tes
tertulis






Tes
observasi





Tes
praktik
(Kinerja)









Tes
tertulis








Tes
observasi







Tes
praktik
(Kinerja)








Tes
tertulis




Tes
observasi






Tes
praktik
(Kinerja)






Tes
tertulis





Tes
observasi






Tes
praktik
(Kinerja)








Tes
tertulis


Tes
observasi






Tes
praktik
(Kinerja)







Tes
tertulis




Tes
observasi







Tes
praktik
(Kinerja)









Tes
tertulis



Tes
observasi








Tes
praktik
(Kinerja)











Tes
tertulis



Tes
observasi






Tes
praktik
(Kinerja)







Tes
tertulis







Tes
observasi






Tes
praktik
(Kinerja)









Tes
tertulis







Tes
observasi









Tes
praktik
(Kinerja)







Tes
tertulis






Tes
observasi



Tes Contoh Kinerja












Tes tertulis/lisan








 Lembar observasi










Tes Contoh Kinerja












Tes tertulis/lisan






 Lembar observasi







Tes Contoh Kinerja









Tes tertulis/lisan






 Lembar observasi





Tes Contoh Kinerja










Tes tertulis/lisan








Lembar observasi







Tes Contoh Kinerja









Tes tertulis/lisan




Lembar observasi






Tes Contoh Kinerja








Tes tertulis/lisan



 Lembar observasi







Tes Contoh Kinerja









Tes
tertulis/lisan


Lembar observasi






Tes Contoh Kinerja








Tes tertulis/lisan




Lembar observasi







Tes  Contoh Kinerja










Tes tertulis/lisan



Lembar observasi









Tes  Contoh Kinerja











Tes tertulis/lisan



Lembar observasi






Tes Contoh Kinerja








Tes tertulis/lisan







Lembar observasi







Tes Contoh Kinerja









Tes tertulis/lisan






Lembar observasi











Tes Contoh Kinerja






Tes tertulis/lisan







Lembar observasi



·         Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik






§ Diskripsikan variasi dan kombinasi teknikdasar memegang raketforehand !






Lakukan bermain bulutangkis dengan peraturan yang dimodifikasi dan mencerminkan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, dan menghargai lawan !.



 Lakukan variasi dan Kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang ba-ik







Sebutkan bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar pukulan forehand dan backhand  !.




Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, dan menghargai lawan !.





Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar ( pitcher) dan mengakap (catcher) dengan koordinasi yang baik





 Diskripsikan teknik dasar variasi dan kombinasi melempar pada permainan softball




Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, dan menghargai lawan !.



Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan  koordinasi yang baik





Diskripsikan bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar forehand dan backhand dalam permainan tenis !.





Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, dan menghargai lawan !.





Lakukan teknik dasar start, lari dan finish lari jarak jauh !








Sebutkan teknik dasar lari jarak jauh !.




Toleransi, dan percaya diri !.






Lakukanteknik dasar awalan, tolakan, dan mendarat lompat  jauh gaya melenting






Sebutkan teknik dasar lompat jauh gaya melenting !.


Toleransi, dan percaya diri !.







Lakukan tehnik
Dasar memegang,  posisi awal, memutar, melempar dan  gerak ikutan lempar cakram awalan memutar !





Sebutkan teknik dasar lempar   cakram !.


Toleransi, dan percaya diri !.






Lakukanteknik dasar awalan, tolakan, sikap di atas mistar dan mendarat lompat  tinggi gaya straddle !





Sebutkan teknik dasar lompat tinggi  gaya straddle !.



Toleransi, dan percaya diri !.







Lakukan tehnik
Dasar memegang,  posisi awal, memutar, melempar dan  gerak ikutan lempar cakram awalan memutar !






Sebutkan teknik dasar tolak peluru !.



Toleransi, dan percaya diri !.








Lakukan tehnik
Dasar memegang,  posisi awal, gerak awalan, langkah silang, melempar dan  gerak ikutan lempar lembing langkah silang !







Sebutkan teknik dasar lempar lembing !.




Toleransi, dan percaya diri !.





Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis) dan sambung




Sebutkan bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar, gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkis



Kerjasama dengan teman dalam kelompok,   keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri




Lakukan varoasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (gerak memukul, tangkis dan menendang)






Jelaskan bentuk –bentuk  variasi dan kombinasi teknik dasar pukulan , tangkis dan tendangan



Kerjasama dengan teman dalam kelompok,   keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
.







Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (langkah,jatuh dan kuncian)
Lembar soal terlampir


Sebutkan  bentuk –bentuk variasi dan kombinas teknik dasar gerak langkah,  jatuhan, dan kunci




Kerjasama dengan teman dalam kelompok,   keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

2x2x45
menit


































2x2x45
menit





























2x2x45
menit
























2x2x45
menit





























2x2x45
meni























2x2x45
meni






















2x2x45
meni





















2x2x45
men























2x2x45
men

























2x2x45
men

























2x2x45
men


























2x2x45
men






























2x2x45
men

Buku teks, buku referensi, net, raket, sutlecokc, lapangan bulutangkis




























Buku teks,
buku refernsi, bad, bola pingpong, meja pingpong, net























Buku teks,
buku refernsi, stick, bola softball, glove




















Buku teks,
buku refernsi, raket tenis, bola tenis, net, lapangan tenis























Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, stop watch



















Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, lapangan


















Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, lapangan

















Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, lapangan



















Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, lapangan dan peluru




















Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, lapangan dan lembing



















Buku teks,
buku refernsi,
lapangan , pelindung
badan,
matras





















Buku teks,
buku refernsi,
lapangan , pelindung
badan,
matras

























Buku teks,
buku refernsi,
lapangan , pelindung
badan,
matras


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK N 1 BATANG



 (   Drs. Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 JULI  2012
Guru Mapel PJOK.




Drs .Diyono
 _______________________)
NIP.19670317 199512 1 003


SILABUS pembelajaran



Sekolah                 :   SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                     :    XII
Mata Pelajaran      :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                :    1 (Satu )
Standar Kompetensi: 2.  Mempraktikan jenis latihan beban dengan alat sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalmnya.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Mengidentifikasi jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan







Keb jasmani










·         Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah) secara berpasangan atau kelompok

·         Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki)
Secara berpasangan atau kelompok
 Aspek  Psikomotor
·    Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah)
·   Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kak
 Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah
Aspek Afektif
·    Semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri

Tes praktik
(Kinerja)





Tes tertulis


Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja






Pilihan ganda/uraian singkat

Lembar  observasi

Lakukan bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah serta latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki)

·    Sebutkan bentuk –bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah !

Semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri

2x2x45
menit








 Buku teks,  buku refe-rensi, lapa- ngan,mat ras




  2..2  Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana  serta nilai semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri

Keb. jasmani

·   Melakukan latihan kekuatan     dan daya tahan otot paha dan   kaki secara berpasangan atau   kelompok





·   Melakukan lomba kecepatan dan kelincahan    dengan  peraturan yang di modifikasi untuk  menanamkan      nilai disiplin dan  tanggung jawab



Aspek  Psikomotor
·    Melakukan  bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah)
·   Melakukan bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki
·    Melakukan  bentuk latihan untuk kecepatan (untuk otot badan bagian atas dan bawah)
 Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah

Aspek Afektif
·    Semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri

Tes praktik
(Kinerja)







Tes tertulis



Tes
observasi

Tes Contoh  Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat


Lembar  observasi

Lakukan bentuk latihan daya tahan,kekuatan dan kecepatan







 
Sebutkan bentuk –bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah  !

Semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri




v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG



    Drs Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 JULI  2012
Guru Mapel PJOK.




Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003


SILABUS pembelajaran



Sekolah                 :   SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                     :    XII
Mata Pelajaran      :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                :    1 (Satu )
Standar Kompetensi: 3.Mempraktikan rangkaian gerak senam lantai dengan gerakan yang benar dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

3.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat  serta nilai percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan


 Senam lantai

·         Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan secara  berpasangan atau
kelompok unt- uk menanamkan nilai keberanian dan keselamatan

 Aspek  Psikomotor
·         Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan
 Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan (bertumpu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan
Aspek Afektif
·    Percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan


Tes praktik
(Kinerja)



Tes tertulis




Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja




Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi

Lakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan

Sebutkan bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan (bertumpu pada kaki)



Percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan


2x2x45
menit

 Buku teks,  buku refe-rensi, lapangan,mat ras

  3.2  Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai , serta nilai keberanian, kedisiplinan, keluwesan dan estetika

 Senam lantai

·         Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting secara  berpasangan atau kelompok unt- uk menanamkan nilai keberanian dan keselamatan

 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting
 Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting

 Aspek Afektif
·    Percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan

Tes praktik
(Kinerja)




Tes tertulis




Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja





Pilihan ganda/uraian singkat


Lembar  observasi

Lakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting

Sebutkan bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki)

Percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan



v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG



    Drs Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 JULI  2012
Guru Mapel PJOK.




Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003

SILABUS pembelajaran



Sekolah                 :   SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                     :    XII
Mata Pelajaran      :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                :    1 (Satu )
Standar Kompetensi:  4. Mempraktikan rangkaian gerak teknik senam irama tanpa dan dengan alat serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

 4.1 Mempraktikkan rangkaian  aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang baik  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika


 Senam irama tanpaalat

·         Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik
secara berpasangan atau kelom pok untuk menanamkan nilai    estetika

  Aspek  Psikomotor
·    Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik

  Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki

  Aspek Afektif
·    Disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika


Tes praktik
(Kinerja)





Tes tertulis





Tes
observasi

Tes  Contoh  Kinerja






Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar  observasi

Lakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik



·   Jelaskan bentuk –bentuk gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki !.

Disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika


2x2x45
menit

 Buku teks,  buku refe-rensi, lapangan,     tongkat,tape
4.2  Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik berirama menggunakan alat dengan koordinasi gerak  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika

Senam irama dengan alat (tongkat )








·         Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik
      secara berpasangan atau kelom    pok untuk menanamkan nilai    estetika

  Aspek  Psikomotor
·    Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik

   Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar mengayun dengan tongkat kedepan,samping dan belakang badan, diikuti dengan gerak melangkah

  Aspek Afektif
·    Disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika


Tes praktik
(Kinerja)







Tes tertulis








Tes
observasi

Tes  Contoh  Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat







Lembar  observasi

 Lakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik




Sebutkan bentuk –bentuk tehnik dasar mengayun dengan tongkat kedepan,samping dan belakang badan, diikuti dengan gerak melangkah


Disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika














v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

 

 

Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG



    Drs Sugito
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 JULI  2012
Guru Mapel PJOK.




Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003

SILABUS pembelajaran



Sekolah                 :   SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                     :    XII
Mata Pelajaran      :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                :    1 (Satu )
Standar Kompetensi:  11.Mempraktikan teknik dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

Renag gaya    pung
gung







·         Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung secara berpasangan atau ke- lompok untuk menanamkan nilai ke- beranian dan kebersihan



 Aspek  Psikomotor
·    Melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas
 Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar  gerakan kaki renang gaya bebas
·          Aspek Afektif
·    Disiplin, keberanian dan kebersihan


Tes praktik
(Kinerja)

Tes tertulis


Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja


Pilihan ganda/uraian singkat

Lembar  observasi

Lakukani gerakan kaki renang gaya bebas dan observ.

·    Jelaskan tehnik dasar  gerakan kaki renang gaya bebas !.

Disiplin, keberanian dan kebersihan

2x2x45
menit









 Buku teks,  buku refe-rensi, kolam -renang



5.2  Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan









·         Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung secara berpasangan untuk me-nanamkan nilai keberan ian dan kebersihan



 Aspek  Psikomotor
·    Melakukan teknik dasar gerakan  lengan renang gaya be-bas
 Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar gerakan lengan renang gaya bebas
 Aspek Afektif
·    Disiplin, keberanian dan kebersihan
Tes praktik
(Kinerja)


Tes tertulis



Tes
observasi
Tes Contoh Kinerja



Pilihan ganda/uraian singkat


Lembar  observasi
Lakukan gerakan lengan renang gaya bebas dan observ.


·    Jelaskan  tehnik dasar gerakan lengan renang gaya bebas !.


Disiplin, keberanian dan kebersihan


5.3  Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya punggung  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan



·         Melakukan teknik dasar pernafasan renang gaya punggung secara berpasangan untuk me-nanamkan nilai keberan ian dan kebersihan

 Aspek  Psikomotor
·    Melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya be-bas
 Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar pernapasan renang gaya bebas
 Aspek Afektif
·    disiplin, keberanian dan kebersihan


Tes praktik
(Kinerja)


Tes tertulis



Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja



Pilihan ganda/uraian singkat


Lembar  observasi

Lakukan gerakan pernafasan renang gaya bebas dan observ.

·    Jelaskan  tehnik dasar pernapasan renang gaya bebas !


Disiplin, keberanian dan kebersihan



v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )



Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG



   Drs.Sugito,Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 JULI  2012
Guru Mapel PJOK.




Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003




SILABUS pembelajaran



Sekolah                 :   SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                     :    XII
Mata Pelajaran      :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                :    1 (Satu )
Standar Kompetensi:  6.Mempraktikan dasar-dasar penjelajahan di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instru
men
Contoh
Instrumen

6.1  Mempraktikkan rencana kegiatan penjelajahan



Pendidikan luar kelas

·         Melakukan pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas (perencanan yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi tempat kegiatan) secara kelompok

 Aspek  Psikomotor
·   Pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas (perencanan yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi tempat kegiatan) secara kelompok

 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui Pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas
 Aspek Afektif
·    kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika

Tes praktik
(Kinerja)










Tes tertulis





Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja











Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar  observasi

Lakukan pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajah-an dan observ.









Sebutkan cara pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas !

Kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika

1x2x45
menit

 Buku teks,  buku refe-rensi, ling- kungan,obat  dan perala- tan P3K

 6.2 Mempraktikkan berbagai keterampilan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas  serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika

Pendidikan luar kelas

·          Melakukan ketrampilan dasar mempertahankan hidup
  1. Kompas dan peta
  2. Mencari makanan dan minuman
  3. Mendapatan air dengan proses kondensasi
  4. Penyulinagn dengan matahari(soal still)
  5. Air dari tanaman




 Aspek  Psikomotor
·    Keterampilan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas

 Aspek  Kognitif

·    Mengetahui cara memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas

 Aspek Afektif

·    Kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika

Tes praktik
(Kinerja)





Tes tertulis









Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja






Pilihan ganda/uraian singkat








Lembar  observasi

Lakukan Ketrampilan dasar mempertahankan hidup





·    Sebutkan cara memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas !.





Kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG



   Drs Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 JULI  2012
Guru Mapel PJOK.




Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003


SILABUS pembelajaran



Sekolah                 :  SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                     :    XII
Mata Pelajaran      :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                :    1 (Satu )
Standar Kompetensi :  7. Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Melakukan iden-tifikasi

Kesehatan
·         Melakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka) secara berkelompok



 Aspek  Psikomotor
·    Melakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka)

 Aspek  Kognitif
·    Mengetahui peyebab kebakaran


Aspek Afektif
·    Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, dan kebersihan
Tes praktik
(Kinerja)





Tes tertulis



Tes
observasi
Tes Contoh Kinerja






Pilihan ganda/uraian singkat


Lembar  observasi
Lakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka)
 Lembar soal terlampir


Sebutkan peyebab kebakaran !.



Kerjasama, kekompakan dan kedisiplinan !.

1x2x45
menit

 Buku teks,  buku refe-rensi,ling -  kungan
7.2 Melakukan cara menghindari    bahaya keba - karan
Kesehatan
·         Melakukan pencegahan bahaya kebakaran (pencegahan terhadap penyebab, perlengkapan pemadam kebakaran


 Aspek  Psikomotor
·    Identifikasi cara pencegahan bahaya kebakaran
 Aspek  Kognitif
·    Mengetahui cara menghindari bahaya kebakaran

 Aspek Afektif
·    Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan dan kebersihan


Tes praktik
(Kinerja)

Tes tertulis




Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja


Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi

Lakukanidentifikasi cara pencegahan bahaya kebakaran


·    Sebutkan cara menghindari bahaya kebakaran !


Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan dan kebersihan




v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG



   Drs.Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 JULI  2012
Guru Mapel PJOK.




Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar