Selasa, 03 Juli 2012

Silabus Penjaskes XII/2


PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan    
                                         Kesehatan (PJOK)
Satuan Pendidikan       : SMK
Kelas/Semester             : XII  / 2
Nama Guru                  : Drs.Diyono
NIP/NIK                       : 196703 199512 1 003.
         Sekolah                       : .SMK NEGERI 1 BATANG 

 

SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :   SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                             :    XII
Mata Pelajaran              :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :    2 (Dua)
Standar Kompetensi:    8. Mengembangkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

8.1.Mempraktikkan variasi dan  kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan  tepat dan lancar serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)




Sepak Bola



·         Melakuan Variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan dan punggung kaki dengan tepat dan lancar
secara berpasangan atau
kelompok


·         Bermain dengan peratu
ran yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi

  Aspek  Psikomotor
·    Variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan dan punggung kaki dengan tepat dan lancar
·    Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi

  Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk Variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan dan punggung kaki dengan tepat dan lancar

  Aspek Afektif
·    Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Tes praktik
(Kinerja)















Tes tertulis














Tes
observasi

Tes  Contoh  Kinerja
















Pilihan ganda/uraian singkat













Lembar  observasi

Lakukan variasi dan kombinasi  menggiring, menendang,menghentikan bola dengan kaki bagian    dalam,luar,telapak kaki  dan punggung kaki dengan tepat dan lancar
Lembar soal terlampir









·    Sebutkan 2 bentuk Variasi dan kombinasi tehnik dasar menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam serta menahan bola dengan telapak kaki !.






Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

3x2x45
menit

Buku teks,
Buku     refernsi, bola kaki, lapangan sepakbola



Bola voli




·    Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas, bawah dan SMK NEGERI 1 BATANGsh tampa awalan bola voli dengan tepat secara berpasangan atau ke-lompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memu puk kerja sama


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dank ombinasi teknik dasar passing atas, bawah dan SMK NEGERI 1 BATANGsh tampa awalan bola voli

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi tehnik dasar passing atas, bawah dan SMK NEGERI 1 BATANGsh tampa awalan bola voli

 Aspek Afektif
·   Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Tes praktik
(Kinerja)







Tes tertulis






Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar  observasi

Lakukan variasi dank ombinasi teknik dasar passing atas, bawah dan SMK NEGERI 1 BATANGsh tanpa awalan







Sebutksn 2 bentuk  variasi dan kombinasi tehnik dasar passing atas, bawah dan SMK NEGERI 1 BATANGsh tampa awalan pada permainan bola voli !



Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

3x2x45
menit








Buku teks,
Buku     refernsi,
Bolavoli,net, lapangan bolavoli





 Bola Basket

·   Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar passing,  menggiring,shooting,dan-lay -up shoot dengan dengan tepat secara berpasangan atau ke-lompok



·   Bermain dengan peraturan yang dimodi fikasi untuk memupuk kerja

Aspek  Psikomotor
·         Variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala mengiring, shooting dengan dua tangan dari atas depan kepala dan lay-up shoot) 
·         Bermain dengan pe-raturan yang di modifik

Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk Variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala mengiring, shooting dengan dua tangan dari atas depan kepala dan lay-up shoot) 

Aspek Afektif
·         Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Tes praktik
(Kinerja)
                       










Tes tertulis











Tes
observasi

Tes  Contoh Kinerja












Pilihan ganda/uraian singkat










Lembar  observasi

Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala mengiring, shooting dengan dua tangan dari atas depan kepala dan lay-up shoot) 








Jelaskan salah satu bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing, menggiring dan shooting dalam permainan bola basket !







Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

3x2x45
menit

Buku teks,
Buku     refernsi,
Bolabasket, lapangan bolabasket

8.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan  tepat  dan lancar serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)




Bulu tangkis

·   Melakukan variasi  dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan  tepat secara berpasangan atau kelompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan



Aspek  Psikomotor
·         Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan tepat
·         Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand

  Aspek Afektif
·         Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Tes praktik
(Kinerja)
                       











Tes tertulis









Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja













Pilihan ganda/uraian singkat








Lembar  observasi

Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memeang raket forehand dan backhand untuk melakukan    servis dan pukulan forehand dan backhand !








Sebutkan 2 bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand !



Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

2x2x45 menit

Buku teks,
buku refernsi,bulu-tangkis, net, raket,  sutlecokc, lapangan bulutangkis.


Tenis Meja

































 Tennis














·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan tepat secara berpasangan atau kelompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan











·         Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar (memegang raket,servis dan pukulan) secara berpasang- an atau kelompok



·         Bermain tenis  dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanam kan nilai percaya diri




Aspek  Psikomotor
·         Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan tepat
·         Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.

Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan tepat

Aspek Afektif
·         Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Aspek  Psikomotor
·    Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (memegang raket,servis dan pukulan)
·    Bermain tenis  dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar  (memegang raket,servis dan pukulan)

 Aspek Afektif
·   Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Tes praktik
(Kinerja)
                       









Tes tertulis









Tes
observasi







Tes praktik
(Kinerja)
                       








Tes tertulis






Tes
observasi






Tes Contoh Kinerja











Pilihan ganda/uraian singkat








Lembar  observasi







Tes Contoh Kinerja










Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar  observasi

Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand








Sebutkan salah satu bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dengan
Tepat !.





Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan





Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (memegang raket,servis dan pukulan) !







Sebukan bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar  memegang raket untuk servis ?.




Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
2x2x45 menit




















2x2x45 menit

Buku teks,
buku refernsi, bad, bola pingpong, meja pingpong, net














Buku teks,
buku refernsi, raket tenis, bola tenis, net, lapangan tenis




Softball


·          Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar  (memegang bat,melempar tangkapan dan pukulan) secara  berpasangan atau kelompok

·         Bermain  dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanam kan nilai percaya diri



Aspek  Psikomotor
·    Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar  (memegang bat,melempar tangkapan dan pukulan)
·    Bermain  dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar (memegang bat,melempar tangkapan dan pukulan)

 Aspek Afektif
·    Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Tes praktik
(Kinerja)
                       









Tes tertulis








Tes
observasi



Tes Contoh Kinerja










Pilihan ganda/uraian singkat






Lembar  observasi

Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (memegang bat,melempar tangkapan dan pukulan) !





·    Sebutkan bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk memukul bola !




Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

2x2x45 menit

Buku teks,
buku refernsi, stick, bola softball, glove

 8.3 Memperaktikan teknik dasar atletik lanjutan serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan **)


Lari Jarak Jauh

·         Melakukan teknik dasar ( start, lari dan finish) secara perorangan, berpasangan atau kelompok
·         Melakukan loba lari jarak jauh  dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memnanamkan  nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan



Aspek  Psikomotor
·         Melakukan teknik dasar ( start, lari dan finish)
·         Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar ( start, lari dan finish)

   Aspek Afektif
·         Nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan


Tes praktik
(Kinerja)
                       






Tes tertulis





Tes
observasi



Tes  Contoh  Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar  observasi

Lakukan teknik dasar ( start, lari dan finish) untuk lari jarak jauh







Sebutkan  bentuk –bentuk teknik dasar saatmemasuki finish pada lari jarak jauh !



Nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan


2x2x45
menit

Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, stop watch











Lompat jauh gaya melenting




































Lompat tinggi gaya
straddle


·         Melakukan lakukan teknik dasar awalan, tolakan, posisi di udara  dan mendarat lompat jauh gaya melenting, secara perorangan, berpasangan atau kelompok

·         Melakukan loba lompat jauh  gaya melenting dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memnanamkan  nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan









·         Melakukan teknik dasar awalan, tolakan, sikap di atas mistar dan mendarat secara berpasangan atau kelompok
·         melakukan lomba lompat tinggi gaya straddle dengan peraturan yang dimodifikas untuk me- nanamkan nilai keberanian



Aspek  Psikomotor
·         Melakukan lakukan teknik dasar awalan, tolakan, posisi di udara  dan mendarat lompat jauh gaya melenting
·         Melakukan lomba lompat jauh gaya melenting
       dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar awalan, tolakan, posisi di udara  dan mendarat lompat jauh gaya melenting

   Aspek Afektif
·         Nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan



Aspek  Psikomotor
·    Melakukan awalan, tolakan, sikap di atas mistar dan mendarat
·    Melakukan lomba lompat tinggi gaya straddle dengan peraturan yang dimodifikas

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk   teknik dasar lompat jauh gaya melenting

Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman



Tes praktik
(Kinerja)
                       











Tes tertulis








Tes
observasi









Tes praktik
(Kinerja)
                       







Tes tertulis




Tes
observasi




Tes  Contoh  Kinerja












Pilihan ganda/uraian singkat







Lembar  observasi








Tes  Contoh  Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi


Lakukan teknik dasar awalan, tolakan, posisi di udara  dan mendarat lompat jauh gaya melenting










Mengetahui teknik dasar saat mendarat pada lompat jauh gaya melenting !






Nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan






Lakukanteknik dasar awalan, tolakan, sikap di atas mistar dan mendarat lompat  tinggi gaya straddle !





Sebutkan teknik dasar lompat tinggi  gaya straddle !.



Toleransi, dan percaya diri !.



2x2x45
menit

































2x2x45
menit

Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, stop watch





























Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, lapangan




Lempar cakram awalan memutar

·   Melakukan teknik dasar lempar cakram awaln memutar (memegang cakram, posisi awal lemparan, gerak awalan memutar, melempar dan gerak ikutan ) secara perorangan, berpasangan atau berkelompok
·   Melakukan lomba lempar cakram awaln memutar dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memnanamkan  nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan


Aspek  Psikomotor
·         Melakukan lakukan teknik dasar lempar cakram awaln memutar (memegang cakram, posisi awal lemparan, gerak awalan memutar, melempar dan gerak ikutan )
·         Melakukan lomba lempar cakram awaln memutar dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar  lempar cakram awaln memutar

Aspek Afektif
·         Nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan


Tes praktik
(Kinerja)
                       













Tes tertulis





Tes
observasi


Tes  Contoh  Kinerja















Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar  observasi



Lakukan teknik dasar lempar cakram awaln memutar (memegang cakram, posisi awal lemparan, gerak awalan memutar, melempar dan gerak ikutan )










Jelaskan teknik dasar awalan memutar pada lempar cakram awalan memutar !



Nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan


2x2x45
menit


Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, cakram




Lempar lembing langkah silang


·         Melakukan tehnik dasar memegang,  posisi awal, gerak awalan, langkah silang, melempar dan  gerak ikutan secara berpasangan atau  kelompok

·         Melakukan lomba lempar lembing langkah silang dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya   diri

Aspek  Psikomotor
·    Melakukan tehnik dasar memegang,  posisi awal, gerak awalan, langkah silang, melempar dan  gerak ikutan secara berpasangan
·    Melakukan lomba lempar lembing langkah silang dengan peraturan yang dimodifikasi

 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk  teknik dasar lempar cakaram


 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman


Tes praktik
(Kinerja)
                       











Tes tertulis




Tes
observasi


Tes  Contoh  Kinerja













Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi


Lakukan tehnik
Dasar memegang,  posisi awal, gerak awalan, langkah silang, melempar dan  gerak ikutan lempar lembing langkah silang !








Arah gerakan teknik dasar lempar lembing, adalah ....



Toleransi, dan percaya diri !.



2x2x45
menit

Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, lembing




































8.4 Memperaktikan     variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga beladiri lanjutan dengan tepat dan lancar serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)

Tolak peluru awalan membelakang

























Pencaksilat

·         Melakukan tehnik dasar memegang,  posisi awal, memutar, menolak dan  gerak ikutan secara berpasangan atau  kelompok

·         Melakukan lomba tolak peluru gaya membelakang dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya
       diri





·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan secara perorangan, berpasangan atau kelompok
·   Melakukan latih tanding dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri





Aspek  Psikomotor

·    Melakukan tehnik dasar memegang,  posisi awal, memutar, menolak dan  gerak ikutan secara berpasangan
·    Melakukan lomba tolak peluru gaya membelakang dengan peraturan yang dimodifikasi

 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk  teknik dasar lempar cakaram


 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman

Aspek  Psikomotor
  • Melakukan variasi dan kombinasi teknik teknik dasar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan)
  • Melakukan latih tanding dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar  variasi dan kombinasi (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan)

Aspek Afektif
·         Nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

Tes praktik
(Kinerja)
                       










Tes tertulis




Tes
observasi






Tes praktik
(Kinerja)
                       









Tes tertulis









Tes
observasi

Tes  Contoh  Kinerja












Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi






Tes  Contoh  Kinerja











Pilihan ganda/uraian singkat








Lembar  observasi


Lakukan tehnik
Dasar memegang,  posisi awal, memutar, melempar dan  gerak ikutan lempar cakram awalan memutar !








Sebutkan arah gerak menolak peluru yang benar!.




Toleransi, dan percaya diri !.





Lakukan variasi dan kombinasi teknik teknik dasar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan)








Jelaskan bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar kuda-kuda pada pencak silat !







Nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

2x2x45
menit


















2x2x45
menit

Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, lembing














Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera, lembing



 Karate

·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan secara perorangan, berpasangan atau kelompok
·   Melakukan latih tanding dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri


Aspek  Psikomotor
  • Melakukan variasi dan kombinasi teknik teknik dasar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan)
  • Melakukan latih tanding dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar  variasi dan kombinasi (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan)

Aspek Afektif
·         Nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

Tes praktik
(Kinerja)
                       











Tes tertulis










Tes
observasi

Tes  Contoh  Kinerja













Pilihan ganda/uraian singkat









Lembar  observasi


Lakukan variasi dan kombinasi teknik teknik dasar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan)










Jelaskan bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar kuda-kuda pada bela diri karate !








Nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

2x2x45
menit



Yudo

·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar (langkah, jatuhan, bantingan dan kuncian ) secara perorangan, berpasangan atau kelompok

·   Melakukan latih tanding dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri


Aspek  Psikomotor
  • Melakukan variasi dan kombinasi teknik teknik dasar (langkah, jatuhan, bantingan dan kuncian )

Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar  (langkah, jatuhan, bantingan dan kuncian )
 


Aspek Afektif
·         Nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri


Tes praktik
(Kinerja)
                       







Tes tertulis












Tes
observasi


Tes  Contoh  Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat










Lembar  observasi



Lakukan variasi dan kombinasi teknik teknik dasar (langkah, jatuhan, bantingan dan kuncian )






Jelaskan bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar kuda-kuda pada yudo !









Nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

2x2x45
menit

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )



Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG



    Drs Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.




Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003

SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :   SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                             :    XII
Mata Pelajaran              :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :    2 (Dua)
Standar Kompetensi: 9.  Mempraktikan tes kebugaran jasmani secara sederhana


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

9.1  Mempraktikkan tes  kesegaran jasmani secara sederhana









 Kebugaran jasmani











·    Melakukan tes kelenturan seca- ra berpasangan atau kelompok
     
·    Melakukan tes kekuatan otot tangan secara berpasangan atau kelompok
·    Melakukan tes daya ledak otot secara berpasangan atau kelompok

·    Melakukan tes lari jarak 2,4 Km secara berpasangan atau kelompok


Aspek  Psikomotor

·    Melakukan tes kelenturan, kekuatan otot  tangan, daya ledak otot
·    Melakukan tes lari jarak 2,4 Km

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk tes kelenturan, kekuatan otot  tangan, daya ledak otot dan tes lari jarak 2,4 Km

Aspek Afektif
·    Nilai kejujuran, tanggung jawab dan percaya diri

Tes praktik
(Kinerja)
                       








Tes tertulis






Tes
observasi

Tes  Contoh Kinerja









Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar  observasi


Lakukan tes kelenturan, kekuatan otot   tangan, daya ledak otot dan lari jarak 2,4   km





Jelaskan salah satu bentuk tes kelentukan kekuatan otot tangan !.



Nilai kejujuran, tanggung jawab dan percaya diri

2x2x45
menit








   Buku teks,  buku refe-rensi, lapa- ngan,mat ras





 9.2  Melakukan iterpretasi secara sederhana hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran



 Kebugaran jasmani

·   Melakukan pencocokan hasil   tes pada tabel secara kelompok




Aspek  Psikomotor
·    Mencocokan hasil tes pada tabel yang telah menjadi dasar acuan seperti (table cooper)

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui cara-cara Mencocokan hasil tes pada tabel yang telah menjadi dasar acuan seperti (table cooper)

Aspek Afektif
·    Nilai kejujuran, tanggung jawab dan percaya diri

Tes praktik
(Kinerja)
                       





Tes tertulis






Tes
observasi

Tes  Contoh Kinerja






Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar  observasi

Lakukan pencocokan hasil   tes pada tabel





Jelaskan cara mencocokan hasil tes pada tabel yang menjadi acuan !.


.
Nilai kejujuran, tanggung jawab dan percaya diri


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG


    Drs Sugito,Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.



Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003

SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :  SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                             :    XII
Mata Pelajaran              :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :    2 (Dua)
Standar Kompetensi: 10.Mempraktikan rangkaian gerak senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

10.1 Mempraktik        an rangkaian senam lantai tanpa alat  serta nilai percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan


 Senam lantai

·         Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu pada kaki/selain kaki) dilanjutkan guling kedepan, guling lenting dan guling belakang secara berpasangan atau kelompok un- tuk menanamkan nilai keberanian dan keselamatan





Aspek  Psikomotor
·   Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu pada kaki/selain kaki) dilanjutkan guling kedepan, guling lenting dan guling belakang

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan (bertumpu pada kaki/selain kaki) dilanjutkan guling kedepan, guling lenting dan guling belakang

Aspek Afektif
·   Nilai keberanian,  kejujuran, tanggung jawab dan percaya diri

Tes praktik
(Kinerja)
                 









Tes tertulis












Tes
observasi

Tes   Contoh Kinerja









Pilihan ganda/uraian singkat











Lembar  observasi

Lakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada kaki)








Diskripsikan gerak rangkai keseimbangan, guling depan dan guling lenting !.









Nilai keberanian,  kejujuran, tanggung jawab dan percaya diri

2x2x45
menit

 Buku teks,  buku refe-rensi, lapangan,mat ras,box se-  nam

10.2    Mempraktik
an beberapa rangkaian senam lantai , serta nilai per- caya diri dan   disiplin

 Senam lantai

Melakukan gerak rangkai lompat hariamu melalui box, guling depan dan dilanjutkan dengan guling lenting secara berpasanga atau kelompok untuk untuk menanamkan nilai per- caya diri dan   disiplin

Aspek  Psikomotor

·   Melakukan gerak rangkai lompat hariamu melalui box, guling depan dan dilanjutkan dengan guling lenting

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai lompat hariamu melalui box, guling depan dan dilanjutkan dengan guling lenting


Aspek Afektif
·   Nilai keberanian,  kejujuran, tanggung jawab dan percaya diri

Tes praktik
(Kinerja)
                 








Tes tertulis









Tes
observasi

Tes Contoh   Kinerja









Pilihan ganda/uraian singkat







Lembar  observasi


Lakukan gerak rangkai lompat hariamu melalui box, guling depan dan dilanjutkan dengan guling lenting




Diskripsikan gerak rangkai lompat harimau, guling depan dan guling lenting !.





Nilai keberanian,  kejujuran, tanggung jawab dan percaya diri

2x2x45
menit

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

 

 

Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG




    Drs.Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.





Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003

SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :   SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                             :    XII
Mata Pelajaran              :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :    2 (Dua)
Standar Kompetensi:  11. Mempraktikan senam irama dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

 11.1 Mempraktikan  gerak berirama tanpa alat dengan koordinasi yang benar  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika



Senam irama tanpaalat

·         Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan dua lengan dengan gerak langkah kaki (biasa, rapat dan keseimbangan) secara berpasangan atau kelom- pok untuk menanamkan nilai ke- luesan dan estetika

Aspek  Psikomotor

·    Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan dua lengan dengan gerak langkah kaki (biasa, rapat dan keseimbangan)

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai ayunan satu lengan dan dua lengan dengan gerak langkah kaki (biasa, rapat dan keseimbangan)

Aspek Afektif
·    Nilai keluesan dan keserasian gerak dengan irama

Tes praktik
(Kinerja)
                       






Tes tertulis










Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja







Pilihan ganda/uraian singkat








Lembar  observasi


Lakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan dua lengan dengan gerak langkah kaki (biasa, rapat dan keseimbangan


Diskripsikan gerak rangkai ayunan lengan dan langkah kaki !







Nilai keluwesan dan keserasian gerak dengan irama

2x2x45
menit

 Buku teks,  buku refe-rensi, lapangan,     tongkat,tape
11..2.Mempraktikan gerak rangkai se – nam irama menggu nakan alat dengan koordinasi serta ni- lai kedisiplinan,to- leransi,keluesan,  dan estetika

Senam irama dengan alat (tongkat )








·         Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik
      secara berpasangan atau kelom    pok untuk menanamkan nilai    estetika






Aspek  Psikomotor
·    Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik

  Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai mengayun tongkat depan,samping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik

Aspek Afektif
·    Nilai keluwesan dan keserasian gerak dengan irama

Tes praktik
(Kinerja)
                       






Tes tertulis








Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja







Pilihan ganda/uraian singkat






Lembar  observasi


Lakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik

Diskripsikan gerak rangkai ayunan ltongkatdan langkah kaki dengan koordinasi yang baik !



Nilai keluwesan dan keserasian gerak dengan irama














v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG




    Drs Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.





Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003





SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :  SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                             :    XII
Mata Pelajaran              :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :    2 (Dua)
Standar Kompetensi:  12.Mempraktikan teknik kecakapan teknik dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya *)

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

12.1 Mempraktikan koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan, renang gaya punggung dalam jarak tertentu  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

Renang gaya    punggung








Melakukan koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaya punggung secara kelompok untuk menanamkan nilai ke- beranian dan keber- sihan




Aspek  Psikomotor
·    Melakukan koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaya punggung

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaya punggung

Aspek Afektif
·    Nilai keberanian dan kebersihan

Tes praktik
(Kinerja)
                       





Tes tertulis








Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja






Pilihan ganda/uraian singkat






Lembar observasi

Lakukan koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaya punggung



Posisi badan yang benar saat melakukan renang gaya punggung, adalah ...
a telungkup
b telentang
c miring
d membulat

Nilai keberanian dan kebersihan

2x2x45
menit









 Buku teks,  buku refe-rensi, kolam -renang



12.2 Mempraktikan koordinasi teknik dasar  renang gaya punggung  dalam jarak tertentu serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan









·         Melakukan koordinasi teknik dasar renang gaya punggung (renang menempuh jarak 10m, 20m dan dilanjutkan dengan jarak 25m) se- cara kelompok secara kelompok untuk menanamkan nilai ke- beranian dan keber- sihan


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan koordinasi teknik dasar renang gaya punggung (renang menempuh jarak 10m, 20m dan dilanjutkan dengan jarak 25m)

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk koordinasi teknik dasar renang gaya punggung (renang menempuh jarak 10m, 20m dan dilanjutkan dengan jarak 25m)

Aspek Afektif
·   Nilai keberanian dan kebersihan

Tes praktik
(Kinerja)
                       






Tes tertulis









Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja







Pilihan ganda/uraian singkat







Lembar observasi


Lakukan koordinasi teknik dasar renang gaya punggung (renang menempuh jarak 10m, 20m dan dilanjutkan dengan jarak 25m)



Diskripsikan koordinasi teknik dasar gerakkan kaki, tangan, dan pernapasan pada renang gaya punggung !.





Nilai keberanian dan kebersihan


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG

    Drs Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.


Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003

SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :  SMK NEGERI 1 BATANG  
Kelas                             :    XII
Mata Pelajaran              :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :    2 (Dua)
Standar Kompetensi : 13. Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
13.1Mempraktikan identifikasi bahaya bencana alam

Budaya hidu   sehat

·    Melakukan identifikasi jenis bencana secara kelompok

·    Melakukan identifikasi penyebab bencana secara kelompok


Aspek  Psikomotor
·    Melakukan identifikasi jenis bencana dan penyebab bencana

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk identifikasi jenis bencana dan penyebab bencana
Aspek Afektif
·    Nilai kepedulian , kerjasama dan kebersihan

Tes praktik
(Kinerja)
                       




Tes tertulis



Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja





Pilihan ganda/uraian singkat

Lembar observasi

Lakukanidentifikasi jenis, peyebab kebakaran (merokok,  zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka)

Sebutkan 3 penyebab terjadinya banjir !


Nilai kepedulian , kerjasama dan kebersihan

1x2x45
menit

 Buku teks,  buku refe-rensi,ling -  kungan,peralatan pertolo-ngan darurat
13.2Mempraktikan cara meng   hadapi berbagai benca alam


·   Melakukan identifikasi pencegahan dan penanggulangan bencana alam secara kelompok atau regu

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan identifikasi pencegahan dan penanggulangan bencana alam

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk identifikasi pencegahan dan penanggulangan bencana alam

Aspek Afektif
·   Nilai kepedulian, kerjasama dan kebersihan

Tes praktik
(Kinerja)
                       




Tes tertulis






Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja





Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar observasi


Lakukan identifikasi pencegahan dan penanggulangan bencana alam



Jelaskan bentuk identifikasi pencegahan dan penanggulangn bencana alam !


Nilai kepedulian , kerjasama dan kebersihan


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NEGERI 1 BATANG


 Drs. Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001

12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.



Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003


Tidak ada komentar:

Posting Komentar