Selasa, 03 Juli 2012

Silabus Penjaskes XI/2


PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan    
                                         Kesehatan (PJOK)
Satuan Pendidikan       : SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas/Semester             : XI  / 2
Nama Guru                  : DRS .DIYONO.
NIP/NIK                       : 19670317 199512 1 003.
Sekolah                          : SMK NEGERI 1 BATANG 

 

SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :   .SMK NEGERI 1 BATANG .
Kelas                             :   XI
Mata Pelajaran              :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :   2 (Dua )
Standar Kompetensi:    7. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi  
Dasar    
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

7.1 Mempraktikkan variasi dan  kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan  koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)




·   Sepak Bola



·         Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang
menghentikan bola
dengan  kaki bagian dalam, luar,telapak kaki, dan punggung  kaki se
cara berpasangan atau
kelompok


·         Bermain dengan peratu
ran yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi

Aspek  Psikomotor
·    Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan  koordinasi yang baik
·    Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar(menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan  koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·    Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Tes praktik
(Kinerja)









Tes tertulis




Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar observasi

Lakukan variasi dan kombinasi  menendang, menghentikan bola dengan kaki bagian    dalam, luar, telapak kaki  dan punggung kaki dengan  koordinasi yang baik!


Posisi pergelangan kaki yang benar saat menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, adalah ....

Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

3x2x45
menit

 Buku teks,
Buku     refernsi, bola kaki, lapangan sepakbola



Bola
voli




·   Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas, bawah dan sh tanpa awalan dengan  koordinasi yang baik

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memu puk kerja sama


Aspek  Psikomotor
·    Melakuan variasi dank ombinasi teknik dasar passing atas,  bawah bola voli dan sh tampa awalan dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas,  bawah bola voli dan sh tampa awalan dengan  koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·    Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Tes praktik
(Kinerja)





Tes tertulis





Tes
observasi

Tes Contoh Kinerja





Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar observasi

Lakukan  variasi dankombinasi passing atas,bawah dansh  tanpa awalan dengan  koordinasi yang baik


Bentuk gerakan tangan yang benar saat melakukan passing atas, adalah ....


Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

3x2x45
menit

Buku teks,
Buku     refernsi,
Bolavoli,net, lapangan bolavoli




 Bola Basket

·   Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar passing,  menggiring,shooting,dan-lay -up shoot dengan  koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodi fikasi untuk memupuk kerja sama

Aspek  Psikomotor
·   Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala, menggiring, shooting dan lay-up shoot) dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan pe-raturan yang di modifik

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala, menggiring, shooting dan lay-up shoot) dengan  koordinasi yang baik


Aspek Afektif
·    Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Tes praktik
(Kinerja)






Tes tertulis




Tes
observasi

Tes  Contoh Kinerja





Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi

Lakukan variasi dan kombinasi passing, menggiring,shooting dan lay-up shoot dengan  koordinasi yang baik !


Bentuk gerakan tangan saat malakukan teknik dasar menggiring bola, adalah ...


Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

3x2x45
menit

Buku teks,
Buku     refernsi,
Bolabasket, lapangan bolabasket






7.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
        berbagi tempat dan peralatan**)





Bulu tangkis































Tenis Meja



·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan  koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan











·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan  koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan


Aspek  Psikomotor
·   Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan  koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·    Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan Kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bet forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan  koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·    Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Tes praktik
(Kinerja)








Tes tertulis





Tes
observasi














Tes praktik
(Kinerja)







Tes tertulis





Tes
observasi

Tes  Contoh Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar observasi














Tes Contoh Kinerja







Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi

Lakukan  variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan back- hand untuk melakukan servis  dan pukulan forehand serta    backhand dengan  koordinasi yang baik!

Posisi kedua kaki yang benar saat akan melakukan pukulan
forehand, adalah ....


Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan












Lakukan variasi dan kombinasi teknik memegang bat forehand dan back- hand untuk melakukan servis  dan pukulan forehand serta    backhand dengan  koordinasi yang baik

Posisi kedua kaki yang benar saat akan melakukan pukulan
forehand, adalah ....


Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

2x2x45
menit





























2x2x45
menit



Buku teks,
buku refernsi,bulu-tangkis, net, raket,  sutlecokc, lapangan bulutangkis.























Buku teks,
buku refernsi, bad, bola pingpong, meja pingpong, net



Tennis
































 Softball

·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan  koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok

·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan












·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar,menangkap memegang stick dan pukulan   swing/bunch dengan  koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan Kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan  koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·    Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar ( pitcher) dan mengakap (catcher) teknik dasar memegang stick dan pukulan (swing/bunch) dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar ( pitcher) dan mengakap (catcher) teknik dasar memegang stick dan pukulan (swing/bunch) dengan  koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·    Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Tes praktik
(Kinerja)










Tes tertulis





Tes
observasi













Tes praktik
(Kinerja)









Tes tertulis




Tes
observasi


Tes Contoh Kinerja









Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar  observasi













Tes Contoh Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat



Lembar  observasi
 

Lakukan variasi dan kombinasi teknik memegang raket forehand dan back- hand untuk melakukan servis  dan pukulan forehand serta    backhand dengan  koordinasi yang baik


Posisi kedua kaki yang benar saat akan melakukan pukulan
forehand, adalah ....


Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan











Lakukan variasi dan kombinasi teknik melempar dan menangkap me- megang stick pukulan swing     serta bunch dengan  koordinasi yang baik !

Posisi kedua kaki yang benar saat akan menangkap bola, adalah ....

Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


2x2x45
menit































2x2x45
menit



Buku teks,
buku refernsi, raket, bola tennis, lapangan



























Buku teks,
buku refernsi, stick, bola softball, glove
7.3 Mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar lanjutan atletik dengan koordinasi yang baik serta   nilai  ,percaya diri,keberanian,  menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan   peralatan **)   

Lari jarak mene
ngah
·       Melakukan variasi   dan kombinasi  teknik  start berdiri,  lari  dan  finish  dengan  koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok

·   Melakukan lomba lari jarak menengah dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya diri dan kerja sama
Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi   dan kombinasi  teknik dasar start berdiri,  lari  dan  finish  dengan  koordinasi yang baik
·   Lomba lari lari jarak menengah dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar start berdiri,  lari  dan  finish  dengan  koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·    Percaya diri,keberanian,  menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan   peralatan
Tes praktik
(Kinerja)






Tes tertulis



Tes
observasi


Tes Contoh Kinerja





Pilihan ganda/uraian singkat


Lembar  observasi
Lakukan variasi   dan kombinasi teknik dasar lari jarak menengah dengan  koordinasi yang baik !


Posisi badan saat start berdiri, pada aba-aba ”siap”, adalah....


Percaya diri,keberanian,  menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan   peralatan
2x2x45
menit

Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,
bendera
stop watch


 


Lempar lembing awalan menyamping





























Lompat jauh   gaya melenting




·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang, posisi awal , melempar dan gerak iku tan lempar lembing dengan  koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan lomba lempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kebera nian dan percaya     diri










·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya me- melenting (awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan  koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
·   Lomba lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kebera nian dan percaya     diri

Aspek  Psikomotor
·    Melakukan variasi   dan kombinasi tehnik dasar memegang lembing, posisi awal melempar, dan gerak ikutan dengan  koordinasi yang baik
·    Lomba melempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang lembing, posisi awal melempar, dan gerak ikutan dengan  koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·    Percaya diri,keberanian,  menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan   peralatan

    Aspek  Psikomotor
·    Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan  koordinasi yang baik
·    Lomba lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan  koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·    Percaya diri,keberanian,  menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan   peralata

Tes praktik
(Kinerja)












Tes tertulis








Tes
observasi








Tes praktik
(Kinerja)











Tes tertulis









Tes
observasi


Tes Contoh Kinerja












Pilihan ganda/uraian singkat






Lembar observasi








Tes Contoh Kinerja











Pilihan ganda/uraian singkat







Lembar  observasi
 
Lakukan variasi   dan kombinasi teknik dasar lempar lembing dengan  koordinasi yang baik !










Arah gerak pinggang yang benar saat melakukan gerak melempar lembing, adalah ...




Percaya diri,keberanian,  menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan   peralatan





Lakukan variasi dan kombinasi    tehnik dasar lompat jauh gaya melenting dengan  koordinasi yang baik !








Posisi badan yang benar saat di udara, adalah ....








Percaya diri,keberanian,  menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan   peralatan

2x2x45
menit































2x2x45
menit


Buku teks,  buku refe-rensi, lapa- ngan, lembing




























Buku teks,  buku refe-rensi, lapa- ngan,
 
7.4  Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)


·                     Pencak
·                        silat



·    Melakukan variasi dan kombinasi gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkisan dengan  koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok

·   Melakukan gerak ber pasangan  pukulan dan tangkisan untuk menanamkan nilai keberanian  dan menghargai lawan

Aspek  Psikomotor
·    Melakukan variasi dan kombinasi gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkis dengan  koordinasi yang baik
·    Gerak berpasangan  kuda-kuda, pukulan dan tangkisan
Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan  koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·    Percaya diri,keberanian,  menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan   peralatan

Tes praktik
(Kinerja)










Tes tertulis









Tes
observasi



Tes Contoh Kinerja










Pilihan ganda/uraian singkat







Lembar observasi

Lakukan variasi dan  kombinasi teknik  dasar gerak lang- kah, kuda-kuda,pukulan dan   tangkisan dengan  koordinasi yang baik !






Arah gerakkan tangkisan luar yang benar, adalah ....







Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri


2x2x45
menit


Buku teks,  buku refe-rensi, lapa- ngan, pelin dung badan


Karate



·   Melakukan variasi kombinasi teknik dasar tangkisan dan pukulan dengan  koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
·   Melakukan gerak berpasangan pukulan tangkisan untuk  menanamkan nilai keberanian dan menghargai lawan


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar  tangkisan dan pukulan dengan  koordinasi yang baik
·    Melakukan gerak berpasangan pukulan dan tangkis

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar tangkisan dan pukulan dengan  koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·    Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

Tes praktik
(Kinerja)









Tes tertulis








Tes
observasi



Tes Contoh Kinerja









Pilihan ganda/uraian singkat






Lembar  observasi

Lakukan variasi dan kombinasi teknik  dasar tangkisan dan pukulan dengan  koordinasi yang baik !






Arah gerakan tangkisan atas yang benar, adalah ...





 
Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

2x2x45
menit



Buku teks,  buku refe-rensi, lapa- ngan, pelin dung badan,














 Judo



·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar gerak langkah dan jatuhan dengan  koordinasi yang baik secara perorangan atau berpasangan

·   Melakukan gerak berpasangan pukulan dan tangkisan untuk  menanamkan nilai keberanian dan menghargai

Aspek  Psikomotor
·    Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar gerak langkah dan jatuhan dengan  koordinasi yang baik
·   Gerak berpasangan berpasangan pukulan dan tangkisan

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar tangkisan dan pukulan dengan  koordinasi yang baik

Aspek Afektif
·    Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

Tes praktik
(Kinerja)









Tes tertulis






Tes
observasi



Tes Contoh Kinerja









Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar  observasi

Lakukan variasi dan kombinasi teknik  dasar gerak langkah dan jatuhan dengan  koordinasi yang baik !






Posisi badan yang benar saat melakukan teknik jatuhan ke belakang, adalah ...



Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

2x2x45
menit


Buku teks,  buku refe-rensi, lapa- ngan,mat ras
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

 

Mengetahui,
Kepala SMK N 1BATANG



(____Drs .Sugito,Msi___)
NIP19561221 198803 1 001.

Batang ,12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.



(______Drs Diyono____)
NIP19670317 199512 1 003.

SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :   .SMK NEGERI 1 BATANG.
Kelas                             :   XI
Mata Pelajaran              :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :   2 (Dua )
Standar Kompetensi: 8.  Mempraktikan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

8.1 Mempraktikkan latihan kecepatan dan kelincahan anggota badan bagian atas   serta nilai disiplin dan tanggung jawab


















8..2 Mempraktikkan latihan kecepatan dan kelincahan tahan anggauta badan bagian bawah  serta nilai disiplin dan tanggung jawab

 Kebugaran jasmani

·   Melakukan latihan kecepatan dan kelincahan otot lengan, dada dan  bahu secara berpasangan atau kelompok (mengoper bola.memantulkan bola kedidnding dengan menghitung jumlah overan/menit atau push-up variasikan dengan tepuk tangan
·   Melakukan latihan kecepatan    dan kelincahan otot paha dan   kaki secara berpasangan atau   kelompok

·   Melakukan lomba kecepatan   dan kelincahan otot lengan, dada dan bahu, kaki dan paha dengan  peraturan yang di modifikasi untuk  menanamkan      nilai disiplin dan  tanggung jawab

Aspek  Psikomotor
·    Melakukan latiah kecepatan dan kelincahan lengan, bahu dan dada (mengoper bola.memantulkan bola kedidnding dengan menghitung jumlah overan/menit atau push-up variasikan dengan tepuk tangan)
·    Melakukan latiah kecepatan dan kelincahan otot paha dan kaki (melompat bangku senam, arah lurus dan zigzak)
·    Melakukan lomba kecepatan dan kelincahan lengan, bahu dan dada, kaki dan paha   dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk latihan  kecepatan dan kelincahan lengan, bahu dan dada (mengoper bola.memantulkan bola kedidnding dengan menghitung jumlah operan/menit atau push-up divariasikan dengan tepuk tangan)
·    Mengetahui bentuk latihan  kecepatan dan kelincahan otot paha dan kaki (melompat bangku senam arah lurus dan zigzak)

Aspek Afektif
·    Disiplin dan tanggung jawab

Tes praktik
(Kinerja)
























Tes tertulis

















Tes
observasi



Tes Contoh Kinerja
























Pilihan ganda/uraian singkat















Lembar  observasi

Lakukan bentuk tes kecepatan dan kelincahan otot lengan,dada dan bahu !

Lakukan bentuk tes kecepatan dan kelincahan otot paha dan kaki !















 
Berikut yang dapat digunakan  untuk melatih kecepatan dan kelincahan otot kaki, adalah ...
a.       melpmpat bangku zig-zag
b.       melompat bangku tegak lurus
c.        push-up ambil tepuk tangan
d.       mengoper bola basket





Disiplin dan tanggung jawab

2x2x45
menit

Buku teks,  buku refe-rensi, lapa- ngan,mat ras
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG


(_____Drs .Sugito,Msi______)
NI19561221 198803 1 001

Batang ,12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.



(_____Drs . Diyono_____)
NIP19670317 199512 1 003.



SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :   .SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas                             :   XI
Mata Pelajaran              :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :   2 (Dua )
Standar Kompetensi:  9.Mempraktikan teknik dasar senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

9.1 Mempraktikkan rangkaian teknik dasar  gerak meroda   dan guling depan serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab








9.2 Mempraktikkan rangkaian teknik dasar guling depan dan guling lenting  serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab

Senam lantai

·         Melakukan rangkaian teknik dasar meroda dan guling depan secara berpasangan atau kelompok  untuk menenamkan nilai ke- beranian dan tanggung jawab



·         Melakukan rangkaian teknik dasarsi guling depan dan guling lenting secara berpasangan atau kelompok untuk menenamkan nilai ke- beranian dan tanggung jawab



Aspek  Psikomotor
·         Melakukan rangkaian tehnik dasar gerak meroda dan guling depan
·         Melakukan rangkaian tehnik dasar gerak guling depan dan guling lenting






Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk latihan  rangkaian tehnik dasar gerak meroda dan guling depan dan rangkaian tehnik dasar gerak guling depan dan guling lenting

Aspek Afektif
·         Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab

Tes praktik
(Kinerja)















Tes tertulis











Tes
observasi



Tes Contoh Kinerja















Pilihan ganda/uraian singkat









Lembar  observasi

Lakukan gerak rangkai meroda dan guling depan !

Lakukan rangkaian teknik dasar gerak guling depan dan guling lenting !









Akhir gerakan meroda yang benar, adalah ....









Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab

2x2x45
menit

 Buku teks,  buku refe-rensi, lapangan,mat ras
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )



Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG



(___Drs .Sugito,Msi__)
NIP19561221 198803 1 001.

Batang ,12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.



(___Drs Diyono_____)
NIP19670317 199512 1 003.






SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :   SMK NEGERI 1 BATANG.
Kelas                             :   XI
Mata Pelajaran              :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :   2 (Dua )
Standar Kompetensi:  10.Mempraktikan senam irama dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

 10.1  Mempraktikkan   variasi gerakan mengayun ke berbagai arahah  serta nilai disiplin, toleransi dan keluwesan




10.2  Mempraktikkan variasi gerakan memutar ke berbagai arahah  serta nilai disiplin, toleransi dan keluwesan



Senam irama dengan alat (tongkat )

·    Melakukan variasi teknik dasar mengayun tongkat (depan,samping dan belakang)
    secara berpasangan atau   kelompok untuk menanamkan nilai disiplin  dan keluesan




·    Melakukan variasi teknik dasar mengayun tongkat (depan,samping dan belakang)
    secara berpasangan atau   kelompok untuk menanamkan nilai disiplin  dan keluesan



Aspek  Psikomotor
·    Melakukan variasi tehnik dasar mengayun tongkat (depan,samping dan belakang)
·   Melakukan variasi tehnik dasar gerak memutar  tongkat (depan,samping dan belakang)



Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan variasi tehnik dasar mengayun tongkat (depan,samping dan belakang) dan gerak memutar  tongkat (depan,samping dan belakang)

Aspek Afektif
·   Disiplin, toleransi dan keluwesan


Tes praktik
(Kinerja)












Tes tertulis









Tes
observasi



Tes Contoh Kinerja












Pilihan ganda/uraian singkat







Lembar  observasi

Lakukan variasi teknik dasar
mengayun tongkat (depan,   samping dan belakang) !

Lakukan variasi teknik dasar
mengayun tongkat (depan, samping dan belakang) !



  Gerakan badan yang benar saat mengayun tongkat, adalah....







Disiplin, toleransi dan keluwesan


2x2x45
menit

 Buku teks,  buku refe-rensi, lapangan,     tongkat,tape
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )



Mengetahui,
Kepala SMK N 1BATANG



(_____Drs Sugito,Msi______)
NIP19561221 198803 1 001.

Batang ,12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.



(__Drs. Diyono____)
NIP/19670317 199512 1 003.








SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :   SMK NEGERI 1 BATANG .
Kelas                             :   XI
Mata Pelajaran              :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :   2 (Dua )
Standar Kompetensi:  11.Mempraktikan teknik dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

 11.1Mempraktikkan koordinasi teknik dasar gerakan kaki dan lengan renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan





11.2 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar pernafasan renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan




 Renag gaya bebas

·    Melakukan koordinasi teknik dasar gerakan kaki ,lengan dan pernafasan renang gaya bebas secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai keberanian



·   Melakukan koordinasi teknik dasar pernafasan renang gaya bebas secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai keberanian dan kebersihan


Aspek  Psikomotor
·    Melakukan koordinasi tehnik dasar gerakan kaki, lengan dan pernapasan renang gaya bebas
·    Melakukan koordinasi teknik dasar pernafasan renang gaya bebas




Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk koordinasi tehnik dasar gerakan kaki, lengan dan pernapasan renang gaya bebas


Aspek Afektif
·    Disiplin, keberanian dan kebersihan


Tes praktik
(Kinerja)













Tes tertulis






Tes
observasi



Tes Contoh Kinerja













Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar  observasi

Lakukan koordinasi gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaya bebas !










  Bentuk gerakan leher saat melakukan nafas renang gaya bebas, adalah .....


Disiplin, keberanian dan kebersihan


2x2x45
menit

 Buku teks,  buku refe-rensi, kolam –renang
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG



(_Drs  Sugito,Msi____)
NIP19561221 198803 1 001.

Batang ,12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.



(____Drs  Diyono____)
NIP19670317 199512 1 003.






SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :   .SMK NEGERI 1 BATANG .
Kelas                             :   XI
Mata Pelajaran              :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :   2 (Dua )
Standar Kompetensi:  12.Mempraktikan penjelajahan di sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya ***)


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

12.1 Mendiskripsikan perencanaan kegiatan penjelajahan secara sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, etika, memperhatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan





12..2 Mempraktik
kan keterampilan
penjelajahan
di sekitar sekolah  serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, estetika, memperhatikan kesela
matan dan kebersihan lingkungan


Penjelajahan disekitar sekolah

·   Melakukan pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajahan secara kelompok untuk menanamkan nilai kerja sama,toleransi,tolong menolong,etika,memperhatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan




·   Melakukan  penjelajahan di sekitar sekolah secara kelompok untuk menanamkan nilai kerja sama,toleransi,tolong menolong,etika,memperhatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan



Aspek  Psikomotor
·    Pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajaan di sekitar sekolah

·    Penjelajahan disekitar sekolah













Aspek  Kognitif
·    Mengetahui cara pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajaan di sekitar sekolah dan pelaksanaan penjelajahan disekitar sekolah

Aspek Afektif
·    Kerjasama, toleransi, tolong menolong, etika, memperhatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan


Tes praktik
(Kinerja)




















Tes tertulis










Tes
observasi



Tes Contoh Kinerja




















Pilihan ganda/uraian singkat








Lembar observasi

Lakukan pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajahan di sekitar sekolah !
Lakukan tugas  penjelajahan  di sekitar  sekolah secara ber kelompok !














  Sebutkan 3 macam langkah cara pembuatan kegiatan penjelajahan di sekitar sekolah !






Kerjasama, toleransi, tolong menolong, etika, memperhatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan


1x2x45
menit

 Buku teks,  buku refe-rensi, ling- kungan,obat  dan perala- tan P3K
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG



(____Drs Sugito, Msi______)
NIP19561221 198803 1 001.

.Batang , 12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.



(____Drs Diyono_____)
NIP19670317 199512 1 003.

SILABUS pembelajaran



Sekolah                       :   ..SMK NEGERI 1 BATANG.
Kelas                             :   XI
Mata Pelajaran              :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester                       :   2 (Dua )
Standar Kompetensi :  13. Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi  
Dasar    
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi*
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
13.1Memahami  berbagai penyakit menular yang bersumber dari lingkungan tidak sehat

13.2Memahami cara menghindari penyakit menular yang bersumber dari lingkungan yang tidak sehat




Keseha
tan

·   Melakukan identifikasi macam,   penyebab dan gejala penyakit





·   Melakukan pencegahan terhadap penyakit

Aspek  Psikomotor
·     Macam penyakit
·    Penyebab penyakit
·    Gejala penyakit
·    Melakukan cara pencegahan terhadap penyakit

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui cara mengidentifikasi macam,   penyebab dan gejala penyakit serta cara pencegahan terhadap penyakit

Aspek Afektif
·    Kerjasama, toleransi, tolong menolong dan kebersihan lingkungan

Tes praktik
(Kinerja)








Tes tertulis






Tes
observasi



Tes Contoh Kinerja








Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar  observasi

Lakukan identifikasi dengan menuliskan jenis,penyebab dan gejala penyakit menular yang bersumber dari lingkungan !


Lakukan  cara pencegahan terhadap penyakit yang bersumber dari lingkungan dengan menuliskan pada lembar kerja/laporan kerja !

  Sebutkan 3 macam penyakit yang diakibatkan lingkungan tidak bersihan !
Kerjasama, toleransi, tolong menolong dan kebersihan lingkungan

1x2x45
menit

 Buku teks,  buku refe-rensi,ling -  kungan
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG



(____Drs .Sugito,Msi______)
NIP19561221 198803 1 001.



Batang ,12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.



(__Drs .Diyono________)
NIP19670317 199512 1 003.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar