PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS
PEMBELAJARAN
SILABUS pembelajaran
Sekolah : SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : XII
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (Satu )
Standar Kompetensi: 1. Mempraktikan berbagai teknik dasar
permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1.Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan
dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai
lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
|
Sepak Bola
|
· Melakuan
kombinasi teknik dasar menendang menghentikan bola
dengan
kaki bagian dalam, luar,telapak kaki, dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik secara
berpasangan atau kelompok
· Variasi dan kombinasi tehnik dasar mengiring dan menghentikan bola
dengan punggung kaki dan koordinasi yang
baik secara berpasa- ngan
atau kelompok
· Bermain dengan
peratu
ran yang dimodifikasi untuk memupuk kerja
sama dan toleransi
|
Aspek
Psikomotor
·
Variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola
mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki
dengan koordinasi yang baik
·
Variasi dan kombinasi tehnik dasar mengiring dan menghentikan bola dengan
punggung kaki dan koordinasi yang
baik
· Bermain bola dengan peraturan
yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi
teknik dasar menendang, menghentikan
bola, dan menggiring bola
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan variasi dan kombinasi menggiring, menendang,menghentikan bola
dengan kaki bagian
dalam,luar,telapak kaki dan
punggung kaki
Bentuk gerakan yang benar saat menahan
bola, adalah ....
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
|
3x2x45
menit
|
Buku teks,
Buku refernsi, bola kaki, lapangan sepakbola
|
|
Bola voli
|
· Melakuan variasi dan kombinasi teknik
dasar passing atas dan bawah dengan koordinasi yang baik secara berpasangan
atau ke-lompok
· Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas bawah dan SMK NEGERI 1 BATANGsh
tanpa awalan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau ke-lompok
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi untuk memu puk kerja sama
|
Aspek
Psikomotor
·
Variasi dan
kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah bola voli dengan
koordinasi yang baik
·
Variasi
kobinasi teknik dasar passing atas, bawah dan SMK NEGERI 1 BATANGsh
tampa awalan dengan koordinasi yang
baik
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas
, bawah bola voli dan SMK NEGERI 1 BATANGsh
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan
variasi dankombinasi passing atas,bawah dan SMK NEGERI 1 BATANGsh tanpa awalan dengan koordina- si yang baik
Bentuk gerakan tangan yang benar saat melakukan
passing atas, adalah ....
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
|
3x2x45
menit
|
Buku
teks,
Buku refernsi,
Bolavoli,net,
lapangan bolavoli
|
|
Bola Basket
|
· Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar
passing, menggiring,shooting,dan-lay
-up shoot dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau ke-lompok
· Bermain dengan
peraturan yang dimodi fikasi untuk memupuk kerja sama
|
Aspek
Psikomotor
· Variasi dan
kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala) dengan koordinasi yang baik
· Variasi dan
kombinasi teknik dasar mengiring, shooting (dengan dua tangan dari atas depan
kepala) dan lay-up shoot dengan koordinasi
yang baik
·
Bermain dengan pe-raturan yang di modifik
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi
teknik dasar passing, mengiring, shooting dan lay-up shoot
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan
variasi kombinasi teknik dasar passing
(dada, pantul dan dari atas kepala)
dengan koordinasi yang baik
Gerak langkah yang diperbolehkan untuk melakukan lay-up
shoot adalah ...
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
|
3x2x45
menit
|
Buku
teks,
Buku refernsi,
Bolabasket,
lapangan bolabasket
|
1.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan
tepat dan lancar serta nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, berbagi tempat
dan peralatan**)
1.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik
lanjutan serta nilai toleransi,
percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan**)
1.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah
satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan benar dan lancar serta nilai keberanian, kejujuran,
menghormati lawan dan percaya diri**)
|
Bulu tangkis
Tenis Meja
Softball
Tennis
Lari jarak jauh
Lompat jauh gaya melenting
Lempar cakram awalan memutar
Lompat tinggi gaya
straddle
Tolak peluru awalan membelakang
Lempar lembing langkah silang
Pencak
silat
Karate
Judo
|
· Melakukan variasi
kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan
pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai
lawan
· Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
memegang bat forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi
yang baik secara berpasangan atau kelompok
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai
lawan
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
melempar,menangkap memegang stick dan pukulan swing/bunch dengan koordinasi yang baik
secara berpasangan atau kelompok
·
Bermain dengan peraturan yang yang dimodifikasi un- tuk
menanamkan nilai kerja sama
· Melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan
forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau
kelompok
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk
menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan
·
Melakukan teknik dasar start, lari dan finish secara
berpasangan atau kelom- pok
·
Melakukan lomba
lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikas untuk me- nanamkan nilai
keberanian
·
Melakukan teknik dasar awalan, tolakan, dan mendarat
secara berpasangan atau kelompok
·
melakukan lomba lompat
jauh dengan peraturan yang dimodifikas untuk me- nanamkan nilai
keberanian
·
Melakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, memutar, melempar dan gerak ikutan secara berpasangan atau kelompok
·
Melakukan lomba lempar cakram dengan peraturan yang
dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya
diri
·
Melakukan teknik dasar awalan, tolakan, sikap di atas
mistar dan mendarat secara berpasangan atau kelompok
·
melakukan lomba lompat tinggi gaya straddle dengan
peraturan yang dimodifikas untuk me- nanamkan nilai keberanian
·
Melakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, memutar, menolak dan gerak ikutan secara berpasangan atau kelompok
·
Melakukan lomba tolak peluru gaya membelakang dengan
peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya
diri
·
Melakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, gerak awalan, langkah silang,
melempar dan gerak ikutan secara
berpasangan atau kelompok
·
Melakukan lomba lempar lembing langkah silang dengan
peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya diri
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan
benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis) secara berpasangan atau
kelom pok
·
Melakukan gerak berpasangan (sambungan)
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan
benar (gerak memukul, tangkis dan menendang) secara berpasangan atau kelompok
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan
benar (langkah,jatuh dan kuncian) secara berpasangan atau kelompok
·
Melakukan gerak berpasanga
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik
dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan
forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
·
Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan
servis , pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik
dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand
dengan koordinasi yang ba-ik
·
Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi.
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang
bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik
dasar melempar ( pitcher) dan mengakap (catcher) dengan koordinasi yang baik
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk-bentuk teknik variasi
dan kombinasi dasar melempar, mengakap, memegang stick dan pukulan
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam
kelompok dan berbagi tempat dengan
teman
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik
dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand
dengan koordinasi yang baik
·
Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi.
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang
raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan
koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat dengan teman
Aspek Psikomotor
·
MelakukanTeknik dasar start, lari dan finish secara
berpasangan atau kelom- pok
·
Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar
lari jarak jauh
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
· Melakukan awalan,
tolakan, dan mendarat
· Melakukan lomba
lompat jauh dengan peraturan yang
dimodifikas
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lompat jauh gaya melenting
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, memutar, melempar dan gerak ikutan secara
·
Melakukan lomba lempar cakram dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar
lempar cakaram
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam
kelompok dan berbagi tempat serta
peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
· Melakukan awalan,
tolakan, sikap di atas mistar dan mendarat
· Melakukan lomba lompat
tinggi gaya straddle dengan peraturan yang dimodifikas
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lompat jauh gaya melenting
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, memutar, menolak dan gerak ikutan secara berpasangan
·
Melakukan lomba tolak peluru gaya membelakang dengan
peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lempar cakaram
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam
kelompok dan berbagi tempat serta
peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, gerak awalan, langkah silang,
melempar dan gerak ikutan secara
berpasangan
·
Melakukan lomba lempar lembing langkah silang dengan
peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lempar cakaram
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam
kelompok dan berbagi tempat serta
peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan
benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis)
·
Melakukan gerak berpasangan (sambungan)
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik
dasar, gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkis
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian, kejujuran, menghormati lawan
dan percaya diri
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan
tepat (gerak memukul, tangkis dan menendang)
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk varoasi dan kombinasi teknik dasar pukulan
, tangkis dan tendangan
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok keberanian, kejujuran, menghormati lawan
dan percaya diri
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan
tepat (langkah,jatuh dan kuncian)
·
Melakukan gerak berpasangan
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinas teknik
dasar gerak langkah, jatuhan, dan
kunci
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok menghormati lawan dan percaya diri
|
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Tes tertulis/lisan
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Tes tertulis/lisan
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Tes tertulis/lisan
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Tes tertulis/lisan
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Tes tertulis/lisan
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Tes tertulis/lisan
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Tes
tertulis/lisan
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Tes tertulis/lisan
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Tes tertulis/lisan
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Tes tertulis/lisan
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Tes tertulis/lisan
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Tes tertulis/lisan
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Tes tertulis/lisan
Lembar observasi
|
·
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang
raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta
backhand dengan koordinasi yang baik
§ Diskripsikan variasi dan
kombinasi teknikdasar memegang raketforehand !
Lakukan bermain bulutangkis dengan peraturan yang
dimodifikasi dan mencerminkan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, dan menghargai lawan !.
Lakukan variasi
dan Kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan
forehand serta backhand dengan koordinasi yang ba-ik
Sebutkan bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar
pukulan forehand dan backhand !.
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, dan
menghargai lawan !.
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar (
pitcher) dan mengakap (catcher) dengan koordinasi yang baik
Diskripsikan
teknik dasar variasi dan kombinasi melempar pada permainan softball
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, dan
menghargai lawan !.
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang
raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
Diskripsikan bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar
forehand dan backhand dalam permainan tenis !.
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, dan menghargai
lawan !.
Lakukan teknik dasar start, lari dan finish lari jarak
jauh !
Sebutkan teknik dasar lari jarak jauh !.
Toleransi, dan percaya diri !.
Lakukanteknik dasar awalan, tolakan, dan mendarat
lompat jauh gaya melenting
Sebutkan teknik dasar lompat jauh gaya melenting !.
Toleransi, dan percaya diri !.
Lakukan tehnik
Dasar memegang,
posisi awal, memutar, melempar dan
gerak ikutan lempar cakram awalan memutar !
Sebutkan teknik dasar lempar cakram !.
Toleransi, dan percaya diri !.
Lakukanteknik dasar awalan, tolakan, sikap di atas
mistar dan mendarat lompat tinggi gaya
straddle !
Sebutkan teknik dasar lompat tinggi gaya straddle !.
Toleransi, dan percaya diri !.
Lakukan tehnik
Dasar memegang,
posisi awal, memutar, melempar dan
gerak ikutan lempar cakram awalan memutar !
Sebutkan teknik dasar tolak peluru !.
Toleransi, dan percaya diri !.
Lakukan tehnik
Dasar memegang,
posisi awal, gerak awalan, langkah silang, melempar dan gerak ikutan lempar lembing langkah silang
!
Sebutkan teknik dasar lempar lembing !.
Toleransi, dan percaya diri !.
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar
(kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis) dan sambung
Sebutkan bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik
dasar, gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkis
Kerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian, kejujuran, menghormati lawan
dan percaya diri
Lakukan varoasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat
(gerak memukul, tangkis dan menendang)
Jelaskan bentuk –bentuk
variasi dan kombinasi teknik dasar pukulan , tangkis dan tendangan
Kerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian, kejujuran, menghormati lawan
dan percaya diri
.
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat
(langkah,jatuh dan kuncian)
Lembar soal terlampir
Sebutkan bentuk
–bentuk variasi dan kombinas teknik dasar gerak langkah, jatuhan, dan kunci
Kerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan
percaya diri
|
2x2x45
menit
2x2x45
menit
2x2x45
menit
2x2x45
menit
2x2x45
meni
2x2x45
meni
2x2x45
meni
2x2x45
men
2x2x45
men
2x2x45
men
2x2x45
men
2x2x45
men
2x2x45
men
|
Buku teks, buku referensi, net, raket, sutlecokc,
lapangan bulutangkis
Buku teks,
buku refernsi, bad, bola pingpong, meja pingpong, net
Buku teks,
buku refernsi, stick, bola softball, glove
Buku teks,
buku refernsi, raket tenis, bola tenis, net, lapangan
tenis
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, stop watch
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, lapangan
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, lapangan
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, lapangan
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, lapangan dan peluru
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, lapangan dan lembing
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan , pelindung
badan,
matras
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan , pelindung
badan,
matras
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan , pelindung
badan,
matras
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK N 1 BATANG
( Drs.
Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
12 JULI 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs .Diyono
_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : XII
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (Satu )
Standar
Kompetensi: 2. Mempraktikan jenis
latihan beban dengan alat sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalmnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Mengidentifikasi
jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan
|
Keb jasmani
|
·
Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan
(untuk badan bagian atas dan bawah) secara berpasangan atau kelompok
·
Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan,
lengan,pinggang, lutut dan kaki)
Secara berpasangan atau kelompok
|
Aspek
Psikomotor
·
Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan
(untuk badan bagian atas dan bawah)
· Melakukan identifikasi bentuk
latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut
dan kak
Aspek
Kognitif
· Mengetahui bentuk –bentuk
latihan untuk kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah
Aspek Afektif
· Semangat, tanggung jawab,
disiplin, dan percaya diri
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan
(untuk badan bagian atas dan bawah serta latihan untuk kelentukan (
persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki)
· Sebutkan bentuk –bentuk latihan
untuk kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah !
Semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, lapa- ngan,mat ras
|
2..2 Mempraktikkan
latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani
sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana serta nilai semangat, tanggung jawab,
disiplin, dan percaya diri
|
Keb. jasmani
|
·
Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan otot paha dan kaki secara berpasangan atau kelompok
·
Melakukan lomba kecepatan dan kelincahan dengan
peraturan yang di modifikasi untuk
menanamkan nilai disiplin
dan tanggung jawab
|
Aspek
Psikomotor
· Melakukan bentuk latihan untuk kekuatan dan daya
tahan (untuk badan bagian atas dan bawah)
·
Melakukan bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan,
lengan,pinggang, lutut dan kaki
· Melakukan bentuk latihan untuk kecepatan (untuk otot
badan bagian atas dan bawah)
Aspek
Kognitif
· Mengetahui bentuk –bentuk
latihan untuk kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah
Aspek Afektif
· Semangat, tanggung jawab,
disiplin, dan percaya diri
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan bentuk latihan daya tahan,kekuatan dan
kecepatan
Sebutkan bentuk –bentuk latihan untuk kekuatan dan daya
tahan badan bagian atas dan bawah !
Semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
|
|
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG
Drs Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
12 JULI 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : SMK
NEGERI 1 BATANG
Kelas : XII
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (Satu )
Standar
Kompetensi: 3.Mempraktikan rangkaian gerak senam lantai dengan gerakan yang
benar dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Mempraktikkan rangkaian
senam lantai tanpa alat serta nilai
percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan
|
Senam lantai
|
·
Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu pada kaki) dilanjutkan
denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan
secara berpasangan atau
kelompok unt- uk menanamkan nilai keberanian dan
keselamatan
|
Aspek
Psikomotor
·
Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada kaki) dilanjutkan
denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan
Aspek
Kognitif
· Mengetahui bentuk –bentuk gerak
rangkai keseimbangan (bertumpu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan
dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan
Aspek Afektif
· Percaya diri, kerja sama,
disiplin, keberanian, dan keselamatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada
kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling
kedepan
Sebutkan bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan
(bertumpu pada kaki)
Percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan
keselamatan
|
2x2x45
menit
|
Buku teks,
buku refe-rensi, lapangan,mat ras
|
3.2
Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai , serta nilai
keberanian, kedisiplinan, keluwesan dan estetika
|
Senam lantai
|
·
Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan
dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting secara berpasangan atau kelompok unt- uk
menanamkan nilai keberanian dan keselamatan
|
Aspek
Psikomotor
·
Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan
dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting
Aspek
Kognitif
· Mengetahui bentuk –bentuk gerak
rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak
berguling kedepan dan bergerak guling lenting
Aspek
Afektif
· Percaya diri, kerja sama,
disiplin, keberanian, dan keselamatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan gerak rangkai keseimbangan
(bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan
bergerak guling lenting
Sebutkan bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan
(bertumpu selain kaki)
Percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan
keselamatan
|
|
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG
Drs Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
12 JULI 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : XII
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (Satu )
Standar Kompetensi: 4. Mempraktikan rangkaian gerak teknik senam
irama tanpa dan dengan alat serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik tanpa alat dengan
koordinasi gerak yang baik serta nilai
disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
|
Senam irama tanpaalat
|
·
Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan
koordinasi yang baik
secara berpasangan atau kelom
pok untuk menanamkan nilai estetika
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan
koordinasi yang baik
Aspek
Kognitif
· Mengetahui bentuk –bentuk gerak
rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki
Aspek Afektif
·
Disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh
Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak
langkah kaki dengan koordinasi yang baik
· Jelaskan bentuk –bentuk gerak
rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki !.
Disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, lapangan, tongkat,tape
|
4.2 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik
berirama menggunakan alat dengan koordinasi gerak serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan,
dan estetika
|
Senam
irama dengan alat (tongkat )
|
·
Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan
gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik
secara berpasangan atau kelom
pok untuk menanamkan nilai
estetika
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak
langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik
Aspek
Kognitif
· Mengetahui bentuk –bentuk
tehnik dasar mengayun dengan tongkat kedepan,samping dan belakang badan,
diikuti dengan gerak melangkah
Aspek
Afektif
·
Disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh
Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan gerak rangkai mengayun tongkat
depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik
Sebutkan bentuk –bentuk tehnik dasar mengayun dengan
tongkat kedepan,samping dan belakang badan, diikuti dengan gerak melangkah
Disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika
|
|
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG
Drs Sugito
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
12 JULI 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : XII
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (Satu )
Standar
Kompetensi: 11.Mempraktikan teknik dasar
renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1 Mempraktikkan teknik dasar
gerakan kaki renang gaya punggung
serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
|
Renag gaya pung
gung
|
·
Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung secara
berpasangan atau ke- lompok untuk menanamkan nilai ke- beranian dan
kebersihan
|
Aspek
Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar
gerakan kaki renang gaya bebas
·
Aspek Afektif
·
Disiplin, keberanian dan kebersihan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukani gerakan kaki renang gaya bebas dan
observ.
·
Jelaskan tehnik dasar gerakan kaki
renang gaya bebas !.
Disiplin, keberanian dan kebersihan
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, kolam -renang
|
5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan
renang gaya punggung serta nilai
disiplin, keberanian dan kebersihan
|
|
·
Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung secara
berpasangan untuk me-nanamkan nilai keberan ian dan kebersihan
|
Aspek
Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya be-bas
Aspek
Kognitif
· Mengetahui bentuk –bentuk
tehnik dasar gerakan lengan renang gaya bebas
Aspek Afektif
·
Disiplin, keberanian dan kebersihan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan gerakan lengan renang gaya bebas dan
observ.
· Jelaskan tehnik dasar gerakan lengan renang gaya
bebas !.
Disiplin, keberanian dan kebersihan
|
|
|
5.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan
renang gaya punggung serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
|
|
·
Melakukan teknik dasar pernafasan renang gaya punggung secara berpasangan
untuk me-nanamkan nilai keberan ian dan kebersihan
|
Aspek
Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya be-bas
Aspek
Kognitif
· Mengetahui bentuk –bentuk
tehnik dasar pernapasan renang gaya bebas
Aspek Afektif
·
disiplin, keberanian dan kebersihan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan gerakan pernafasan renang gaya bebas dan
observ.
· Jelaskan tehnik dasar pernapasan renang gaya bebas !
Disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
|
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG
Drs.Sugito,Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
12 JULI 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : XII
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (Satu )
Standar
Kompetensi: 6.Mempraktikan dasar-dasar
penjelajahan di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instru
men
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Mempraktikkan rencana kegiatan penjelajahan
|
Pendidikan luar kelas
|
·
Melakukan pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan
dialam bebas (perencanan yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi tempat
kegiatan) secara kelompok
|
Aspek
Psikomotor
·
Pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas
(perencanan yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi tempat kegiatan)
secara kelompok
Aspek
Kognitif
· Mengetahui Pembuatan
perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas
Aspek Afektif
·
kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan
penjelajah-an dan observ.
Sebutkan cara pembuatan perencanaan, dasar-dasar
kegiatan penjelajahan dialam bebas !
Kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika
|
1x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, ling- kungan,obat dan perala- tan P3K
|
6.2 Mempraktikkan berbagai keterampilan untuk
memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam
bebas serta nilai kerjasama, disiplin,
keselamatan, kebersihan, dan etika
|
Pendidikan luar kelas
|
·
Melakukan ketrampilan dasar mempertahankan
hidup
|
Aspek
Psikomotor
· Keterampilan untuk memecahkan
masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui cara memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas
penjelajahan di alam bebas
Aspek Afektif
·
Kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan Ketrampilan dasar mempertahankan hidup
·
Sebutkan cara memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas
penjelajahan di alam bebas !.
Kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika
|
|
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG
Drs Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
12 JULI 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : XII
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (Satu )
Standar
Kompetensi : 7. Menerapkan budaya hidup
sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Melakukan
iden-tifikasi
|
Kesehatan
|
·
Melakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah
terbakar, nyala api terbuka) secara berkelompok
|
Aspek
Psikomotor
·
Melakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah
terbakar, nyala api terbuka)
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui peyebab kebakaran
Aspek
Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, dan
kebersihan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat
yang mudah terbakar, nyala api terbuka)
Lembar soal terlampir
Sebutkan peyebab kebakaran !.
Kerjasama, kekompakan dan kedisiplinan !.
|
1x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi,ling - kungan
|
7.2 Melakukan cara menghindari
bahaya keba - karan
|
Kesehatan
|
·
Melakukan pencegahan bahaya kebakaran (pencegahan terhadap penyebab,
perlengkapan pemadam kebakaran
|
Aspek
Psikomotor
·
Identifikasi cara pencegahan bahaya kebakaran
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui cara menghindari bahaya kebakaran
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan dan
kebersihan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukanidentifikasi cara pencegahan bahaya kebakaran
·
Sebutkan cara menghindari bahaya kebakaran !
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok,
kedisiplinan dan kebersihan
|
|
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG
Drs.Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
12 JULI 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar