PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS
PEMBELAJARAN
SILABUS pembelajaran
Sekolah :
SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : X
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua)
Standar
Kompetensi : 8. Mempraktikan teknik
dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola besar lanjutan
dengan koordinasi yang baik, serta nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
8.2 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola keci
lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
**)
8.3 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi teknik dasar atletik serta nilai toleransi,
percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan
orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
8.4 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi teknik dasar salah satu permainan olah raga beladiri lanjutan
dengan dengan koordinasi baik serta
nilai keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri
|
Sepak Bola
Bola Voli
Bola Basket
Bulu Tangkis
Tenis
Meja
Tenis
Soft
Ball
Lari Jarak Pendek 50M
Tolak Peluru Awalan
Menyamping
Lompat Jauh Gaya Jongkok
Pencak Silat
Karate
Judo
|
· Mengumpan,menggiring dan
menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan
dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi
· Melakukan passing atas dan
bawah secara berpasangan atau
kelompok
· Melakukan servis bawah dan tanpa awalan secara berpasangan atau
kelompok
· Melakukan variasi teknik dasar secara
berpasangan atau kelompok
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi untuk me nanamkan nilai kerja
sama dan keberanian
· Melakukanmenggiring, passing bola dari (dada,pantul dan atas
kepala) secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan shooting satu tangan dari depan
dada dan lay- up shoot secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan variasi teknik dasar
secara berpasangan atau kelompok
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi untuk memupuk siksp menghargai lawan
· Melakukan pegangan raket ,
pukulan servis dan pukulan backhand secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain dengan peraturan
yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi
·
Memegang bat servis dan
pukulan backhand secara berpasangan
atau kelompok
·
Melakukan variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok
·
Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian dan kerja
sama
· Memegang raket dan pukulan
backhand secara berpasangan atau
kelompok
· Melakukan variasi teknik dasar
secara berpasangan atau kelompok
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikas untuk me nanamkan nilai keberanian dan kerja sama
· Memgang stick dan memukul
(swing dan bunch) secara berkelompok
· Melakukan variasi teknik dasar
berpasangan atau kelompok
·
Bermaindengan peraturan yang dimodifikasi
·
Melakukanteknik start jongkok, lari, finish secara berpasangan atau
kelompok
·
Melakukan variasi teknik dasar start jongkok, lari, finish secara
berpasangan atau kelompok
·
Melakukan lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan
nilai di- siplin dan percaya di- ri
·
Melakukan teknik dasar posisi awalan, memegang peluru,
meletakan peluru dan menolak secara berpasangan atau kelompok
·
Melakukan variasi teknik dasar secara berpasangan atau
kelompok
·
Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan yang
dimodifikasi untuk menanamkan nilai kebe ranian dan percaya diri
· Melakukan teknik dasar awalan,
meno- lak, posisi di udara, dan
mendarat cara ber- pasangan atau kelom- pok
· Melakukan variasi teknik dasar
cara ber pasangan atau kelompok
· Melakukan lomba lompat jauh
gaya jongkok dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kebe
ranian dan percaya diri
· Melakukan teknik dasar
tenendang (depan, belakang, samping, busur depan dan belakang) secara ber-
pasangan atau kelompok
· Melakukan teknik dasar pukulan
(depan, bawah, atas, samping) secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan teknik dasar tendangan secara berpasangan
atau kelompok
· Melakukan teknik dasar pukulan secara berpasangan
atau kelompok
· Melakukan teknik dasar
bantingan secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan teknik dasar kuncian
secara berpasangan atau kelompok
· Melakukan variasi teknik dasar
secara berpasangan atau kelompok
|
Aspek Psikomotor
· Mengumpan, menggiring dan
menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan
dengan telapak kaki
· Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki
bagian dalam dan luar serta menahan
dengan telapak
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan passaing atas dan
bawah (penguatan)
·
Melakukan servis bawah dan SMK
NEGERI 1 BATANGsh tanpa awalan
·
Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah, servis bawah dan SMK NEGERI 1
BATANGsh tanpa awalan
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan menggiring, passing
(dada, pantul, dari atas kepala (penguatan)
· Melakukan shooting satu tangan
dari depan dada dan lay- up shoot
· Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain dengan peraturan
yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan)
dan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Memegang raket untuk servis dan
pukulan backhand
· Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain dengan peraturan
yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar megangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Memegang bat servis
dan pukulan backhand
· Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain dengan peraturan
yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar megangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Memegang raket dan pukulan
backhand
· Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikas
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar megangan raket , dan pukulan backhand
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Memgang stick dan memukul
(swing dan bunch)
· Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain dengan peraturan
yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar megangan stick , dan pukulan (swing dan bunch)
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukanteknik start jongkok,
lari, finish
· Melakukan variasi teknik dasar
start jongkok, lari, finish
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar start jongkok, lari, finish
Aspek Afektif
·
Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang
lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar posisi awalan, memegang peluru,
meletakan peluru dan menolak
·
Melakukan variasi teknik dasar memegang peluru,
meletakan peluru dan menolak
·
Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar
posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak
Aspek Afektif
·
Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga
keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar awalan,
menolak, posisi di udara, dan mendarat
· Melakukan variasi teknik dasar
awalan, meno lak, posisi di udara, dan
mendarat
· Melakukan lomba lompat jauh
gaya jongkok dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara, dan mendarat
Aspek Afektif
· Toleransi, percaya diri,
keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat
dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar menendang (depan, belakang, samping, busur depan dan belakang)
· Melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar pukulan (depan, bawah, atas, samping)
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar menendang (depan, belakang, samping, busur depan dan
belakang) dan pukulan (depan, bawah, atas, samping)
Aspek Afektif
·
Keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri
Aspek Psikomotor
· Melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar tendangan dan pukulan
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar tendangan dan pukulan
Aspek Afektif
·
Keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri
Aspek Psikomotor
· Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
bantingan
· Melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar kuncian
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar bantingan dan kuncian
Aspek Afektif
·
Keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi rvasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi rvasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observas
Tes Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar mengumpan,
menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta
menahan dengan telapak kaki !
Posisi telapak kaki yang benar saat menahan bola dengan
telapak kaki, adalah ...
a.
menghadap arah bola
b.
menyamping arah bola
c.
memutar arah bola
d.
membelakangi arah bola
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Lakukan variasi
dan kombinasi teknik dasa
(passing, servis
,SMK NEGERI 1 BATANGsh tan- pa awalan)
!
Posisi telapak tangan yang benar saat melakukan servis
bawah, adalah ...
a.
menghadap arah bola
b.
menyamping arah bola
c.
memutar arah bola
d.
membelakangi arah bola
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar (passing
bola dari dada, pantul dan atas kepala, shooting satu tangan dari depan dada
dan lay-up shoot)
Posisi lengan yang benar setelah melakukan passing, adalah ...
a. lurus
b. menyilang
c.memutar
d. meneukuk
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia
Lakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar pegengan raket dan pukulan servis dan backhand !
Bentuk gerakan lengan yang benar saat melakukan servis backhand, adalah ...
a. memukul
b. mendorong
c.memutar
d. meneukuk
Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pegangan
bat pukul an servis dan back hand !
Bentuk gerakan lengan yang benar saat melakukan servis
backhand, adalah ...
a. mengayun
b. mendorong
c. memutar
d. meneukuk
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pegangan
raket pukulan servis dan back hand !
Posisi awal raket yang benar sebelum memukul bola
dengan teknik pukulan backhand, adalah ...
Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Lakukan vriasi dan kombinasi teknik dasar pegangan
stick pukulan swing dan bunch !
Posisi badan yang benar saat melakukan pukulan bunch, adalah ...
a. menghadap arah bola
b. membelakangi arah bola
c.menyamping arah bola
d. memutar arah bola
Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar start
jongkok, lari, finish !
Posisi badan yang benar saat melakukan lari jarak pendek, adalah ...
a. condong ke depan
b. membungkuk ke depan
c.melenting ke belakang
d. miring ke samping
Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga
keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Lakukan variasidan kombinas teknik dasar
posisi awalan, Lakukan memegang
peluru, meletakan peluru dan menolak !
Cara meletekan
peluru yang benar adalah ....
Toleransi, percaya diri, keberanian,
menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan
peralatan
Lakukan variasi teknik dasar awalan, menolak, posisi di
udara, dan mendarat !
Cara melakukan awalan lompat jauh dilakukan dengan ...
Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga
keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar tenendang
dan pukulan !
Posisi lutut kaki yang benar saat melakukan tendangan,
adalah .. .
Keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan
percaya diri
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pukulan dan
tendangan !
Posisi lutut kaki yang benar saat melakukan tendangan,
adalah .. .
Keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan
percaya diri
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar
bantingan dan kuncian !
Posisi badan yang benar saat akan melakukan
teknik bantingan adalah ....
Keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan
percaya diri
|
3x2x45
menit
3x2x45
menit
3x2x45
menit
2x2x45
menit
2x2x45
menit
2x2x45
menit
2x2x45
menit
2x2x45
menit
2x2x45
menit
2x2x40
menit
2x2x45
menit
2x2x45
menit
2x2x45
menit
|
Buku
teks,
Buku refernsi, bola kaki, lapangan sepakbola
.
Buku
teks,
Buku refernsi,
Bolavoli,net,
lapangan bolavoli
Buku
teks,
Buku refernsi,
Bolabasket,
lapangan bolabasket
Buku
teks,
buku
refernsi,bulu-tangkis, net, raket,
sutlecokc, lapangan bulutangkis.
Buku
teks,
buku
refernsi, bad, bola pingpong, meja pingpong, net
Buku
teks,
buku
refernsi, raket tenis, bola tenis, net, lapangan tenis
Buku
teks,
buku
refernsi, stick, bola softball, glove
Buku
teks,
buku
refernsi,
lapangan,
start
block, bendera
stop
watch
Buku teks,
buku refernsi, bak lompat, bendera
Buku
teks,
buku
refernsi, bak lompat, bendera
Buku
teks,
buku
refernsi,
lapangan,
pelindung
badan,
matras
Buku
teks,
buku
refernsi,
lapangan
, pelindung
badan,
matras
Buku
teks,
buku
refernsi,
lapangan
, pelindung
badan,
matras
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah :
SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : X
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi: 9. Mempraktikan latihan kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1.Mempraktikkan jenis latihan untuk kelentukan dan
keseimbangan serta nilai disiplin dan tanggungjawab
|
Kebugaran jasmani
|
· Melakukan latihan kelentukan
pi- nggang,punggung,lutut,leher dan lengan berpasangan atau kelompok
· Melakukan latihan keseimbangan
berdiri dengan satu kaki,sikap melayang berjalan pada garis lurus sambil jinjit berpasangan atau kelompok
untuk menanamkan nilai disiplin
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan latihan kelentukan
(pinggang, punggung, lutut, leher dan lengan)
· Melakukan latihan keseimbangan
(berdiri dengan satu kaki, sikap melayang, berjalan pada garis lurus sambil
berjalan jin-jit)
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
kelentukan (pinggang, punggung, lutut, leher dan lengan), dan keseimbangan
(berdiri dengan satu kaki, sikap melayang, berjalan pada garis lurus sambil
berjalan jin-jit)
Aspek Afektif
· Disiplin dan tanggung jawab
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan bentuk latihan kelentukan,dan keseimbang an !
Posisi badan, kaki dan kepala yang benar saat melakukan
sikap melayang adalah ....
Disiplin dan tanggung jawab
|
2x2x45
menit
|
Buku teks,
buku referensi,matras,tiangbendera,bangku senam,ban
, bola
|
9.2.Mempraktikkan jenis latihan
kecepatan dan kelincahan serta nilai disiplin dan tanggungjawab
|
|
· Latihan kelincahan (melompat-lompat
melewati bangku bola/bangku senam, berlari melewati lingkaran/ban dan berlari
zig-zag) berpasangan atau kelompok
· Latihan kecepatan (lari
shutle-run/lari bolak-balik dan lari estafet berkelompok berpasangan atau
kelompok untuk menanamkan nilai disiplin
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan latihan kelincahan
(melompat-lompat melewati bangku bola/bangku senam, berlari melewati
lingkaran/ban dan berlari zig-zag)
· Melakukan latihan kecepatan
(lari shutle-run/lari bolak-balik dan lari estafet berkelompok
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
kelincahan (melompat-lompat melewati bangku bola/bangku senam, berlari
melewati lingkaran/ban dan berlari zig-zag), dan latihan kecepatan (lari
shutle-run/lari bolak-balik dan lari estafet berkelompok
Aspek Afektif
· Disiplin dan tanggung jawab
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan bentuk latihan kelincahan dan kecepatan !
Bentuk latihan kelincahan yang benar, adalah
lari ...
a.
zig-zag
b.
cepat
c.jogging
d.
jarak jauh
Disiplin dan tanggung jawab
|
|
Buku teks,
buku referensi,matras,tiangbendera,bangku senam,ban
, bola
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah : SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : X
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua)
Standar
Kompetensi: 10. Mempraktikan teknik dasar senam lantai dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1. Mempraktikan
teknik dasar gerak guling depan serta nilai kedisiplinan, keberanian,
tanggung jawab
|
Uji Diri
|
·
Melakukan berguling ke depan
dengan membulatkan badan, berguling ke depan dari posisi jongkok dan berdiri berpasangan
atau berkelompok untuk penanaman nilai
keberanian
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar berguling ke depan dengan membulatkan badan dari
posisi duduk
·
Melakukan teknik dasar berguling ke depan dari posisi jongkok
·
Melakukan teknik dasar berguling ke depan dari posisi berdi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan teknik dasar berguling ke depan dari posisi
duduk, jongkok dan berdiri
Aspek Afektif
· Kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan guling depan
dari posisi jongkok dan berdiri !
Posisi badan yang benar saat berguling ke depan,
adalah ...
Kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab
|
2x2x45
menit
|
Buku
teks, buku refe – rensi,mat- ras
|
10.2.Mempraktikkan teknik dasar
guling belakang serta nilai disiplin, keberanian dan tanggungjawab
|
Uji Diri
|
·
Melakukan berguling ke belakang dengan membulatkan badan,ber- guling ke
belakang dari posisi jongkok dan berdiri berpasangan atau kelompok untuk
penanaman nilai keberanian
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar
berguling ke belakang dengan membulatkan badan dari posisi duduk
· Melakukan teknik dasar
berguling ke belakang dari posisi jongkok
· Melakukan teknik dasar
berguling ke
belakang dari posisi berdiri
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
teknik dasar berguling ke depan dari posisi duduk, jongkok dan berdiri
Aspek Afektif
· Kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan
guling belakang dari posisi jongkok
dan berdiri !
Posisi awal badan yang benar untu melakukan guling
belakang, adalah .....
Kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab
|
|
Buku teks,
buku refe rensi,mat- ras
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs.SUGITO,Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah :
SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : X
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua)
Standar
Kompetensi: 11. Mempraktikkan
senam irama tanpa alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11.1.Mempraktikkan teknik dasar
senam irama tanpa alat, gerak mengayun dua lengan mengikuti irama, serta
nilai-nilai disiplin, estetika toleransi dan keluwesan
|
Senam
Irama Tanpa Alat
|
·
Melakukan gerak mengayun dua lengan depan belakang,samping dan ayunan dua lengan ke samping diikuti berat
badan, berpasasangan atau
kelompok,untuk menanamkan nilai
disiplin
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar mengayun
dua lengan depan belakang, ayunan dua lengan ke samping, ayunan dua lengan ke
samping diikuti berat badan dipindahkan
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
teknik dasar mengayun dua lengan depan belakang, ayunan dua lengan ke samping
dan ayunan dua lengan ke samping diikuti berat badan dipindahkan
Aspek Afektif
· Disiplin, estetika toleransi
dan keluwesan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar gerak mengayun dua lengan depan
belakang, samping dan ayunan dua
lengan ke samping diikuti berat badan !
Gerakan lutut yang benar saat melakukan mengayun
lengan, adalah ....
Disiplin, estetika toleransi dan keluwesan
|
2x2x45
menit
|
Buku
teks, buku refe –rensi, kaset, tape
|
11.2.Mempraktikkan teknik dasar
senam irama tanpa alat dengan melangkah dan mengayun lengan, serta disiplin,
estetika, toleransi dan keluwesan
|
Senam
Irama Tanpa Alat
|
· Melakukan gerak langkah
biasa ayunan satu lengan depan bela-
kang,langkah mundur maju ayu- nan dan
putaran dua lengan,langkah ke samping kiri dan kanan dengan ayunan dan putaran
dua lengan,berpasangan atau kelom pok,untu menanamkan nilai disiplin
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan gerak langkah
biasa ayunan satu lengan depan
belakang,langkah mundur maju ayu nan
dan putaran dua lengan,langkah ke samping kiri dan kanan dengan ayunan dan
putaran dua lengan
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
teknik dasar gerak langkah biasa
ayunan satu lengan depan belakang,langkah mundur maju ayu nan dan putaran dua lengan,langkah ke
samping kiri dan kanan dengan ayunan dan putaran dua lengan
Aspek Afektif
· Disiplin, estetika toleransi
dan keluwesan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik dasar gerak langkah biasa ayunan satu lengan depan bela kang, langkah
mundur maju ayunan dan putaran dua
lengan, langkah ke samping kiri dan kanan dengan ayunan dan putaran dua
lengan !
Disiplin, estetika toleransi dan keluwesan
|
|
Buku teks,
buku refe rensi,mat- ras
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah :
SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : X
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi: 12. Memparaktikkan teknik dasar renang gaya
dada, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12.1.Mempraktikkan koordinasi
teknik dasar gerakan kaki dan lengan renang gaya dada serta nilai-nilai
disiplin, keberanian dan
12.2.Mempraktikkan koordinasi teknik dasar
lengan dan pernapasan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
kebersihan
12.3.Mempraktikkan koordinasi
teknik dasar renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
|
Renang
Gaya Dada
|
· Melakukan koordinasi
gerakan kaki ,lengan renang ga ya dada yang diawali
meluncur dari pinggir
kolam,dilakukan berpasangan atau kelompok, untuk menanamkan nilai
disiplin,kebera nian dan
· Melakukan koordinasi gerakan lengan dan pernafasan renang ga ya dada
yang diawali meluncur dari pinggir
kolam,dilakukan berpasangan atau kelompok, untuk menanamkan nilai
disiplin,kebera nian dan kebersihankebersihan
· Melakukan koordinasi teknik
dasat renang gaya dada diawali meluncur
dari pinggir kolam,dilakukan berpasangan atau kelompok, untuk
menanamkan nilai disiplin,kebera nian dan kebersihan
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan koordinasi teknik
dasar gerakan kaki dan lengan renang gaya dada diawali meluncur dari
pinggir kolam
· Melakukan koordinasi teknik
dasar gerakan lengan dan pernapasan renang gaya dada diawali meluncur dari
pinggir kolam
· Melakukan koordinasi teknik
dasar renang gaya dada, kaki, lengan dan pernapasan diawali meluncur dari
pinggir kolam
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan koordinasi teknik dasar gerak kaki, lengan dan
pernafasan renang gaya
Aspek Afektif
· Disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
·
Lakukan koordinasi teknik dari pinggir kolam dasar gerakan kaki dan
lengan renang gaya dada diawali meluncur!
·
Lakukan koordinasi teknik dasar gerakan lengan dan pernapasan renang gaya
dada diawali meluncur dari pinggir kolam !
·
Lakukan koordinasi teknik dasar renang gaya dada, kaki, lengan dan
pernafasan diawali meluncur dari pinggir kolam !
Posisi badan yang benar saat renang gaya dada, adalah
...
Disiplin, keberanian dan kebersihan
|
2x2x45
menit
|
Buku
teks, buku refe- rensi,pakai an renang, kolam ren-ang
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
Juli 2012
Guru Mapel PJOK.
Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003
|
SILABUS pembelajaran
Sekolah :
SMK NEGERI 1 BATANG
Kelas : X
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 2 (Dua)
Standar
Kompetensi: 13. Menerapkan budaya hidup
sehat.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
13.1 Memahami berbagai penyakit menular seksual (PMS)
13.2 Memahami cara menghidari
Penyakit Menular Seksual (PMS)
|
Kesehatan
|
· Melakukan idetifikasi
penyakit menular seksual secara
berpasangan atau kelompok
· Melakukan pencegahan pe-nyakit menular seksual
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan idetifikasi
penyakit menular seksual
·
Cara pencegahan
Aspek Kognitif
· Mengetahui idetifikasi
penyakit menular seksual dan cara pencegahan
Aspek Afektif
· Kerja sama dan kebersihan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan identifikasi jenis penyakit,cara penu
laran,masa tunas !
Lakukan cara pencegahan
penyakit menular seksual !
Cara pencegahan yang sangat efektif agar tidak
tertular penyakit seksual, adalah .....
Kerja sama dan kebersihan
|
1x2x45
menit
|
Buku teks, bukurefe – rensi,ling- kungan
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Sugito, Msi
(__________________________)
NIP.19561221 198803 1 001
|
|
03 Januari 2011
Guru Mapel PJOK.
Drs .Diyono
(_______________________)
NIP.19670317 199512 1 003
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar