PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS
PEMBELAJARAN
SILABUS pembelajaran
Sekolah : .SMK NEGERI 1 BATANG .
Kelas : XI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua )
Standar
Kompetensi: 7. Mempraktikan berbagai
teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Mempraktikkan variasi
dan kombinasi teknik dasar salah satu
permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai
lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
|
·
Sepak Bola
|
·
Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar
menendang
menghentikan
bola
dengan kaki bagian dalam, luar,telapak kaki, dan
punggung kaki se
cara berpasangan
atau
kelompok
·
Bermain dengan peratu
ran yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan
toleransi
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan
bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak
kaki dengan koordinasi yang baik
· Bermain bola dengan peraturan
yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar(menendang
dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan
bola dengan telapak kaki dengan koordinasi
yang baik
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan variasi dan kombinasi menendang, menghentikan bola dengan kaki
bagian dalam, luar, telapak
kaki dan punggung kaki dengan koordinasi
yang baik!
Posisi pergelangan kaki yang benar saat menendang bola
menggunakan kaki bagian dalam, adalah ....
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
3x2x45
menit
|
Buku teks,
Buku refernsi, bola kaki, lapangan sepakbola
|
|
Bola
voli
|
·
Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar passing
atas, bawah dan sh tanpa awalan dengan koordinasi yang baik
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi untuk memu puk kerja sama
|
Aspek Psikomotor
·
Melakuan variasi dank ombinasi teknik dasar passing atas, bawah bola voli dan sh tampa awalan dengan koordinasi
yang baik
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing
atas, bawah bola voli dan sh tampa
awalan dengan
koordinasi yang baik
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan variasi
dankombinasi passing atas,bawah dansh
tanpa awalan dengan koordinasi yang baik
Bentuk gerakan tangan yang benar saat melakukan
passing atas, adalah ....
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai
lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
3x2x45
menit
|
Buku
teks,
Buku refernsi,
Bolavoli,net,
lapangan bolavoli
|
|
Bola Basket
|
· Melakuan variasi dan
kombinasi teknik dasar passing,
menggiring,shooting,dan-lay -up shoot dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau
kelompok
· Bermain dengan
peraturan yang dimodi fikasi untuk memupuk kerja sama
|
Aspek Psikomotor
·
Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar passing
(dada, pantul dan dari atas kepala, menggiring, shooting dan lay-up shoot) dengan koordinasi
yang baik
·
Bermain dengan pe-raturan yang di modifik
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi
teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala, menggiring, shooting
dan lay-up shoot) dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan variasi dan kombinasi passing, menggiring,shooting dan
lay-up shoot dengan
koordinasi yang baik !
Bentuk gerakan tangan saat malakukan teknik dasar
menggiring bola, adalah ...
Kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
|
3x2x45
menit
|
Buku
teks,
Buku refernsi,
Bolabasket,
lapangan bolabasket
|
7.2
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan
olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai
lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
|
Bulu tangkis
Tenis Meja
|
· Melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan
pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan
atau kelompok
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai
lawan
· Melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar memegang bat forehand dan backhand untuk servis dan
pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan
atau kelompok
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai
lawan
|
Aspek Psikomotor
·
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang
raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta
backhand dengan
koordinasi yang baik
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi
teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan
pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan variasi dan Kombinasi
teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta
backhand dengan
koordinasi yang baik
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi
teknik dasar memegang bet forehand dan backhand untuk melakukan servis dan
pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan back-
hand untuk melakukan servis dan
pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik!
Posisi kedua kaki yang benar saat akan melakukan
pukulan
forehand, adalah ....
Kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
Lakukan variasi dan kombinasi teknik memegang
bat forehand dan back- hand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
Posisi kedua kaki yang benar saat akan melakukan
pukulan
forehand, adalah ....
Kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
|
2x2x45
menit
2x2x45
menit
|
Buku
teks,
buku
refernsi,bulu-tangkis, net, raket,
sutlecokc, lapangan bulutangkis.
Buku
teks,
buku
refernsi, bad, bola pingpong, meja pingpong, net
|
|
Tennis
Softball
|
· Melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan
pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan
atau kelompok
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai
lawan
· Melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar melempar,menangkap memegang stick dan pukulan swing/bunch dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau
kelompok
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai
lawan
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan variasi dan Kombinasi
teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta
backhand dengan
koordinasi yang baik
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi
teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan
pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
melempar ( pitcher) dan mengakap (catcher) teknik dasar memegang stick dan
pukulan (swing/bunch) dengan koordinasi yang baik
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi
teknik dasar melempar ( pitcher) dan mengakap (catcher) teknik dasar memegang
stick dan pukulan (swing/bunch) dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan variasi dan kombinasi teknik memegang
raket forehand dan back- hand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
Posisi kedua kaki yang benar saat akan melakukan
pukulan
forehand, adalah ....
Kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
Lakukan variasi dan kombinasi teknik melempar dan
menangkap me- megang stick pukulan swing
serta bunch dengan koordinasi yang baik !
Posisi kedua kaki yang benar saat akan menangkap bola,
adalah ....
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
2x2x45
menit
2x2x45
menit
|
Buku
teks,
buku refernsi, raket, bola
tennis, lapangan
Buku
teks,
buku refernsi, stick, bola
softball, glove
|
7.3 Mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar lanjutan
atletik dengan koordinasi yang baik serta
nilai ,percaya
diri,keberanian, menjaga keselamatan
diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
|
Lari jarak mene
ngah
|
·
Melakukan variasi dan
kombinasi teknik start berdiri, lari
dan finish dengan koordinasi yang baik secara
berpasangan atau kelompok
· Melakukan lomba lari jarak
menengah dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya
diri dan kerja sama
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar start
berdiri, lari dan
finish dengan
koordinasi yang baik
· Lomba lari lari
jarak menengah dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
variasi dan kombinasi teknik dasar start berdiri, lari
dan finish dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
· Percaya diri,keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan variasi
dan kombinasi teknik dasar lari jarak menengah dengan koordinasi yang baik !
Posisi badan saat start berdiri, pada aba-aba
”siap”, adalah....
Percaya diri,keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
2x2x45
menit
|
Buku
teks,
buku
refernsi,
lapangan,
bendera
stop watch
|
|
Lempar lembing awalan menyamping
Lompat
jauh gaya melenting
|
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang, posisi awal ,
melempar dan gerak iku tan lempar lembing dengan koordinasi yang baik secara
berpasangan atau kelompok
·
Melakukan lomba lempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi untuk
menanamkan nilai kebera nian dan percaya
diri
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya me-
melenting (awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan koordinasi
yang baik secara berpasangan atau kelompok
·
Lomba lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang dimodifikasi untuk
menanamkan nilai kebera nian dan percaya
diri
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar memegang
lembing, posisi awal melempar, dan gerak ikutan
dengan koordinasi yang baik
· Lomba melempar lembing dengan
peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
variasi dan kombinasi teknik dasar memegang lembing, posisi awal melempar,
dan gerak ikutan dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
· Percaya diri,keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan variasi dan kombinasi
tehnik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, sikap diudara dan
mendarat) dengan
koordinasi yang baik
· Lomba lompat jauh gaya
melenting dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan,
tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
· Percaya diri,keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralata
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan variasi
dan kombinasi teknik dasar lempar lembing dengan koordinasi yang baik !
Arah gerak pinggang yang benar saat melakukan
gerak melempar lembing, adalah ...
Percaya diri,keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
Lakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar lompat jauh gaya melenting dengan koordinasi
yang baik !
Posisi badan yang benar saat di udara, adalah
....
Percaya diri,keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
2x2x45
menit
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, lapa- ngan, lembing
Buku teks, buku refe-rensi, lapa-
ngan,
|
7.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah salah satu permainan
olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai keberanian,
kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)
|
·
Pencak
·
silat
|
· Melakukan variasi dan
kombinasi gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkisan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau
kelompok
·
Melakukan gerak ber pasangan pukulan dan tangkisan untuk menanamkan
nilai keberanian dan menghargai lawan
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan variasi dan kombinasi
gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkis
dengan koordinasi yang baik
· Gerak berpasangan kuda-kuda, pukulan dan tangkisan
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan,
tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
· Percaya diri,keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar gerak lang- kah, kuda-kuda,pukulan
dan tangkisan dengan koordinasi yang baik !
Arah gerakkan tangkisan luar yang benar, adalah
....
Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya
diri
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, lapa- ngan, pelin dung
badan
|
|
Karate
|
·
Melakukan variasi kombinasi teknik dasar tangkisan dan
pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan
atau kelompok
· Melakukan gerak
berpasangan pukulan tangkisan untuk
menanamkan nilai keberanian dan menghargai lawan
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar tangkisan dan pukulan dengan koordinasi yang baik
· Melakukan gerak berpasangan pukulan dan
tangkis
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
variasi dan kombinasi teknik dasar tangkisan dan pukulan dengan koordinasi
yang baik
Aspek Afektif
· Keberanian, kejujuran,
menghormati lawan dan percaya diri
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar tangkisan dan pukulan dengan koordinasi yang baik !
Arah gerakan tangkisan atas yang benar, adalah
...
Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya
diri
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, lapa- ngan, pelin dung
badan,
|
|
Judo
|
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar gerak
langkah dan jatuhan dengan
koordinasi yang baik secara perorangan atau berpasangan
·
Melakukan gerak berpasangan pukulan dan tangkisan
untuk menanamkan nilai keberanian dan
menghargai
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan variasi dan kombinasi
tehnik dasar gerak langkah dan jatuhan dengan koordinasi yang baik
·
Gerak berpasangan berpasangan pukulan dan tangkisan
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
variasi dan kombinasi teknik dasar tangkisan dan pukulan dengan koordinasi
yang baik
Aspek Afektif
· Keberanian, kejujuran,
menghormati lawan dan percaya diri
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar gerak langkah dan jatuhan dengan koordinasi yang baik !
Posisi badan yang benar saat melakukan teknik
jatuhan ke belakang, adalah ...
Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya
diri
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, lapa- ngan,mat ras
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala SMK N 1BATANG
(____Drs .Sugito,Msi___)
NIP19561221 198803 1 001.
|
|
Batang ,12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
(______Drs Diyono____)
NIP19670317 199512 1 003.
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : .SMK
NEGERI 1 BATANG.
Kelas : XI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua )
Standar
Kompetensi: 8. Mempraktikan latihan
kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Mempraktikkan latihan
kecepatan dan kelincahan anggota badan bagian atas serta nilai disiplin dan tanggung jawab
8..2 Mempraktikkan latihan
kecepatan dan kelincahan tahan anggauta badan bagian bawah serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
Kebugaran jasmani
|
·
Melakukan latihan kecepatan dan kelincahan otot lengan,
dada dan bahu secara berpasangan atau kelompok (mengoper bola.memantulkan bola kedidnding dengan
menghitung jumlah overan/menit atau push-up variasikan dengan tepuk tangan
·
Melakukan latihan kecepatan dan kelincahan otot paha dan kaki secara berpasangan atau kelompok
·
Melakukan lomba kecepatan dan kelincahan otot lengan, dada dan bahu,
kaki dan paha dengan peraturan yang di
modifikasi untuk menanamkan nilai disiplin dan tanggung jawab
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan latiah kecepatan dan
kelincahan lengan, bahu dan dada (mengoper bola.memantulkan bola kedidnding
dengan menghitung jumlah overan/menit atau push-up variasikan dengan tepuk
tangan)
· Melakukan latiah kecepatan dan
kelincahan otot paha dan kaki (melompat bangku senam, arah lurus dan zigzak)
· Melakukan lomba kecepatan dan
kelincahan lengan, bahu dan dada, kaki dan paha dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan kecepatan dan kelincahan lengan, bahu dan
dada (mengoper bola.memantulkan bola kedidnding dengan menghitung jumlah
operan/menit atau push-up divariasikan dengan tepuk tangan)
· Mengetahui bentuk latihan kecepatan dan kelincahan otot paha dan kaki
(melompat bangku senam arah lurus dan zigzak)
Aspek Afektif
· Disiplin dan tanggung jawab
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan bentuk tes kecepatan dan kelincahan otot
lengan,dada dan bahu !
Lakukan bentuk tes kecepatan dan kelincahan otot
paha dan kaki !
Berikut yang dapat digunakan untuk melatih kecepatan dan kelincahan otot
kaki, adalah ...
a. melpmpat bangku zig-zag
b. melompat bangku tegak
lurus
c.
push-up
ambil tepuk tangan
d. mengoper bola basket
Disiplin dan tanggung jawab
|
2x2x45
menit
|
Buku teks,
buku refe-rensi, lapa- ngan,mat ras
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG
(_____Drs .Sugito,Msi______)
NI19561221 198803 1 001
|
|
Batang ,12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
(_____Drs . Diyono_____)
NIP19670317 199512 1 003.
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : .SMK
NEGERI 1 BATANG
Kelas : XI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua )
Standar
Kompetensi: 9.Mempraktikan teknik dasar
senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1
Mempraktikkan rangkaian teknik dasar
gerak meroda dan guling
depan serta nilai kedisiplinan,
keberanian dan tanggung jawab
9.2 Mempraktikkan rangkaian
teknik dasar guling depan dan guling lenting
serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
|
Senam lantai
|
·
Melakukan rangkaian teknik dasar meroda dan guling
depan secara berpasangan atau kelompok
untuk menenamkan nilai ke- beranian dan tanggung jawab
·
Melakukan rangkaian teknik dasarsi guling depan dan
guling lenting secara berpasangan atau kelompok untuk menenamkan nilai ke-
beranian dan tanggung jawab
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan rangkaian tehnik dasar gerak meroda dan guling depan
·
Melakukan rangkaian tehnik dasar gerak guling depan dan guling
lenting
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan rangkaian
tehnik dasar gerak meroda dan guling depan dan rangkaian tehnik dasar gerak
guling depan dan guling lenting
Aspek Afektif
·
Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan gerak rangkai meroda dan guling depan !
Lakukan rangkaian teknik dasar gerak guling depan dan
guling lenting !
Akhir gerakan meroda yang benar, adalah ....
Kedisiplinan, keberanian dan
tanggung jawab
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, lapangan,mat ras
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG
(___Drs .Sugito,Msi__)
NIP19561221 198803 1 001.
|
|
Batang ,12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
(___Drs Diyono_____)
NIP19670317 199512 1 003.
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : SMK
NEGERI 1 BATANG.
Kelas : XI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua )
Standar
Kompetensi: 10.Mempraktikan senam irama
dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1 Mempraktikkan variasi gerakan mengayun ke berbagai
arahah serta nilai disiplin, toleransi
dan keluwesan
10.2 Mempraktikkan variasi gerakan memutar ke
berbagai arahah serta nilai disiplin,
toleransi dan keluwesan
|
Senam irama dengan alat
(tongkat )
|
·
Melakukan variasi teknik dasar mengayun tongkat (depan,samping dan
belakang)
secara berpasangan atau
kelompok untuk menanamkan nilai disiplin dan keluesan
·
Melakukan variasi teknik dasar mengayun tongkat (depan,samping
dan belakang)
secara
berpasangan atau kelompok untuk
menanamkan nilai disiplin dan keluesan
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan variasi tehnik dasar
mengayun tongkat (depan,samping dan belakang)
·
Melakukan variasi tehnik dasar gerak memutar tongkat (depan,samping dan belakang)
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi tehnik dasar mengayun tongkat
(depan,samping dan belakang) dan gerak memutar tongkat (depan,samping dan belakang)
Aspek Afektif
·
Disiplin, toleransi dan keluwesan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan variasi teknik dasar
mengayun tongkat (depan, samping dan belakang) !
Lakukan variasi teknik dasar
mengayun tongkat (depan, samping dan belakang) !
Gerakan badan yang benar saat mengayun
tongkat, adalah....
Disiplin, toleransi dan keluwesan
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, lapangan, tongkat,tape
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala SMK N 1BATANG
(_____Drs Sugito,Msi______)
NIP19561221 198803 1 001.
|
|
Batang ,12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
(__Drs. Diyono____)
NIP/19670317 199512 1 003.
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : SMK
NEGERI 1 BATANG .
Kelas : XI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua )
Standar
Kompetensi: 11.Mempraktikan teknik dasar
renang gaya bebas dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11.1Mempraktikkan koordinasi teknik dasar gerakan kaki
dan lengan renang gaya bebas serta
nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
11.2 Mempraktikkan koordinasi
teknik dasar pernafasan renang gaya bebas
serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
|
Renag gaya bebas
|
· Melakukan koordinasi
teknik dasar gerakan kaki ,lengan dan pernafasan renang gaya bebas secara
berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai keberanian
· Melakukan koordinasi
teknik dasar pernafasan renang gaya bebas secara berpasangan atau kelompok
untuk menanamkan nilai
keberanian dan
kebersihan
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan koordinasi tehnik dasar gerakan
kaki, lengan dan pernapasan renang gaya bebas
· Melakukan koordinasi teknik
dasar pernafasan renang gaya bebas
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk koordinasi
tehnik dasar gerakan kaki, lengan dan pernapasan renang gaya bebas
Aspek Afektif
· Disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan koordinasi gerakan kaki, lengan dan pernafasan
renang gaya bebas !
Bentuk gerakan leher saat melakukan nafas
renang gaya bebas, adalah .....
Disiplin, keberanian dan kebersihan
|
2x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, kolam –renang
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG
(_Drs Sugito,Msi____)
NIP19561221 198803 1 001.
|
|
Batang ,12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
(____Drs Diyono____)
NIP19670317 199512 1 003.
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : .SMK
NEGERI 1 BATANG .
Kelas : XI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua )
Standar
Kompetensi: 12.Mempraktikan penjelajahan
di sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya ***)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12.1 Mendiskripsikan perencanaan
kegiatan penjelajahan secara sederhana serta nilai kerjasama, toleransi,
tolong menolong, etika, memperhatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan
12..2
Mempraktik
kan keterampilan
penjelajahan
di sekitar sekolah
serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, estetika,
memperhatikan kesela
matan dan kebersihan lingkungan
|
Penjelajahan disekitar sekolah
|
·
Melakukan pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan
penjelajahan secara kelompok untuk menanamkan nilai kerja
sama,toleransi,tolong menolong,etika,memperhatikan keselamatan dan kebersihan
lingkungan
·
Melakukan
penjelajahan di sekitar sekolah secara kelompok untuk menanamkan nilai
kerja sama,toleransi,tolong menolong,etika,memperhatikan keselamatan dan
kebersihan lingkungan
|
Aspek Psikomotor
· Pembuatan rencana pelaksanaan
kegiatan penjelajaan di sekitar sekolah
· Penjelajahan disekitar sekolah
Aspek Kognitif
· Mengetahui cara pembuatan
rencana pelaksanaan kegiatan penjelajaan di sekitar sekolah dan pelaksanaan
penjelajahan disekitar sekolah
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, tolong
menolong, etika, memperhatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan
penjelajahan di
sekitar sekolah !
Lakukan tugas
penjelajahan di sekitar sekolah secara ber kelompok !
Sebutkan 3 macam langkah cara pembuatan
kegiatan penjelajahan di sekitar sekolah !
Kerjasama, toleransi, tolong menolong, etika,
memperhatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan
|
1x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi, ling- kungan,obat dan perala- tan P3K
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG
(____Drs Sugito, Msi______)
NIP19561221 198803 1 001.
|
|
.Batang , 12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
(____Drs Diyono_____)
NIP19670317 199512 1 003.
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : ..SMK NEGERI 1 BATANG.
Kelas : XI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua )
Standar
Kompetensi : 13. Menerapkan budaya hidup
sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
13.1Memahami berbagai penyakit menular yang bersumber
dari lingkungan tidak sehat
13.2Memahami cara menghindari penyakit menular yang bersumber dari
lingkungan yang tidak sehat
|
Keseha
tan
|
· Melakukan identifikasi
macam, penyebab dan gejala penyakit
· Melakukan pencegahan terhadap penyakit
|
Aspek Psikomotor
·
Macam penyakit
·
Penyebab penyakit
·
Gejala penyakit
·
Melakukan cara pencegahan terhadap penyakit
Aspek Kognitif
·
Mengetahui cara mengidentifikasi macam,
penyebab dan gejala penyakit serta cara pencegahan terhadap penyakit
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, tolong menolong dan kebersihan lingkungan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan identifikasi dengan menuliskan
jenis,penyebab dan gejala penyakit menular yang bersumber dari lingkungan !
Lakukan
cara pencegahan terhadap penyakit yang bersumber dari lingkungan
dengan menuliskan pada lembar kerja/laporan kerja !
Sebutkan 3 macam penyakit yang diakibatkan
lingkungan tidak bersihan !
Kerjasama, toleransi, tolong menolong dan kebersihan
lingkungan
|
1x2x45
menit
|
Buku teks, buku refe-rensi,ling - kungan
|
||
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
||||||||||
Mengetahui,
Kepala SMK N 1 BATANG
(____Drs .Sugito,Msi______)
NIP19561221 198803 1 001.
|
|
Batang ,12 Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
(__Drs .Diyono________)
NIP19670317 199512 1 003.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar